Tips Outfit Wanita untuk Mendaki Gunung yang Aman, Nyaman, dan Tetap Stylish!

By |2019-06-06T23:38:53+00:00June 3rd, 2019|Knowledge|

Photo by skeeze

Hiking atau mendaki gunung adalah aktifitas di luar ruangan yang bisa menghabiskan waktu berhari-hari. Untuk itu, diperlukan persiapan sebelum memulai kegiatan, salah satunya outfit. Untuk sebagian wanita, penampilan tidak bisa diabaikan, terlebih apabila ada sesi dokumentasi yang dipublish di media sosial.

Pemilihan pakaian dan perlengkapan itu diperlukan untuk menunjang penampilan. Namun yang harus diingat adalah jangan sampai penampilan tidak membuat kamu nyaman, atau bahkan perjalanan kamu tidak safety! Nah untuk itu, berikut kami beri tips pemilihan outfit mendaki gunung untuk kamu para wanita yang aman, nyaman, dan pastinya tetap stylish!

Loading...

 

1. Pemilihan Jaket

 

View this post on Instagram

 

A post shared by EIGER – TROPICAL ADVENTURE (@eigeradventure) on


Jaket berguna untuk menghangatkan tubuh di dinginnya udara gunung. Selain itu, jaket juga dapat membuat tampilan kamu tetap stylish di gunung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih jaket seperti ketahanannya. Pilihlah jaket yang dapat menahan angin (windproof) sehingga badan tetap hangat. Selain itu, diusahakan pula memilih jaket yang tahan air (waterproof), seperti bahan goretex yang saat ini sedang menjadi tren.

Gore-Tex adalah kain yang terbuat dari beberapa lapisan yang dirancang agar tetap kering serta memberikan daya breathability (kemampuan melepaskan uap lengas badan) yang baik, sehingga tubuh kita tidak akan berasa terlalu panas seperti layaknya jika menggunakan bahan waterproof yang tidak mempunyai kemampuan breathability (windproof, goretex, light, quickdry).

Selain jenis bahan, kesesuaiannya dengan ukuran tubuh, hingga kecocokannya dengan gaya kamu pun harus diperhatikan. Hal ini dapat membantu kamu agar tetap stylish. Pilihlah jaket yang sesuai ukuran tubuh, jangan sampai kebesaran atau kekecilan ya!

 

2. Pemilihan Celana

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Annisa Malati (@annisamalati) on


Celana sangat menentukan kenyamanan, karena kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak bergerak saat kegiatan pendakian. Untuk itu diperlukan celana yang fleksibel agar kaki bebas melangkah. Pilihlah celana yang berbahan kuat, quick dry (cepat kering), dan yang nyaman di kakimu. Untuk para wanita, kamu juga bisa pilih celana dengan edisi women series agar gayamu tetap stylish dan cantik walaupun berada di gunung.

 

3. Pemilihan Sepatu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jack Wolfskin (@jackwolfskin) on


Pilihlah sepatu khusus kegiatan outdoor yaitu sepatu trekking. Usahakan pilih sepatu yang kuat, tahan air, dan juga tidak licin ketika digunakan. Sepatu juga bisa melindungi kaki kamu dan meminimalisir cedera. Dilansir dari mybest, jenis sepatu trekking dibedakan menjadi tiga berdasarkan ukuran tinggi bagian sepatu yang melindungi mata kaki. Jenis potongan rendah disebut low cut, sedangkan yang tinggi hingga menutupi mata kaki disebut high cut. Di antara keduanya disebut middle cut (mid cut). Kamu sebaiknya memilih jenis sepatu trekking berdasarkan lamanya waktu pendakian dan kemahiran kamu dalam mendaki gunung. .

 

4. Penggunaan Aksesoris Kepala

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Patricia Ranieta (@patriciarani93) on


Aksesoris kepala yang bisa kamu gunakan ketika mendaki adalah buff, kain etnik tenun, slayer, topi atau kupluk. Bagi wanita, aksesoris ini dapat menjaga rambut kamu agar tidak menghalangi pandangan ketika sedang berjalan. Selain itu, buff dan kupluk bisa memberi rasa hangat ketika digunakan di kepala atau leher kamu dan pastinya menambah kesan stylish lho! Pilihlah aksesoris dengan warna dan gaya kesukaanmu.

 

5. Memakai Outfit Khusus untuk Kegiatan Outdoor

 

View this post on Instagram

 

A post shared by pendakiindonesia.com (@pendakiindonesia) on


Menggunakan outfit yang dikhususkan untuk kegiatan outdoor memang tidak seluruhnya wajib. Namun, dengan menggunakan perlengkapan khusus outdoor akan menambah rasa nyaman dan mendukung gaya kamu agar lebih stylish! Semisal kamu bisa menggunakan kaos yang berbahan dry-fit dan menyerap keringat.

 

6. Packing yang Rapi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by EIGER – TROPICAL ADVENTURE (@eigeradventure) on


Cara packing yang baik bisa membuat punggung lebih nyaman dan tidak terlalu berat. Usahakan semua logistik masuk kedalam backpack yang kamu gunakan. Hal ini juga bisa meminimalisir agar barang yang dibawa tidak tercecer dan basah ketika hujan turun. Nah, kalau backpack kamu sudah rapi, tentu akan lebih terlihat bagus di foto dan tidak mengganggu penampilan.

 

7. Bawa Baju dengan Warna yang Mudah Dipadupadankan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Efinda Putri Andriyani (@findaandrian) on


Ketika mendaki gunung, biasanya baju yang dibawa disesuaikan dengan lamanya durasi perjalanan. Bawalah baju sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu banyak. Bagi para wanita, disarankan membawa baju dengan warna yang mudah dipadupadankan atau senada dengan celana. Memang penampilan bukanlah nomor satu ketika di gunung, namun momen ini tidak terjadi setiap hari dan pastinya akan dikenang. Jadi, alangkah lebih enak dilihat kalau pakaianmu matching dan instagenic bukan?

 

Nah, itu dia tips outfit mendaki gunung untuk wanita yang aman, nyaman, dan tetap stylish. Ingatlah untuk selalu memakai outfit yang aman dan nyaman, karena yang utama dari sebuah perjalanan adalah pulang dalam keadaan selamat.

Loading...