Tips Memulai Zero Waste Lifestyle, Berani Coba?

By |2019-05-15T16:35:43+00:00May 15th, 2019|Lifestyle|0 Comments

Photo by hhsclarionnews

Pernahkah Anda melihat alam di sekitar Anda? Apakah keadaannya bersih atau kotor penuh sampah? Udaranya segar atau justru berbau tidak enak karena pembusukan sampah?

Jika Anda mendapati keadaan di sekitar mulai dipenuhi dengan banyaknya sampah, seharusnya kita mulai sadar bahwa sampah yang kita produksi setiap hari telah menumpuk di bumi ini. Ini sudah pasti akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan kita. Selain itu, efek dari sampah ini pun dirasakan oleh penghuni sungai dan laut. Hal ini berdampak buruk pada ekosistem di bumi karena dapat menimbulkan kematian.

Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Sudah saatnya Anda menerapkan konsep Zero Waste Lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu Zero Waste Lifestyle? Ini adalah gaya hidup yang berusaha meminimalisir penggunaan sampah, sehingga Anda bisa hidup tanpa memproduksi sampah.

Ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk memulai Zero Waste Lifestyle, yuk simak uraiannya di bawah ini!

Loading...

 

1. Mulai Ubah Mindset Anda Tentang Sampah

Photo by rawpixel.com

Sampah adalah satu hal yang harus kita pikirkan dengan serius. Meski hanya sebungkus plastik, namun jika Anda membuangnya hampir setiap hari, sampah yang sedikit pasti akan menjadi banyak. Tentu saja ini akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk sekeliling Anda.

Coba saja bayangkan Anda hidup berdampingan dengan sampah yang menggunung. Pasti sangat tidak nyaman dan kesehatan akan mudah terganggu. Sampah-sampah yang tidak dikelola dengan baik juga akan membahayakan sumber pangan dan sumber air yang ada.

 

2. Stop Penggunaan Sedotan Plastik

Sedotan plastik limbah dari restoran pasti menjadi salah satu penyumbang sampah yang paling banyak. Sebaiknya mulai saat ini berhenti menggunakan sedotan plastik untuk minum. Lakukan perubahan atau inovasi baru yang justru bisa menarik pengunjung lain.

Contohnya, buatlah kreasi sedotan yang terbuat dari stainless, bambu, jelly, atau bahan makanan lainnya. Selain bisa dimakan, sedotan seperti ini juga lebih menyehatkan Anda saat disedot. Berbeda dengan sedotan plastik yang terbuat dari bahan kimia sehingga saat Anda sedot pasti ada sebagian bahan kimia yang ikut masuk ke dalam tubuh Anda.

 

3. Stop Penggunaan Kantong Plastik

Photo by earth.com

Plastik merupakan sampah yang paling banyak ada di darat dan juga laut kita. Sampah plastik mendominasi urutan pertama penyebab pencemaran. Bagaimana tidak, setiap kali berbelanja entah itu di mall, di warung, di pasar, atau di toko-toko kecil pasti akan memberikan kantong plastik untuk membawa belanjaan Anda.

Tanpa Anda sadari, Anda sedang berkontribusi dalam pencemaran. Jadi sebaiknya bawalah tas khusus yang ramah lingkungan untuk belanja. Selain itu, jika hanya membeli sedikit di warung atau toko sebaiknya Anda menolak untuk menggunakan plastik agar sampah plastik bisa dikurangi.

 

4. Membawa Peralatan Sendiri

Photo by Clker

Saat Anda sedang ke luar rumah, sebaiknya membawa peralatan sendiri seperti tas khusus untuk membawa peralatan lain seperti botol minum tumbler, sedotan bambu, bekal makan, dan juga sapu tangan. Meskipun tisu adalah sampah yang bisa terurai tapi sebaiknya Anda tetap mengurangi penggunaan sampah yang satu ini ya.

 

5. Membawa Botol Air Pribadi

Photo by evitaochel

Saat Anda jalan ke manapun sebaiknya bawalah botol air pribadi bersama Anda. Ini agar Anda tidak membeli sebotol air putih di luar. Meskipun Anda mampu untuk membeli sebotol air, tapi nantinya Anda akan menjadi salah satu penyumbang sampah botol plastik.

 

Itulah tadi beberapa tips untuk memulai Zero Waste Lifestyle khususnya untuk kalian yang ingin mulai memperbaiki kesehatan bumi. Seperti yang kita tahu bahwa selain berbahaya untuk kesehatan bumi, sampah plastik sudah terbukti tidak bisa terurai meski sudah puluhan tahun. Oleh sebab itu, kesadaran untuk mulai menerapkan Zero Waste Lifestyle ini harus mulai diperluas ke semua kalangan.

Apakah kamu berani coba?

Loading...

Leave A Comment