Tips Kulit Tetap Lembab Selama Puasa

By |2019-05-10T14:28:01+00:00May 10th, 2019|Beauty, Knowledge|0 Comments

Bulan Ramadhan yang sudah ditunggu-tunggu umat Muslim sudah tiba. Tentu saja di bulan ini seluruhn umat Muslim menjalankan ibadah puasa, kecuali bagi yang berhalangan. Ibadah puasa hukumnya wajib, jadi selama mampu berpuasa Anda harus melakukannya. Meskipun berpuasa, kita tidak boleh mengabaikan kesehatan kulit. Lakukan beberapa perawatan ini agar kulit Anda selalu terhidrasi dan terhindar dari kulit kering selama berpuasa.

Tentu saja saat berpuasa asupan nutrisi dalam tubuh berkurang, efeknya kulit kamu akan mengalami sedikit perubahan. Selain itu, seringnya terpapar di ruangan yang ber AC, terkena sinar matahari langsung, atau berhadapan dengan polusi  juga dapat membuat kamu lebih berisiko terkena kulit kering.

Nah, kalau kamu ingin mempertahankan kulit lembab saat berpuasa, coba ikuti beberapa tips di bawah ini!

 

Loading...

1. Banyak Mengkonsumsi Air Saat Makan Sahur dan Buka Puasa

Air adalah elemen paling banyak yang ada di dalam tubuh manusia, begitu juga di bumi ini, lebih banyak lautan daripada daratan. Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghantarkan nutrisi dan juga oksigen ke otak.

Sebaiknya agar kulit kamu lembab saat berpuasa, perbanyaklah minum air putih hangat saat buka dan sahur. Langkah ini dilakukan guna mengganti cairan yang hilang saat berpuasa di siang hari, dan juga menghindari tubuh dari dehidrasi. Minumlah 4 gelas air putih saat berbuka dan 4 gelas air putih saat sahur dalam waktu yang tidak bersamaan. Kamu bisa memberi jeda selama 1 hingga 2 jam setiap gelasnya.

 

2. Mengoleskan Sunblock Secukupnya

Photo by rawfork

Terkena paparan sinar matahari langsung dapat membuat kulit kamu kering, terlebih saat berpuasa. Keadaan ini tentu semakin memperparah keadaan kulit kamu. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan sunblock agar kulit kamu terlindung dari sengatan sinar matahari, UVA dan UVB yang memiliki dampak buruk pada kesehatan kulit. Adanya sunblock bisa menjaga kelembaban kulit kamu.

 

3. Mengoleskan Moisturizer Secara Merata

Photo by rawpixel.com

Kamu bisa menggunakan pelembab atau moisturizer agar kulit selalu lembab. Sebaiknya aplikasikan moisturizer setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan sunblock. Kesehatan kulit pun akan tetap terjaga apabila kulit tidak kering. Hal ini juga bisa membuat kamu semakin tampil lebih percaya diri. 

 

4. Istirahat Secukupnya

Jika tidak ada kegiatan yang mendesak, kamu bisa memanfaatkan waktu senggang di siang hari untuk beristirahat. Istirahat yang cukup ternyata mempengaruhi kesehatan kulit kamu. Oleh sebab itu, hindari pola tidur yang buruk karena bisa menyebabkan kulit kering, penuaan dini, dan tidak segar. Sama halnya di saat malam hari, usahakanlah untuk tidur secara teratur serta kurangi kebiasaan begadang. 

 

5. Rajin Berolahraga

Photo by Bruce Mars

Puasa bukanlah alasan untuk bisa bermalas-malasan dan tidak berkegiatan produktif. Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut karena racun dalam tubuh bisa keluar dan luntur bersamaan dengan keringat ketika berolahraga. Untuk itu, kamu harus tetap berolahraga untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembab. Namun, jangan lupa untuk menggunakan pelembab dan sunblock saat berolahraga, terlebih jika di luar ruangan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di sore hari saat menjelang berbuka puasa. Cukup 15 menit setiap hari dan kamu akan merasakan manfaatnya. Rutin berolahraga dapat berdampak pada kesehatan yang semakin prima serta kulit yang semakin segar. 

 

6. Memperhatikan Asupan Gizi Anda

Photo by Trang Doan

Tubuh memerlukan banyak gizi untuk bisa berkembang dan melakukan aktivitas, begitu juga dengan kulitmu. Kulit sangat membutuhkan gizi seimbang agar bisa sehat dan segar. Orang yang kekurangan gizi biasanya memiliki kulit yang kusam, kering, dan tentu saja tidak sehat. Oleh sebab itu, perhatikan apakah makananmu sudah terpenuhi gizinya atau belum.

Itulah kiat-kiat untuk mempertahankan kulit agar tetap lembab walaupun berpuasa. Jangan abaikan kulit yang kering karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

Loading...

Leave A Comment