Tips Buka Puasa Praktis dan Sehat di Jalan

By |2019-05-10T12:23:09+00:00May 10th, 2019|Knowledge|0 Comments

Photo by Dan Gold

Tempat ternyaman untuk berbuka puasa tentu di rumah bersama dengan keluarga. Namun tak bisa dipungkiri salah satu sebab kamu nggak bisa berbuka di rumah karena kondisi jalanan yang tidak dapat diprediksi alias macet. Memang saat bulan Ramadan apalagi waktu berbuka mendekati jam pulang kerja, tentu banyak orang akan berlomba-lomba untuk segera pulang ke rumah tepat waktu. Walau tidak diinginkan, berbuka di jalan menjadi pilihan yang tidak dapat dihindarkan ketika adzan maghrib berkumandang. Kalau sudah begini mau tidak mau, buka puasa di jalan adalah pilihan terbaik. Nah, buat kamu yang mengalami kendala ini jangan khawatir! Tips buka puasa praktis dan sehat ini bisa kamu coba ketika kamu mau terpaksa harus berbuka di jalan. Yuk simak artikelnya berikut ini!

Sedia Air Mineral

Photo by Steve Johnson

Setelah seharian melakukan aktivitas dan berpuasa tentu tubuh kekurangan cairan dan butuh mineral. Air mineral sangat penting untuk kamu konsumsi apalagi setelah seharian berpuasa, karena air mineral mengandung oksigen untuk seluruh tubuh supaya tubuh kamu fresh. Air putih juga dinilai sangat efektif untuk mengembalikan tubuh yang terdehidrasi setelah seharian berpuasa. Minumlah secukupnya dan jangan berlebihan. Selain itu, kamu juga bisa membawa air kelapa muda yang ampuh untuk atasi dehidrasi karena kandungan elektrolitnya cukup tinggi.

Loading...

 

Sedia yang Manis

Photo by rawpixel.com

Minuman dan makanan manis adalah menu yang paling direkomendasikan untuk berbuka puasa. Hal ini berguna untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Pilihlah minuman manis yang hangat supaya perut tidak kaget setelah kosong seharian. Kamu bisa membawa teh manis dalam bentuk kemasan botol agar praktis. Pilihlah makanan manis seperti manisan kurma. Kamu bisa mengkonsumsi 2-3 buah manisan kurma untuk berbuka menahan lapar.

 

Membawa Camilan

Photo by Mae Mu

Biskuit atau roti bisa kamu jadikan camilan sehat untuk berbuka puasa di jalan. Pilihlah biskuit yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti gandum sehingga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk menambah energi. Selain itu kamu juga bisa sedia kacang-kacangan untuk bekal berbuka di jalan. Banyak varian kacang yang bisa kamu pilih sesuai keinginan seperti kacang mede, almond, kedelai dan sebagainya. Kacang-kacangan dapat membantu tubuh kamu untuk mengembalikan nutrisi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Membawa Buah-buahan

Photo by Mike Dorner

Buah menjadi makanan pembuka yang praktis dan bernutrisi untuk berbuka puasa di jalan. Kamu bisa menyiapkan buah-buahan dari rumah atau di tempat kerja sebelum pulang. Bawalah buah-buahan yang tidak perlu dikupas atau mudah dikupas bahkan yang bisa dimakan beserta kulitnya. Misalnya bawa buah-buahan seperti pisang, pir atau apel. Selain sehat, buah-buah tersebut mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pilihlah buang yang mengandung banyak air untuk menyegarkan dahaga dalam tubuh dan membantu untuk menahan rasa lapar ketika berbuka di jalan.

Mampir ke Tempat Makan

Tips terakhir ini cocok untuk kamu yang terjebak macet di jalan dan nggak bawa makanan atau minuman sama sekali. Kamu bisa mampir ke rumah makan terdekat untuk berbuka puasa. Hampir semua rumah makan menyediakan berbagai makanan pembuka saat bulan puasa ini. Meskipun begitu, tetap perhatikan jumlah dan jenis makanan pembuka yang kamu konsumsi. Tahan dirimu supaya jangan lapar mata saat melihat beragam jenis makanan yang dihidangkan.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu jadikan inspirasi ketika harus berbuka di  jalan. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Loading...

Leave A Comment