Tips Bepergian dengan Kereta di Jepang

By |2019-10-17T10:17:43+00:00October 17th, 2019|Knowledge, Trip and Travel|

 

Kereta merupakan transportasi yang paling populer di Jepang. Sebagian besar masyarakat di Jepang mengandalkan kereta untuk bepergian ke tempat tujuan. Alasannya karena sederhana, memiliki kendaraan pribadi di Jepang membutuhkan biaya yang besar.

Loading...

Selain harga belinya yang mahal, pajak kendaraan dan juga biaya parkir juga terbilang tinggi. Karenanya, jika kamu berlibur ke Jepang, terlebih bagi budget traveller, kereta merupakan alat transportasi yang bisa kamu andalkan.

Nah, kalau kamu ada rencana untuk berlibur ke Jepang, berikut ini ada sejumlah tips ketika bepergian dengan kereta di Jepang.

1. Beli tiket kereta di mesin

Ketika tiba di stasiun, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu membeli tiket kereta. Jangan bingung ketika membeli tiket kereta. Kamu tinggal menyambangi mesin penjual tiket kereta yang biasanya tersedia di setiap stasiun. Sebaiknya belilah tiket kereta IC Card di mesin yang tersedia.

Jangan khawatir kamu tidak bisa bahasa Jepang, karena di mesin IC Card itu biasanya tersedia pilihan bahasa Inggris. Untuk di Tokyo sendiri, biasanya jenis IC Card yang ditawarkan adalah Suica dan Pasmo. Kartu ini menggunakan sistem pengisian ulang. Jadi, kalau semisal habis, kamu bisa mengisinya kembali, baik itu dengan uang kertas atau koin.

2. Perhatikan jalur kereta

Setelah kamu membeli tiket kereta dan sudah masuk ke dalam peron, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan jalur kereta. Dibanding di Indonesia, jalur kereta yang ada di Jepang memang sedikit lebih rumit.

Perhatikan papan penunjuk jalur kereta yang disediakan. Naik lah kereta sesuai jalur dan tujuan stasiun. Di Jepang sendiri ada jalur kereta yang cepat dan lambat. Biasanya jalur kereta cepat ini tidak berhenti di setiap stasiun. Untuk melihat jalur kereta, kamu bisa cek di situs Hyperdia atau dengan menggunakan Google Map.

3. Jangan lupa antre di jalur yang disediakan

Kamu jangan membawa kebiasaan burukmu di Indonesia. Di Jepang, kamu harus mengikuti tata tertib yang berlaku, yakni salah satunya adalah antre ketika ingin memasuki kereta. Biasakan dahulukan penumpang yang turun terlebih dahulu.

Memang aturan ini sudah diterapkan di Indonesia. Kalau kalian tidak mengikuti aturan yang berlaku, bukan tidak mungkin akan terjadi masalah.

4. Perhatikan jadwal kedatangan kereta

Sistem kereta di Jepang harus diakui sangat canggih. Meski ada banyak sekali jalur, jadwal kedatangan kereta hampir tidak pernah yang mengalami keterlambatan. Karenanya, kamu pun harus sigap melihat jadwal kedatangan kereta.

Untuk bisa melihat jadwal kedatangan, kamu bisa menggunakan situs Hyperdia tadi atau Google Maps. Kalau penuh atau telat, jangan khawatir karena kamu bisa menunggu kereta berikutnya. Jarak kereta berikutnya pun tidak terlalu lama kok.

5. Perhatikan tata tertib di kereta

Ketika sudah berada di dalam kereta, kamu juga harus memperhatikan tata tertib di dalam kereta. Masyarakat Jepang sangat tertib di dalam kereta. Jangan heran jika melihat suasana di dalam kereta sangat sunyi.

Masyarakat Jepang biasanya sangat individual ketika di dalam kereta. Kamu pun jangan berisik ketika di dalam kereta. Perhatikan juga tempat duduknya. Jangan sampai kamu duduk di bangku prioritas jika bukan termasuk ke dalam kategori yang dimaksud.

Nah, itu dia tadi tips bepergian dengan kereta di Jepang. Kalau kamu ada rencana untuk berlibur ke Jepang, kamu bisa mencari promo tiket pesawat di Traveloka.

Jangan lupa nyalakan notifikasi untuk memberi tahu promo tiket pesawat ke Jepang supaya kamu dapat harga terbaik untuk terbang ke sana. Booking tiket kamu sekarang juga di Traveloka.

 

Loading...