10 Manfaat dan Bahaya Kopi Hijau Bagi Kesehatan

By |2018-04-18T14:40:29+00:00December 3rd, 2016|Lifestyle|


Source: Schmucki

Pernah mendengar green coffee? Green coffee atau kopi hijau adalah biji kopi yang berasal dari buah yang belum dipanggang. Maka, biji green coffee memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibanding kopi yang sudah dipanggang. Asam klorogenat inilahlah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat green coffee dikenal luas utamanya untuk menurunkan berat badan. Menurut studi ilmiah yang telah dilakukan, ekstrak green coffee juga berperan penting dalam menangani kasus penyakit obesitas, jantung, dan darah tinggi. Penasaran apa saja manfaat green coffee ini bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Kopi Hijau

Kopi hijau atau green coffee sangat baik dikonsumsi demi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat green coffee yang harus Anda ketahui:

1. Menurunkan Berat Badan


Source: PublicDomainPictures

Penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine di tahun 2006 silam menyebutkan bahwa suplemen ekstrak green coffee bisa mengurangi lemak dalam tubuh dan komposisi lemak di dalam organ hati. Pada penelitian tersebut, kafein dan asam klorogenat terbukti berperan penting dalam penuruann berat badan. Hal ini karena asam klorogenat yang ada di dalam green coffee lebih mudah diserap oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi metabolism.

2. Menurunkan Hipertensi


Source: Gadini

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat distabilkan dengan fungsi asam klorogenat yang ada di dalam green coffee. Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 oleh Clinical and Experimental Hypertension melaporkan bahwa pasien yang mengkonsumsi 140 miligram ektsrak green coffee setiap hari menunjukkan hasil yang signifikan untuk penurunan tekanan darah. Hal ini dapat disimpulkan sebagai salah satu minuman yang efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif


Source: Thetruthpreneur

Green coffee mengandung kafein yang memiliki efek positif pada suasana hati dan aktivitas otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Bulletin mengkonfirmasi bahwa kafein bekerja efektif terhadap reaksi waktu, memori, kewaspadaan, fokus, dan ketahanan tubuh. Penelitian ini juga menemukan bahwa asupan kafein dalam green coffee yang berkisar antara 38-400 miligram per hari dapat berperan maksimal dalam meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produktivitas otak Anda.

4. Antioksidan


Source: Goiwara

Biji green coffee mengandung zat antioksidan yang berlimpah dan sangat efektif dalam mengurangi efek radikal bebas yang sangat berbahaya karena bisa merusak sel-sel tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa asam klorogenat di dalam biji green coffee dapat mencegah perkembangan empat jenis sel-sel kanker dala tubuh sehingga akan mencegah tubuh dari resiko terkena penyakit kanker.

5. Melawan Resistensi Insulin


Source: JooJoo41

Insulin adalah hormone yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Fungsinya sangatlah penting karena insulin adalah tempat diubahnya gula menjadi energy bagi tubuh. Namun, insulin dapat mengalami kerusakan atau resistensi yang dipicu oleh beberapa hal, baik kondisi di dalam tubuh yang sedang tidak normal atau asupan makanan yang berlebihan dalam mengonsumsi gula sehingga insulin mengalami kerusakan fungsi. Konsumsi green coffee secara rutin bisa membantu tubuh melawan terjadinya resistensi insulin dengan lebih optimal.

Efek Samping Kopi Hijau

Green coffee aman ketika diminum dalam dosis dan takaran yang tepat, yaitu sjeumlah maksimal 480 miligram per hari. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa mengkonsumsi minuman green coffee melebihi dosis tersebut bisa berbahaya dan menimbulkan efek samping seperti yang diulas berikut ini.

1. Insomnia


Source: PublicDomainPictures

Tingginya kadar kafein dalam darah adalah pemicu utama insomnia atau susah tidur. Kafein bekerja aktif pada otak sehingga bagian sel otak yang mengatur tubuh untuk beristirahat menjadi tidak berfungsi. Bila kurang tidur, tentu tubuh menjadi tidak sehat dan bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih serius/

2. Gugup dan Gelisah


Source: Tookapic

Konsumsi green coffee yang berlebihan juga bisa menyebabkan rasa gugup dan gelisah yang disebabkan oleh pekatnya kadar kafein dalam darah. Selain itu, perubahan suasana hati yang drastis juga bisa terjadi bila tubuh terlalu banyak mengasup kafein seperti yang dikandung dalam green coffee.

3. Detak Jantung Meningkat


Source: Pexels

Kafein yang ada di dalam green coffee bisa memicu jantung memompa darah lebih cepat sehingga detak jantung meningkat seiring dengan efek samping lain seperti gangguan pernapasan, mual, dan muntah.

4. Sakit Kepala


Source: Pheee

Sama seperti konsumsi black coffee yang berlebihan, konsumsi green coffee dalam dosis yang melebihi takaran aman per hari juga bisa memicu sakit kepala yang disebabkan oleh terganggunya sistem kerja syaraf di otak.

5. Nyeri Lambung


Source: PublicDomainPictures

Khususnya bagi penderita asam lambung, tidak disarankan untuk mengkonsumsi green coffee terlalu sering dan dalam dosis besar karena dikhawatirkan akan memicu reaksi peningkatan asam dalam lambung.

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat green coffee beserta resiko yang timbul bila Anda mengkonsumsinya melebihi batas normal yang dianjurkan. Minum green coffee dengan moderasi dan takaran yang tepat agar bisa memperoleh hasil yang optimal tanpa harus mengorbankan kesehatan Anda.

Wise man always drink wisely.