Simak Hal-Hal Berikut Ini Kalau Kamu Mau Pergi Mendaki Gunung!

By |2019-06-12T11:04:14+00:00June 10th, 2019|Knowledge|

Photo by Eric Sanman

Mendaki gunung menjadi aktivitas yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Tak hanya digemari oleh orang dewasa, bahkan kini mendaki gunung pun sudah menjadi kegemaran mulai dari anak-anak dan millenial. Untuk kamu yang ingin mendaki gunung baik pemula maupun profesional, kali ini kami berikan tips apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung. Simak artikelnya berikut ini!

Loading...

 

Persiapan Fisik dan Kesehatan

Photo by Bruce Mars

Sebelum mendaki gunung, kesehatan merupakan hal penting yang perlu kamu jaga. Sebaiknya olahraga beberapa minggu atau sebulan sebelum hari H pendakian merupakan waktu yang paling ideal. Ini gunanya agar kondisi tubuh sudah siap , terlebih apabila membawa beban berat ketika mendaki gunung. Latih dan atur pernafasan selama kamu berolahraga. Lakukan pemanasan setiap hari agar tubuh tetap rileks.

Selain itu, latih juga kekuatan kaki, terutama sembari berlatih membawa beban berat secara rutin. Usahakan agar pergelangan kaki dan tangan tetap rileks selama pemanasan. Olahraga tidak harus lama, 30 menit sehari bila itu dilakukan secara teratur sudah sangat cukup sebelum kamu mendaki. Kamu bisa memilih olahraga yang kamu sukai misalkan berenang atau jogging di pagi hari.

 

Persiapan Logistik


Photo by Ravindra rawat

Selain melatih dan menjaga kesehatan fisik, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum mendaki yaitu mempersiapkan perlengkapan untuk mendaki. Tanpa perlengkapan yang lengkap, pendakian akan terasa tidak nyaman bahkan bisa membahayakan kamu. Perlengkapan utama yang wajib kamu siapkan yaitu tas carrier, sepatu gunung dan kaus kaki, pakaian gunung, jaket, jas hujan, senter, kompor, alat memasak, makanan dan minuman, sleeping bag atau tenda, obat-obatan dan First-Aid tools.

 

Selain itu hal penting yang perlu dipersiapkan untuk mendaki kamu yaitu GPS atau kompas atau peta jalur pendakian, baterai cadangan atau power bank, masker, sun protection, sarung tangan dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa diskusi dengan teman mendakimu, karena tidak mungkin kan kamu akan mendaki gunung sendirian? Jika ada barang yang tertinggal, biasanya di beberapa basecamp pendakian telah menyediakan penyewaan barang untuk digunakaan pendaki.

 

Perhatikan Tata Cara Mendaki

Photo by Free-Photos

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu tata cara mendaki. Kenyataannya mendaki gunung tidak boleh asal-asalan mendaki saja. Ada cara-cara yang penting yang perlu kamu perhatikan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu tips cara mendaki agar aman yaitu kaki harus selalu siap dan lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan harus fokus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

Selain itu, ada beberapa prosedur yang harus kamu urus sebelum memulai pendakian. Di beberapa gunung yang sudah dikelola oleh taman nasional, surat izin memasuki area konservasi (Simaksi) diperlukan agar kamu boleh secara legal mendali di area tersebut. Ada pula beberapa gunung yang mewajibkan pendaki memberikan surat keterangan sehat dari dokter untuk mengurangi resiko kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan, diantaranya adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Setelah melakukan proses pendaftaran, biasanya petugas gunung akan memberikan instruksi dan larangan ketika kamu dalam perjalanan mendaki gunung. Nah, patuhilah instruksi dan larangan yang mereka sampaikan ya!

 

Budgeting

Photo by rawpixel.com

Mendaki gunung bisa dibilang memakan banyak biaya, namun kamu tidak perlu khawatir karena biaya yang keluar bisa ditekan apabila disesuaikan dengan kebutuhan. Hal pertama yang kamu harus ketahui yaitu mencari kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mendaki gunung dengan cara membuat listnya. Kamu bisa menghemat biaya peralatan dan perlengkapan mendaki dengan menyewa di tempat yang menyediakan jasa penyewaan alat mendaki. Tentu dengan menyewa harga yang diberikan lebih murah dibanding kamu harus membeli semua perlengkapan dan peralatan secara individu. Selain itu, kamu bisa meminjam kepada teman agar biaya pengeluaran bisa ditekan lagi. Jangan lupa untuk menjaga barang yang dipinjam ya!

Pengeluaran tidak hanya pada saat membeli peralatan saja namun pada biaya transportasi untuk menuju kaki gunung yang akan kamu capai. Kamu bisa pilih moda transportasi mana yang paling murah. Jika ingin menggunakan transportasi kereta atau pesawat, rencanakan dan pesanlah dari jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga yang murah. 

Sebaiknya kamu mengajak teman secara beramai-ramai untuk menyewa kendaraan. Kamu bisa melakukan sharing cost untuk biaya penyewaan ini agar lebih hemat.

 

Alokasi Waktu

Photo by rawpixel.com

Agar pendakianmu berjalan dengan lancar dan tidak kekurangan sesuatu apapun. Ada baiknya kamu membuat itinerary atau jadwal pendakianmu. Kamu bisa memulai dari membuat list pertanyaan gunung apa yang ingin kamu tujui, seberapa berat jalur pendakiannya, berapa lama kamu ingin mendaki gunung dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa membuat jadwal perkiraan berapa lama kamu akan mendaki dan turun dari gunung menuju basecamp. Kamu bisa mendiskusikan jadwal pendakianmu dengan teman, keluarga atau kelompok rombongan pendaki gunung yang sesuai keinginan.

 

Persiapkan Tim Mendaki

Photo by skeeze

Pastikan kamu mendaki tidak sendirian ya. Carilah teman yang sudah memiliki pengalaman mendaki sebelumnya atau kamu bisa masuk ke dalam rombongan. Bisa saja sebenarnya kalau kamu mau mendaki sendirian namun itu tidak dianjurkan. Meskipun mendaki sendirian tidak sepenuhnya berbahaya, ada baiknya kamu memiliki minimal tiga teman pendaki yang mendaki bersamamu. Pilihlah teman mendaki minimal tiga orang yang sudah lebih sering mendaki atau sudah berpengalaman. Tentunya ini akan sangat membantu kamu dalam mendaki.

 

Jadwal Baik untuk Mendaki

Photo by Free-Photos

Waktu yang paling tepat untuk mendaki gunung sekitar bulan Juni-Agustus. Diantara bulan-bulan ini kamu bisa melihat bunga edelweis yang sedang bermekaran. Mendaki saat musim kemarau bisa bikin kamu kelelahan akibat teriknya matahari yang langsung menyengat ke tubuhmu, namun bisa kamu atas dengan memakai topi, sunscreen, dan meminum air yang cukup. Demikian juga saat musim hujan, kamu juga perlu berhati-hati sebab jalur pendakian bisa menjadi licin dan berlumpur. Yang harus diwaspadai adalah adanya, petir dan kabut yang tebal. Persiapkan diri kamu dengan membawa logistik yang lengkap seperti jas hujan, tenda beserta pasaknya yang kuat, dan headlamp. 

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum mendaki gunung. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi kamu sebelum memulai untuk mendaki. Oh ya, satu hal yang tak kalah penting yaitu selalu ingat berdoa meminta perlindungan dari Yang Maha Kuasa sebelum dan setelah mendaki!

Loading...