Selain Usir Stress, Simak Berikut ini 10 Manfaat Meditasi Bagi Tubuh

By |2019-07-24T10:40:51+00:00July 23rd, 2019|Health|

Photo by Prasanth Inturi

Meditasi adalah salah satu teknik relaksasi dengan cara melepaskan semua beban yang ada di pikiran, baik dari hal yang bersifat mencemaskan atau pun yang menyenangkan. Meditasi dilakukan dengan cara mengatur atau mengolah pernapasan. Selama ini, meditasi dikenal banyak orang sebagai salah satu cara untuk mengusir stress. Namun, belum banyak orang yang belum tahu bahwa tersimpan manfaat-manfaat lain dari meditasi.

Saat cemas dan stres, meditasi bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasinya. Walaupun hanya terlihat seperti duduk diam saja, meditasi ternyata memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik itu fisik dan juga mental. Simak berikut ini 10 manfaat meditasi bagi tubuh.

Loading...

 

1. Melawan Depresi

Photo by Pixabay

Stress berkepanjangan dan tanpa perawatan bisa berakhir dengan depresi. Meditasi bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga stress yang muncul bisa berkurang. Menurut studi yang dilakukan oleh Rutgers University, orang yang mengikuti program meditasi menunjukan pengurangan depresi hingga 40%. Mereka jadi lebih mampu mengendalikan diri untuk tidak memikirkan sesuatu yang negatif.

 

2. Mengontrol Rasa Cemas

Rasa cemas bisa datang kapan saja dan bisa dirasakan oleh semua orang. Penyebab cemas bisa bermacam-macam mulai dari diri sendiri hingga lingkungan. Kecemasan ini dapat diminimalisir dengan rutin bermeditasi. Orang yang melakukan meditasi dapat mengendalikan dan mengurangi tingkat kecemasan.

 

3. Melancarkan Pencernaan

Photo by rawpixel.com

Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untu organ pencernaan. Meditasi bisa membuat kondisi perut menjadi tenang, sehingga organ-organ yang ada di dalamnya pun ikut rileks. Dengan bermeditasi, gangguan pencernaan dapat teratasi karena proses penyerapan makanan yang terjadi di dalam perut bekerja optimal.

 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Hal-hal seperti stress dan cemas bisa menghambat seseorang untuk tertidur. Kondisi mental yang buruk ditambah kurangnya waktu tidur bisa memperparah keadaan. Cara yang paling aman adalah dengan meditasi. Hal ini karena meditasi bisa membuat pikiran menjadi rileks dan tenang, sehingga dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

 

5. Mengasah Ketenangan Batin

Photo by Pixabay

Meditasi bisa menimbulkan ketenangan di diri seseorang. Ketenangan batin bisa diasah seiring dengan rutinnya melakukan kegiatan meditasi. Orang yang gemas meditasi tidak akan mudah terpengaruh ketika mengalami suatu cobaan dan tidak mudah patah semangat dan putus asa.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Photo by Pixabay

Kalau kamu sering mengalami flu atau ‘pilek’, mungkin meditasi bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Dilansir dari hellosehat, sebuah studi mengamati 149 pria dan wanita dengan usia rata-rata 59 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu 51 orang mengikuti program meditasi, 47 berolahraga lari dan bersepeda, dan sisanya tidak melakukan apa-apa.

Setelah 8 minggu, peserta yang mengikuti meditasi mengalami 27 kali gejala flu atau pilek, orang yang berolahraga mengalami 26 kali, sementara orang yang tidak melakukan apa pun mengalami gejala sebanyak 40 kali. Orang yang berolahraga dan bermeditasi juga menunjukkan tingkat pulih dari flu atau pilek yang lebih cepat, dibanding mereka yang tidak aktif.

 

7. Bantu Melawan Kecanduan

Photo by Nathan Cowley

Kecanduan bisa terjadi pada banyak hal, mulai dari kecanduan merokok, alkohol, dan lain sebagainya. Meditasi bisa menjadi pengalihan bagi seseorang yang memiliki kecanduan. Ketika dorongan untuk memenuhi kecanduannya itu datang, meditasi bisa membantu orang tersebut agar tidak mengikutinya. Orang yang mengikuti meditasi bisa berlatih untuk lebih memahami cara untuk mengendalikan emosi dan perilaku.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menimbulkan potensi penyakit lain seperti penyempitan arteri jantung, hingga stroke. Meditasi bisa mengurangi ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah akan menurun.

9. Memperkuat Daya Ingat

Photo by rawpixel.com

Bagi lansia, mungkin daya ingat akan semakin berkurang. Pengurangan daya ingat ini bisa terjadi karena adanya penurunan fungsi otak.  Meditasi yang menggabungkan nyanyian dan gerakan berulang dapat melatih konsentasi seseorang. Hal ini karena meditasi dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi para lansia.

 

10. Menjadi Lebih Sabar dan Pemaaf

Menjadi pribadi yang penyabar dan pemaaf adalah hal yang diinginkan banyak orang. Meditasi memiliki manfaat lainnya yaitu bisa menjadikan seseorang lebih sabar dan pemaaf. Melakukan meditasi dapat membuat jiwa dan pikiran kita menjadi lebih tenang dan damai. Saat seseorang berbuat kesalahan, orang yang gemar bermeditasi akan bisa lebih mudah memaafkan kesalahannya dengan ikhlas.

Itulah manfaat meditasi bagi tubuh mulai dari fisik hingga mental. Meditasi bisa menjaga kesehatan psikis dengan cara yang mudah. Namun, kamu juga bisa mengusir stress, cemas, dan mendapatkan ketenangan dengan bercerita ke orang yang dipercaya, berolahraga, atau dengan mendengarkan musik. Sederhana bukan?

Semoga bermanfaat!

Loading...