Sehatkan Fisik dan Batin dengan 10 Tips Yoga untuk Pemula Ini

By |2018-11-07T23:18:00+09:00February 9th, 2017|Beauty|Comments Off on Sehatkan Fisik dan Batin dengan 10 Tips Yoga untuk Pemula Ini


Source: PDPics

Seringkali ada begitu banyak persoalan yang datang menghadang. Untuk itu, tidak hanya membutuhkan kekuatan tubuh, tetapi juga kekuatan mental untuk menghadapinya. Yoga dipercaya selama ribuan tahun sebagai olah tubuh dan pikiran yang dapat meningkatkan kualitas fisik dan mental pelakunya. Yoga dibentuk dari rangkaian gerakan dan pernapasan yang pada akhirnya menghasilkan kekuatan fisik sekaligus ketenangan batin. Jika ingin memaksimalkan manfaat yoga, maka kamu yang baru belajar yoga memerlukan 10 tips yoga untuk pemula berikut ini:

1. Cari pelatih yang bagus


Source: Barry Silver

Dewasa ini belajar yoga seringkali dilakukan sendiri di rumah dengan berpedoman pada buku dan video di internet. Hal in sah-sah saja karena dinilai lebih praktis dan murah. Namun, bagaimanapun juga kehadiran seorang guru yoga tetaplah sangat penting terutama di masa-masa awal, karena dapat memberikan masukan pada gerakan yoga kamu. Seorang pelatih juga dapat membangun rasa kepercayaan diri bahwa kamu telah melakukan gerakan yoga yang benar.

2. Jangan memaksakan diri


Source: TusitaStudio

Gerakan-gerakan yoga memerlukan banyak kelenturan sehingga jika kamu kurang lentur, jangan sekali-kali memaksakan diri. Hormatilah keterbatasan tubuhmu sendiri. Sesungguhnya yoga adalah mengontrol diri sendiri karena kehendak yang disebut ego. Melakukan gerakan yang berbahaya hanya akan berisiko menimbulkan cedera. Selain itu, perhatikan pula keadaan khusus dirimu sendiri, misalnya saat hamil, menstruasi atau menderita penyakit tertentu, sering kali ada gaya yoga yang tak boleh kamu lakukan. Konsultasikan juga ke dokter kamu sebelum memutuskan memulai yoga.

3. Belajar pernapasan


Source: janeb13

Pada dasarnya yoga adalah menyehatkan diri sendiri dengan cara mengharmoniskan pikiran dengan tubuh melalui pernapasan. Inti dari yoga adalah pernapasan. Pose apapun membutuhkan pernapasan yang membuat tubuh lebih tenang dan santai. Mempelajari lebih banyak ilmu dan teknik pernapasan adalah cara mempelajari yoga secara mendalam. Pernapasan dasar yang dianjurkan adalah pernapasan perut, yaitu bernapas melalui hidung dalam keadaan mulut tertutup untuk memaksimalkan fungsi paru-paru. Udara akan mengisi perut hingga mengembang sehingga mendorong diafragma bergerak ke bawah dan memijit organ-organ yang berada di perut.

4. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain


Source: nicolekeiper

Perasaan kompetitif kerap terjadi jika seseorang mengikuti kelas yoga. Biasanya, di dalam kelas selalu lebih banyak orang yang terlihat lentur, kuat dan indah. Hal ini membuat kamu mulai membandingkan dirimu dengan orang lain. Padahal, kemajuan dalam berlatih yoga hendaknya dibandingkan dengan diri kita sebelum dan sesudah berlatih, apa pencapaian kita. Perasaan bersaing ini juga pada akhirnya merusak yoga itu sendiri. Padahal, yoga ditujukan untuk kedamaian batin, bukan menimbulkan perasaan negatif baru.

5. Santai


Source: E2017

Yoga adalah aktivitas yang tenang dan fokus, namun jangan terlalu serius hingga kehilangan rasa humor. Saat awal-awal latihan, ada rasa canggung dan kaku dalam melakukan berbagai gaya baru apalagi jika melakukannya bersama-sama dengan orang lain di sebuah kelas. Bersikap rendah hati, sering tersenyum dan bersikap lembut dapat mengurangi ketegangan dan risiko cedera.

6. Berhenti makan sebelum yoga


Source: PublicDomainPictures

Dianjurkan tidak makan selama dua atau tiga jam sebelum melakukan yoga. Jika ingin minum, hanya dalam jumlah yang sedikit dan hendaknya tidak minum selama latihan. Jika sangat lapar, bisa mengonsumsi buah-buahan 45 menit sebelum latihan. Yoga paling baik dilakukan dalam keadaan perut kosong agar terisi penuh oleh pernapasan. Hindari juga alkohol, gula dan minuman berkafein sebelum beryoga.

7. Gunakan pakaian yang nyaman


Source: Ataner007

Saat berlatih yoga, tubuh akan direnggangkan ke segala arah sehingga pastikan menggunakan pakaian yang tidak membatasi gerakan yoga. Gunakanlah pakaian yang mendukung kelenturan gerak dan menyerap keringat. Biasanya, pakaian yang dianjurkan adalah pakaian yang longgar dengan pakaian dalam yang nyaman atau cukup pakaian senam saja. Gunakan pakaian berbahan katun berkualitas dapat menyerap keringat dan tidak menimbulkan rasa gatal.

8. Sering berlatih


Source: HannahWells

Sering-sering berlatih walaupun dengan waktu yang singkat lebih efektif ketimbang berlatih dalam waktu yang panjang namun hanya sesekali. Berlatih 15 menit sehari dengan satu atau dua pose memiliki efek yang lebih positif bagi kesehatan fisik dan mental, ketimbang berlatih selama dua jam namun hanya seminggu sekali. Disiplin yang teratur akan menuai lebih banyak manfaat di mana tubuh secara bertahap menjadi lebih lentur dan pikiran semakin fokus.

9. Perbaiki postur tubuh


Source: Pexels

Postur tubuh yang sempurna saat melakukan yoga menentukan kualitas yoga itu sendiri. Semua pose yoga dirancang untuk dicapai oleh postur tubuh manusia sehingga setiap orang pasti bisa melakukannya dengan rajin berlatih. Pelatih yoga yang baik akan menunjukkan cara untuk meringankan tubuh kamu demi mencapai postur tubuh ideal. Kamu dapat menggunakan alat bantu seperti ikat pinggang, guling dan blok tambahan.

10. Bangun pagi


Source: Pexels

Yoga yang ideal dilakukan pada pagi hari saat matahari terbit jam 04.00-06.00. Saat itulah pikiran terasa sangat jernih dan dunia terasa tenang. Anjuran-anjuran tradisional juga mengatakan pagi adalah saat yang paling kondusif untuk melakukan meditasi. Saat itu pula perut masih kosong dari makanan. Jika kamu belum terbiasa bangun pagi, kamu bisa memulainya jam berapa saja segera setelah kamu terbangun.

Nah, itulah 10 tips yoga untuk pemula yang harus kamu perhatikan saat memulai berlatih yoga. Semua tips ini akan membawa kamu pada keberhasilan mempraktikkan yoga yang berujung pada kekuatan fisik dan ketenangan batin. Tunggu apa lagi, hayo berlatih!

Loading...