Sebelum Waxing, Ketahui Manfaat dan Resiko Waxing yang Harus Kamu Ketahui

By |2019-07-30T14:47:06+00:00July 30th, 2019|Beauty|

Photo by rawpixel.com

Waxing adalah pola penghilangan rambut dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah dicabut ini tidak akan tumbuh kembali dalam jangka waktu sekitar 2-9 minggu setelahnya. Beberapa bagian tubuh dapat di-wax tergantung pada kebutuhan dan keinginan kamu, diantaranya yaitu ketiak, lengan, punggung, kaki, tangan, alis, wajah, dan perut. Jika wax dilakukan secara rutin, ada kemungkinan bulu akan hilang secara permanen.

Di samping manfaatnya untuk menghilangkan bulu, ada pula beberapa resiko yang kemungkinan timbul ketika waxing. Simak manfaat dan resiko waxing yang harus kamu ketahui di bawah ini!

Loading...

 

Manfaat Waxing

Photo by groupon.com

Waxing merupakan salah satu metode untuk menghilangkan bulu/rambut yang dianggap praktis dan mudah bagi sebagian orang. Berikut ini beberapa manfaat waxing dan kelebihannya.

1. Memperlambat Pertumbuhan Bulu Baru

Waxing dapat membuat pertumbuhan rambut baru lebih lambat. Hal ini disebabkan rambut dicabut hingga ke akar dibandingkan mencukur yang hanya menghilangkan rambut di permukaan kulit saja. Ini juga bisa membuat kamu lebih lama memiliki kulit halus tanpa bulu, yakni sekitar dua hingga delapan minggu kemudian

2. Tidak Meninggalkan Ruam di Kulit

Ketika mencukur rambut atau bulu pada tubuh, biasanya akan meninggalkan bekas ruam. Namun ketika waxing, proses dilakukan dengan mencabut rambut dari akarnya sehingga meminimalisir timbulnya ruam.

3. Bulu atau Rambut yang Tumbuh Tidak Terlalu Lebat

Setelah waxing, folikel rambut akan sejenak berhenti untuk tubuh. Saat rambut tumbuh kembali, biasanya ukurannya akan jauh lebih tipis dan lembut daripada setelah dicukur. Namun hal ini kemungkinan baru dapat dilihat efeknya setelah beberapa kali melakukan waxing.

4. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Waxing dikenal dapat dilakukan untuk mengangkat bulu atau rambut kamu. Selain itu, waxing juga dapat sekaligus mengelupas sel kulit lama yang ada di permukaan kulit lho. Nantinya, kamu akan mendapatkan kulit yang lebih halus setelah proses pelilinan saat waxing. Setelahnya, disarankan untuk menggunakan lotion agar meminimalisir kulit yang memerah atau perih.

 

Resiko Waxing

Walaupun dipandang praktis dan mudah dalam mendapatkan kulit yang mulus tanpa bulu, namun ternyata waxing memiliki resikonya sendiri seperti lebih mahal dan sakit. Selain itu, ada pula resiko lain yang kemungkinan timbul akibat dari waxing ini, diantaranya:

1. Iritasi Kulit

Iritasi pada kulit merupakan efek yang paling sering timbul akibat waxing. Sebenarnya iritasi dapat hilang hanya dengan mengompres kulit dengan air dingin, namun cara ini terkadang tidak teratasi bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, biasanya efek iritasi akan terjadi lebih berat ketimbang seseorang yang kulitnya normal.

2. Rambut Tumbuh di Dalam Kulit

Setelah melakukan waxing, terkadang rambut tidak dapat tumbuh menembus lapisan kulit yang tebal sehingga rambut tumbuh kea rah dalam dan berada di bawah kulit. Rambut yang tumbuh di dalam kulit adalah rambut yang lemah sehingga tidak dapat menembus permukaan kulit. Kondisi ini biasanya disebut juga dengan ingrown hair dan resikonya dapat menyebabkan peradangan folikel rambut yang ditandai dengan adanya bintik kemerahan pada kulit yang gatal.

3. Infeksi Kulit

Waxing bisa menyebabkan bakteri masuk dan berkembang di kulit sehingga menyebabkan infeksi. Namun hal ini sebenarnya dapat dihindari dan diminimalisir. Caranya yaitu dengan memastikan tubuh dan alat yang digunakan untuk waxing dalam keadaan bersih ketika waxing ini dilakukan.

4. Elastisitas Kulit Menurun

Selain hal di atas, resiko yang dapat terjadi apabila kamu melakukan waxing secara terus menerus dan jarak waktu yang pendek adalah menurunnya elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan kulit membutuhkan waktu untuk beregenrasi agar dapat kembali normal setelah dilakukannya waxing.

Setiap metode yang dilakukan untuk menghilangkan bulu atau rambut di tubuh memiliki kelebihan dan resikonya masing-masing. Semua tergantung keinginan dan pertimbangan yang kamu miliki. Untuk itu, penting rasanya memilih tenaga professional bagi kamu yang menginginkan waxing secara aman. HelloBeauty bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan jasa waxing secara praktis, aman dan nyaman, dengan memilih sendiri tenaga profesional yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih jasa lainnya yang dibutuhkan mulai dari hair dohijab do, make up, nail art, dan memanggil stylist pilihanmu ke rumah atau tempat yang kamu mau melalui website HelloBeauty, aplikasi, atau pun Whatsapp (081513332519).

Semoga bermanfaat!

Loading...