Sebal karena Bibir Hitam? Ini Dia 10 Penyebab dan Solusinya

By |2018-11-07T06:29:38+09:00February 17th, 2017|Beauty|Comments Off on Sebal karena Bibir Hitam? Ini Dia 10 Penyebab dan Solusinya


Source: JUrban

Bibir merupakan fokus utama wanita dalam merias wajahnya. Memikiki bibir dengan warna yang cerah dan sehat tentu akan semakin menunjang pemampilan. Namun apa jadinya bila bibir memiliki warna yang gelap? Sudah barang tentu hal ini akan membuat kepercayaan diri menurun, lantas apa saja yang menyebabkan bibir hitam dan bagaimana solusinya? Simak penjelasan berikut selengkapnya.

1. Pengaruh Gaya Hidup


Source: Pexels

Gaya hidup yang sembarangan atau tidak sehat selain membuat tubuh mudah sakit ternyata juga dapat memicu kondisi bibir menjadi buruk. Salah satunya ialah menjadi penyebab bibir hitam. Gaya hidup tidak sehat tersebut diantaranya seperti merokok atau mengkonsumsi narkoba. Kandungan senyawa kimia dalam kedua bahan tersebut dapat memicu kondisi bibir hitam menjadi lebih parah. Jika ingin memiliki bibir dengan warna yang cantik dan juga sehat, jaga gaya hidup agar tetap sehat dengan mengurangi rokok dan dan konsumsi makanan tinggi nutrisi.

2. Hormon yang Tidak Stabil


Source: Lightstargod

Perubahan hormon dalam tubuh yang dipengaruhi oleh banyak faktor juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Faktor -faktor tersebut diantaranya karena usia, penyakit atau juga penggunaan obat- obatan yang mempengaruhi hormon dalam tubuh. Karenanya dengan menjaga gaya hidup sehat akan membantu tubuh melawan segala macam penyakit yang menyerang. Ditambah lagi dengan konsumsi makanan bergizi yang kaya antioksidan.yang dipercaya dapat menangkal bahaya radikal bebas yang dapat merusak penampilan bibir.

3. Mengalami Anemia


Source: Lightstargod

Seseorang yang menderita anemia atau kekurangan zat besi dapat terlihat dari warna bibirnya yang menghitam. Bibir hitam ini terjadi karena kadar hemoglobin dalam darah sangat rendah, karena seperti yang kita tahu bahwa tugas dari sel darah merah adalah menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Karena kondisi tersebut dapat membuat tubuh kekurangan zat besi, karenanya bibir hitam tak dapat dihindari. Mengkonsumsi makanan seimbang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang cukup, sehingga bibir hitam bisa dihindarkan.

 4. Kekurangan Oksigen


Source: Cuncon

Saat kadar oksigen yang ada dalam darah menurun, hal ini akan mempengaruhi warna bibir menjadi pucat. Banyak hal yang dapat mempengaruhi turunnya kadar olsigen tersebut yang menjadi penyebab bibir hitam misalnya karena peredaran darah tidak lancar. Sianosis sendiri akan terlihat dengan jelas saat cuaca berubah menjadi dingin dan juga sehabis beraktifitas olah raga. Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit setiap hari tentu sangat penting karena jika tubuh sehat maka warna bibir hitam tak akan muncul.

 5. Pengaruh Konsumsi Obat


Source: Myriam_photos

Pada penderita kanker warna bibir akan terlihat hitam, hal ini karena konsumsi obat – obatan selama perawatan tersebut dapat memicu kondisi kulit baik pada wajah dan bibir mengalam hiperpigmentasi. Karenanya seseirang yang menjalani perawatan dengan obat – obatan yang memiliki dosis tinggi dan keras akan memiliki bibir hitam. Dan kondisi tersebut akan menghilang setelah pengobatan selesai. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga turut membantu meringankan warna bibir hitam tersebut.

6.  Tubuh Kekurangan Vitamin


Source: JESHOOTS

Vitamin memiliki peranan penting dalam tubuh untuk membantu proses metabolisme. Salah satunya dengan menjaga kecantikan warna kulit dan bibir dari dalam. Dan ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin, hal tersebut dapat membuat warna bibi menjadi lebih hitam. Untuk membuat warna bibir hitam kembali seperti semula gunakan air perasan lemon yang ditambahkan dengan madu. Oleskan pada bibir setiap malam sebelum tidur, kandungan anti oksidan pada lemon akan membantu mencerahkan warna bibir hitam. Ini karena kandungan anti oksidan didalamnya akan membantu meregenerasi sel kulit baru pada bibir dan membuat warnanya lebih cerah.

 7. Konsumsi Minuman Panas


Source: pixabay.com

Mengkonsumsi minuman yang maaih dalam kondisi yang panas seseungguhnya sangat tidak dianjurkan, sebab dapat membuat gigi cepat rusak dan mempengaruhi warna bibir hitam. Terutama minuman yang memiliki kandungan kafein di dalamnya seperti kopi, cokelat maupun teh. Jika ingin meminum kopi atau teh usahakan suhunya sudah lebih dingin. Namun alangkah lebih baik lagi bila mengganti konsumsi kafein tersebut minuman bernutrisi seperti jus buah misalnya jeruk atau buah – buahan lainnya.

8. Pengaruh Sinar Matahari


Source: Takmeomeo

Paparan sinar ultra violet secara alangsung dan twrus – menerus tak hanya berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kulit wajah dan tubuh namun juga dapat menyebabkan bibir hitam. Memang meskioun dampaknya tidak terlalu terlihat, tetapi pengaruhnya akan terasa dalam waktu yang lama seperti binir menjadi lebih keeing dan hitam. Untuk itu perawatan secara rutin sangat penting untuk itu, misalnya saja dengan mengoleskan krim mentega dingin agar membuat bibir lebih kenyal dan lembab sehingga paparan sinar matahari tidak terlalu terlihat.

 9.  Penggunaan Kosmetik yang Tidak Sesuai


Source: BRAG

Bibir hitam dapat terjadi karena reaksi yang ditimbulkan karena penggunaan lipstik yang tidak sesuai atau telah memasuki masa kadaluarsa. Kamdungan bahan – bahan kimia didalam kosmetik dapat memicu terjadinya iritasi yang akan semakin membuat warna bibir menjadi lebih hitam dan bahkan dapat membuat bibir terluka. Karenanya penggunaan kosmetik perlu diperhatikan dengan lebih teliti dan juga hathatihita. Sebelum membeli kosmetik periksalah terlebih dahulu kandungan dan juga tanggal kadaluarsanya, jangan hanya memilih merek dan juga harga tapi pilih yang sesuai agar tidak membahayakan kondisi bibir.

10. Kebiasaan Buruk


Source: picjumbo_com

Bibir hitam juga dapat terjadi karena sebuah kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan baik sengaja atau tidak. Salah satunya seperti menggigit – gigit bibir saat sedang gugup atau stres dan juga menjilatinya. Jika tak ingin memiliki bibir hitam, maka kurangilah kebiasaan buruk tersebut. Perawatan yang tepat juga dapat membuat warna bibir menjadi lebih sehat dan mengurangi warna gelap yang muncul. Misalnya dengan menggunakan pelembab bibir dan konsumsi makanan seimbang.

Kondisi bibir yang menghitam dapat membuat penampilan menjadi tidak sempurna sehingga kepercayaan diri menjadi berkurang. Pemilihan kosmetik yang sesuai serta konsumsi makanan yang seimbang akan membuat tampilan bibir lebih terawat. Karenanya rawatlah bibir dengan sebaik -baiknya.

Jaga cantikmu dengan sebaik-baiknya, ya. Ladies!

Loading...