Rindu Jajanan Pasar? Buat Sendiri di Rumah dengan 15 Resep Ini

By |2019-09-22T10:54:14+00:00September 22nd, 2019|Food, Lifestyle|

Source: Wow_Pho

Indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaan tidak lepas dari kebudayaan makanan yang juga meliputi berbagai jajanan pasar. Berawal dari ramai dijual di pasar, jajanan pasar tradisional memang selalu mampu membuat kita ingat akan Indonesia dan berbagai makanan enak yang dimilikinya. Walau begitu, di beberapa tempat pasar tidak lagi menjajakan berbagai jajanan pasar tradisional di masa kecil dulu. Rindu pada rasa nikmat jajanan pasar? Mari buat sendiri di rumah dengan 15 resep jajanan pasar berikut.

1. Kue Lapis

View this post on Instagram

LAPIS TEPUNG BERAS By @genikayu thx sudah @berbagiresep ngabisin stok2 yg ada dulu di lemari bahan2 kue, biasanya aku nyetok aja klo belanja bulanan biar gak bolak balik ke TBK nyari pas lg mau bikin apa, jd paling yg di cari bahan yg fresh2 aja ? ada sisa tepung beras, bingung di bikin apa nyobain bikin lapis beras ahh, aduhhh lumayan ya mesti kudu sabar ngukusin se layer2 nya ini ??? maafkan karna baru pertama bikin penampakan kurang rapi apalagi potongannya yg meletot sana meletot sini, hayati lelahhh ??? . . LAPIS TEPUNG BERAS source : ncc . Bahan: . 275 gr  tepung beras 100 gr  tepung sagu 300 gr gula pasir ( aku 250 gr ) 1 sdt garam 1,5 ltr santan 3 lbr daun pandan pasta mocca & pasta pandan secukupnya . cara buat : . – masak santan & daun pandan aduk2 sampai mendidih, sisihkan & dinginkan. – dalam wadah campur tepung beras, sagu, gulpas, garam,  sambil di tuangi santan, aduk uleni sampai rata & encer. – bagi adonan menjadi 3 bagian, coklat, hijau & putih. – panaskan kukusan, bungkus tutup nya pake serbet bersih. siapkan loyang uk 18x18x8 yg di oles tipis minyak & bagian bawah di alasi plastik. – tuang masing2 100 ml yg coklat kukus 7 menit, tuang lg yg hijau kukus lg 7 menit, tuang lg yg putih kukus lg 7 menit, lakukan sampai adonan habis, terakhir kukus 20 menit. – setelah matang angkat & biarkan dingin baru di potong2. #resepkuelapis #kuelapisberas #kuetradisional

A post shared by Resep cake & kue, desain cake (@cakedankue) on

Bahan :

Loading...
  • 275 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu
  • 300 gr gula pasir ( aku 250 gr )
  • 1,5 Liter santan
  • 1 sdt garam
  • 3 lbr daun pandan
  • pasta mocca & pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :

  • Masak santan & daun pandan aduk2 sampai mendidih, sisihkan & dinginkan
  • Campur tepung beras, sagu, gulpas, garam dalam wadah, sambil dituangi santan, aduk uleni sampai rata & encer.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian, coklat, hijau & putih.
  • Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih.
  • Siapkan loyang berukuran 18x18x8 oleskan tipis minyak & bagian bawah alasi dengan plastik.
  • Tuang masing-masing 100 ml adonan coklat, kukus , tunggu 7 menit
  • Tuang adonan hijau,  kukus lagi selama 7 menit
  • Tuang adonan putih, kukus lg 7 menit
  • Lakukan sampai adonan habis, terakhir kukus 20 menit.
  • Setelah matang angkat & biarkan dingin baru di potong2.

2. Ongol-Ongol

View this post on Instagram

@Regrann ☕?thank you dear☕? @boianoshz – Kenapaaaa.. Yg tradisional itu susah didapetinnya.. kenapaaaaa..?! Salah sendiri ngidam nya yg susah susah mulu.. hahahaa ??? – – Ini namanya ongol-ongol.. makanan khas jawa barat, dulu maa gampang dpt yg beginian, skrg susah nya kebangetan.. rasanya kenyal" manis.. adem di perut *dandikantong* *tapienggaademdiotot* hhuahaha ?? – – ONGOL-ONGOL BAHAN : – 250gr tepung sagu – 500ml air ⇧⇧ Campurkan, aduk rata. – 250gr gula aren – 3sdm gula pasir – sedikit garam – 2lbr daun pandan – 250ml air ⇧⇧ Campur kelima bahan, masak hingga gula larut. – ±150gr kelapa parut putih – 1/4sdt garam ⇧⇧ Campurkan, kukus ±10menit CARA MEMBUAT : – Dalam wajan, tuangkan campuran tepung sagu dan air, lalu tuang cairan gula aren sambil di saring, buang daun pandan nya. – Hidupkan api sedang cenderung kecil sambil trs diaduk" pakai spatula kayu. Kalau sudah mulai mengental, intensitas adukan lebih sering ya, biar ga gosong bawahnya. Masak sampai berubah warna. Tanda kematangan nya, warna adonan nya udh ga putih lg, sangat kental dan berat. – Tuang keatas wadah, ratakan dengan spatula karet/plastik lalu potong" dan gulingkan d atas kelapa yg sdh dikukus sblmnya. – Sajikan ? Source : Susan Mellyani (cookpad) #berbagiresep #belajarbaking #cakedankue #kulinerindonesia #jajananpasar #kuebasah #makanantradisional #instafood #foodgraphy #ukresep – #ri_kuebasah

A post shared by Resep indonesia ? (@resepindonesia) on

Bahan :

  • Bahan Tepung : 250gr tepung sagu, 500ml air. Campurkan, aduk rata.
  • Bahan Gula : 250gr gula aren, 3sdm gula pasir, sedikit garam, 2lbr daun pandan, 250ml air. Campur. Masak hingga gula larut.
  • Bahan Taburan kelapa : ±150gr kelapa parut putih, 1/4sdt garam. Campurkan, kukus ±10menit

Cara Membuat : 

  • Dalam wajan, tuangkan campuran tepung sagu dan air, lalu tuang cairan gula aren sambil di saring, buang daun pandan.
  • Hidupkan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk menggunakan spatula kayu.
  • Jika sudah mulai mengental, intensitas adukan lebih sering, sehingga bagian bawahnya tidak gosong.
  • Masak sampai berubah warna.
  • Tanda kematangan nya, warna adonan sudah tidak putih lagi, sangat kental dan berat.
  • Tuang keatas wadah, ratakan dengan spatula karet/plastik lalu potong-potong dan gulingkan di atas kelapa yg sdh dikukus sblmnya.  Sajikan

3. Bolu Kukus

Bahan :

  • 250 gr tepung segitiga
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt SP
  • 2 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • pewarna makanan
  • meises

Cara Membuat :

  • Masukkan semua bahan kecuali pewarna dan meises
  • Campurkan meggunakan mixer kecepatan tinggi selama 10 menit sampai adonan berjejak tidak encer
  • Bagi adonan menjadi tiga bagian , bagian paling banyak diberi pewarna merah,bagian paling sedikit diberi warna putih, sisanya diberi warna hijau
  • Masukkan adona ke piping bag,lalu panaskan kukusan (menggunakan api besar)
  • Masukkan paper cup bolu kukus
  • Tuang adonan merah 1/4 bagian, adonan putih ditengah2 lalu adonan hijau hingga menutupi permukaan
  • Tutup panci kukusan,kukus selama 15-20 menit

4. Klepon

Bahan : 

  • 250 gram tepung ketan
  • 6 lembar daun pandan suji, peras dan tambahkan air sekitar 100-150 ml
  • Garam secukupnya
  • 1/2 buah kelapa parut, taburi garam dan campur
  • Air mineral secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat :

  • Campur tepung ketan, air pandan, garam dan air mineral.
  • Untuk air mineral, masukkan sedikit demi sedikit sampai adonan dapat di pulung.
  • Bulatkan adonan klepon, kemudian beri gula merah di dalamnya dan bulatkan kembali.
  • Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan adonan yg telah diberi gula merah.
  • Jika klepon telah berada diatas, angkat dan taruh ke wadah yg telah berisi parutan kelapa.
  • Sajikan.

5. Putu Mayang

Bahan :

  • 250 gr tepung beras
  • 3 sdm gula putih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml santan dari satu butir kelapa
  • 100 gr tepung sagu
  • 1 sdm minyak untuk mengoles daun pisang
  • pewarna merah secukupnya
  • pewarna hijau secukupnya

Bahan saus (masak semua bahan sampai mendidih) :

  • 200 gr gula merah, disisir halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 mata nangka, potong-potong kecil

Cara Membuat :

  • Campur tepung beras, gula, garam, dan santan, aduk rata.
  • Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga menggumpal. Angkat.
  • Tambahkan tepung sagu, uleni hingga tercampur rata.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna merah, satu bagian diberi pewarna hijau, dan satu bagian dibiarkan putih. Tutup adonan agar tidak kering.
  • Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu mayang.
  • Tekan sambil ditampung di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak.
  • Kukus selama 20 menit sejak air mendidih. Angkat. Sajikan bersama sausnya.

 6. Nagasari

https://www.instagram.com/p/BKku4ZYgDZQ/?tagged=resepnagasari&hl=en

Bahan :

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 130 gram gula pasir
  • 700 ml air
  • 3 bungkus santan kara kemasan segitig
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 8 lembar daun pandan
  • 5 buah pisang kepok (potong-potong)
  • Secukupnya daun pisang yang sudah dijemur

Cara Membuat : 

  •  Campurkan 700 ml air dengan 3 bungkus kara lalu aduk rata.
  • Masak santan, gula, garam, vanili, dan daun pandan dengan api kecil sampai mendidih.
  • Matikan api lalu biarkan dingin suhu ruangan.
  • Masukkan tepung beras dan tepung sagu ke dalam larutan santan yang telah dingin. Aduk dengan whisk.
  • Tempatkan panci berisi adonan ke atas kompor, nyalakan api kecil.
  • Masak sambil terus diaduk dengan whisk sampai tidak ada yang bergerindil.
  • Aduk dengan sangat kuat sampai adonan halus. Bila adonan sudah halus, matikan api.
  • Ambil daun pisang yang telah dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, beri adonan di atasnya lalu tambahkan sepotong pisang.
  • Tindih dengan adonan lagi kemudian bungkus membentuk kotak. Lakukan sampai adonan habis.
  • Panaskan kukusan. Susun nagasari yang sudah dibungkus ke dalam kukusan.
  • Kukus selama 15 menit kemudian dinginkan suhu ruangan hingga mengencang.
  • Sajikan.

7. Kue Lupis

Bahan :

  • 250 gr Ketan Putih
  • 2 sdm air kapur sirih
  • daun pisang untuk membungkus
  • air untuk merebus
  • pasta pandan / air daun suji
  • kelapa parut muda yg sudah dikukus dan diberi sedikit garam

Bahan Kinca Gula :

  • 150 gr Gula merah
  •  2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt Vanili
  • 1 lbr daun pandan simpul
  •  200 ml air

Cara Membuat :

  • Cuci bersih ketan dan rendam selama 2 jam
  • Beri air kapur sirih dalam rendaman, kemudian tiriskan
  • Potong potog daun pisang.. masukkan ketan dalam daun dan bungkus berbentuk segitiga atau digulung panjang
  • Didihkan air, rebus lupis yg sudah dibungkus selam kurang lebih 2 jam. Angkat dan tiriskan.
  • Siapkan panci kecil, masukkan semua bahan saus, masak hingga menyusut dan kentalnya pas. Matikan api, kemudian saring agar tidak ada kotoran.
  • Buka lupis dari daun pisang, gulingkan dalam kelapa parut yg sudah dikukus.
  • Tata diatas piring saji.
  • Siram dengan saus Gula.

8. Lemper

Bahan :

  • 300gr beras ketan, rendam semalaman
  • 250ml santan
  • 3sdt garam
  • 1lbr daun salam
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan isi:

  • 500gr fillet dada ayam, rebus hingga matang, suwir halus.
  • 100ml air
  • 1lbr daun jeruk
  • 1btg sereh, geprek
  • Garam, gula, kaldu bubuk secukupnya
  • Bumbu halus:
  • 6btr bawang merah
  • 2siung bawang putih
  • 3btr kemiri
  • 1sdt ketumbar

Cara Membuat :

  • Rebus santan dan garam hingga mendidih.
  • Masukkan beras ketan dan daun salam ke rice cooker, tuangi santan mendidih, masak seperti masak nasi biasa hingga matang.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam suwir dan air, tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, daun jeruk dan sereh, masak hingga air habis dan kering.
  • Alasi loyang dengan plastik, pastikan plastik bisa diangkat nantinya (alasinya dilebihkan sampai ke luar ke atas loyang untuk bisa dipegang diangkat ke luar loyang)
  • Masukkan ketan ke dalam loyang, ratakan, isi dengan ayam suwir, lalu tumpuk lagi dengan ketan, ratakan lagi.
  • Angkat alas plastik keluarkan dari loyang, potong2 dengan pisau tajam yg sudah dioles minyak. Bungkus dengan daun pisang.

9. Lapis Singkong

View this post on Instagram

#lapissingkong#homemade#coba2#jadijuga ??

A post shared by mimi kang (@mimi_kang76) on

Bahan :

  • 1 kg singkong parut
  • 200 gr gula
  • 1 sdt vanili
  • 1 bks agar2 bening
  • 1 bks santan kara kecil
  • Pewarna merah hijau kuning

Cara Membuat :

  • Campur jadi satu bahan adonan, aduk rata, cicipi hingga manisnya terasa pas.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian, berikan pewarna untuk masing-masing adonan.
  • Siapkan loyang, oleskan dengan minyak agar tidak lengket.
  • Tuangkan satu warna adonan, kukus hingga 15 menit. Tuangkan lagi adonan selanjutnya dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah bagian terakhir adonan selesai dituang, kukus selama 30 menit.
  • Diamkan hingga dingin baru dipotong-potong.
  • Taburkan dengan parutan kelapa dan garam.

10. Onde-Onde

View this post on Instagram

Homemade Onde – Onde. Bahan kulit: -200 gr tepung ketan putih. -30 gr tepung beras. -70 gr gula halus. -1/4 sdt garam. -200 ml air hangat. -60 gr kentang kukus, haluskan. -50 gr biji wijen. Bahan isi: -150 gr kacang hijau kupas. -100 gr gula pasir. -2 lembar daun pandan. -1/2 sdt garam. -225 santan cair (65 ml santan kental + 160 ml air). Cara membuat: 1) bahan isi: rendam kacang hijau kupas selama 1 jam, lalu tiriskan airnya. kukus selama 25 menit. masukan kacang hijau yg sudah di kukus ke dalam blender dengan 1/2 bagian santan. setelah halus, nyalakan kompor. siapkan wajan, masukan kacang hijau yg sudah dihaluskan, sisa santan, gula pasir, garam & daun pandan. aduk terus sampai adonan mengering. lalu bentuk bola" dengan berat 25 gr. 2) bahan kulit: campur air hangat, gula pasir & garam. siapkan wadah, campur tepung ketan, tepung beras, kentang kukus & campurang air hangat. tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan sampai kalis. bentuk bola" dengan berat 35 gr. 3) pipihkan adonan kulit, letakan bahan isi di tengahnya lalu tutup & bentuk bola". 4) balurkan ke wadah yang berisi biji wijen sampai merata ke seluruh adonan. 5) panaskan kompor dengan api kecil, tunggu sampai minyak sedikit panas lalu masukan adonan, goreng sampai berwarna kecoklatan sambil terus diaduk supaya matang merata. tiriskan. #ondeonde #sesameball #kuetradisional #traditionalsnack #indonesiansnack #resepondeonde #caramembuatondeonde #resepmasakan #indonesianfood #asianfood

A post shared by Eka ABS (@eka_abs) on

Bahan kulit:

  • 200 gr tepung ketan putih.
  • 30 gr tepung beras.
  • 70 gr gula halus.
  • 1/4 sdt garam.
  • 200 ml air hangat.
  • 60 gr kentang kukus, haluskan.
  • 50 gr biji wijen.

Bahan isi:

  • 150 gr kacang hijau kupas.
  • 100 gr gula pasir.
  • 2 lembar daun pandan.
  • 1/2 sdt garam.
  • 225 santan cair (65 ml santan kental + 160 ml air).

Cara Membuat :

  • Bahan isi: rendam kacang hijau kupas selama 1 jam, lalu tiriskan airnya. Kukus selama 25 menit, masukkan kacang hijau yang sudah di kukus ke dalam blender dengan 1/2 bagian santan. Setelah halus, nyalakan kompor. Siapkan wajan, masukkan kacang hijau yg sudah dihaluskan, sisa santan, gula pasir, garam & daun pandan. Aduk terus sampai adonan mengering. lalu bentuk bola-bola dengan berat 25 gr.
  • Bahan kulit: campur air hangat, gula pasir & garam. Siapkan wadah, campur tepung ketan, tepung beras, kentang kukus & campurang air hangat. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan sampai kalis. Bentuk bola” dengan berat 35 gr.
  • Pipihkan adonan kulit, letakkan bahan isi di tengahnya lalu tutup dan bentuk bola.
  • Balurkan ke wadah yang berisi biji wijen sampai merata ke seluruh adonan.
  • Panaskan kompor dengan api kecil, tunggu sampai minyak sedikit panas lalu masukan adonan, goreng sampai berwarna kecoklatan sambil terus diaduk supaya matang merata. Tiriskan.  

11. Kue Lumpang

Bahan :

  • 100gr tepung sagung
  • 25gr tepung beras
  • 200ml santan
  • 2 lembar daun pandan, simpul
  • 1/2 sdt garam
  • 120 gr gula pasir
  • 5 sdm air endapan pandan

Topping :
1/4 buah kelapa parut, kukus 10 menit, beri garam sedikit.

Cara membuat :

  • Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api, diamkan hingga suhu menjadi lebih hangat.
  • Campur semua bahan, aduk dengan whisker hingga gula larut. Saring adonan. Buang buihnya supaya hasil kue mulus. Masukkan adonan dalam cucing bersemir minyak tipis saja. Isi sampai hampir penuh.
  • Panaskan steamer. Bungkuslah tutup steamer dengan serbet bersih supaya uap air tidak menetes ke adonan.
  • Setelah uap banyak, buat api menjadi sedang, masukkan cucing berisi adonan. Kukus selama 15 menit.
  • Keluarkan kue dari cucing, sajikan dengan topping kelapa parut.

12. Kue Talam

Bahan A :

  • 200 gr ubi ungu kukus, dihaluskan
  • 70 gr tepung sagu
  •  30 gr tepung beras
  • 100 gr gula pasir
  •  170 ml santan
  • 1/2 sdt garam

Bahan B :

  • 175 ml santan kental
  • 30 gr tepung beras
  • 15 gr tepung kanji / tapioka
  • 3/4 sdt garam

Cara membuat :

  • Panaskan kukusan dengan api sedang.
  • Bahan A : aduk semua bahan A hingga lembut, Saring. Tuang ke cetakan kue mangkuk yang sudah dioles minyak sayur hingga 3/4 tinggi cetakan. Kukus 10 menit.
  • Bahan B : campur semua bahan, tuangkan ke atas lapisan bahan A hingga penuh.
  • Kukus lagi 10 menit atau hingga matang.

13. Semar Mendem

Bahan:

  • 500gr ketan, rendam 3jam
  • 300cc santan kental
  • 1/2sdt garam
  • daun pandan, daun salam, sereh

Bahan kulit:

  • 200gr terigu
  • 5butir telur
  • 350cc santan sedang
  • 1/2sdt garam

Cara Membuat :

  • Kukus ketan kurang lebih 15 menit.
  • Sambil menunggu, rebus santan, garam, daun pandan, daun salam dan sereh sampai mendidih.
  • Masukkan ketan panas yag baru dikukus. Aduk-aduk rata sampai santan meresap kedalam ketan.
  • Kukus lagi kira-kira 20-25menit (sampai tanak)
  • angkat ketan, cetak, beri isian ( pakai abon ayam)
  • Aduk semua bahan kulit jadi satu. Dadar tipis-tipis. Siap dibungkus ke ketan yg sidah dicetak, cara bungkusnya mirip buat risoles

14. Kueku Ubi

Bahan kulit :

  • 250 gr tepung ketan
  • 100 gr ubi, kukus & haluskan
  • 70 gr gula halus
  • 200 ml santan hangat
  • 1/4 sdt garam
  • pasta/pewarna makanan

Bahan isian :

  • 250 gr kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam, kukus & haluskan
  • 125 gr gula pasir
  • 250 ml santan
  • 1/2 sdt garam & 2 lbr daun pandan
  • Cara : masukan semua bahan jd satu masak sampai mengental dan bisa dipulung

Cara membuat:

  • Kulit : Campur dan aduk rata tepung ketan, ubi, gula halus
  • Masukan santan sedikit-sedikit, beri pewarna, uleni hingga kalis dan bisa di pulung.
  • Bentuk adonan menjadi bola kecil, pipihkan beri isian lalu bulatkan
  • Masukan ke dalam cetakan yg sudah ditaburi dgn tepung ketan
  • Tekan2 hingga rata, tata diatas sehelai daun yg sdh dioles minyak, kukus selama -/+ 10 menit ( kukusan sudah dipanaskan )

15. Pie Susu

View this post on Instagram

PIE SUSU aka EGG TART . Sejak balik ke rumah dan wlpn sudah beraktivitas seperti biasa.. nyiapin sarapan, nyiapin bekel koko sekolah n papa ngantor.. pikiran masih di gombong, rasa kehilangan itu belum bisa sembuh total. Tapi disisi lain kepikiran si koko, karna gak punya cemilan buat nyediain koko kalo pas laper pengen nyemil.. alhasil bikin pie susu aja karena inget koko doyan banget sama cemilan satu ini.. Untuk resep pie bisa liat n cari di blog ya.. www.elrecipy.com. resep pie ini jadi resep andalan aku krn rasanya udah pas. Terus untuk resep adonan susunya aku nurut di resepnya mbak @rickeordinary yang aku rasa juga pas, gak kemanisan plus mudah beibehh… Untuk pie nya bisa dipanggang sebentar sebelum dikasi adonan susu biar agak keras atau langsung dipanggang bareng sama adonan susunya juga oke.. . Resep susu: Aku buat setengah resepnya. – setengah kaleng SKM kira2 150ml – 200 gr air matang – 15 gr tepung maizena larutkan dg sedikit air (resep asli pake tepung custard) – 4 kuning telur – 1/2 sdt vanila pasta . Cara buat: Aduk rata smua bahan, lalu tuang di mangkok pie. Panggang suhu 160'C sampai kekuningan. Jangan memanggang dg suhu terlalu panas ya.. nanti tengahnya bisa mengwmbung bila dikeluarkan terus kempes cekung, jadi ga cantik lagi deh.. Untuk pie susu ini aku kasi taburan keju parut sebelum masuk oven..makannya keliatan guratan2 yah, gak mulus..✌? . . #resep #elrecipy #resepelrecipy #reseppiesusu #piesusu #eggtart #shareresep #doyanbaking #happybaking #resepku_yummy #resepkue #jualancakebsd #bsd #serpong #madebyorder #homebaking #homebaked #dailyfresh

A post shared by ELrecipy??? (@elrecipy) on

Bahan :

  • 150 g Mentega/ margarin
  • 2 sdm Gula halus
  • 2 kuning telur
  • 250 g terigu

Bahan filling: 

  • Setengah kaleng susu kental manis
  • 150 ml air
  • 3 kuning telur kocok lepas
  • 1/2 sdt vanili
  • Setetes warna kuning
  • Campur bahan diatas lalu saring
  • Tuang filling ke dalam adonan kulit pie panggang dalam suhu 160c krang lebih 60 mnt sampai kulit pie kekuningan

Cara membuat : 

  • Campur bahan jadi satu hingga adoan bebutir dan sampai tercampur rata
  • Padatkan sampai dapat dipulung, cetak dalam cetakan pie yang sebelumnya dioles minyak/ margarin
  • Tusuk2 dengan menggunakan garpu

Demikianlah 15 macam resep jajanan pasar nusantara yang tidak pernah ada matinya. Berani mencoba sendiri di rumah? Mari buktikan!

Loading...