Pulau ‘Surga’ di Indonesia yang Belum Banyak Dijamah Wisatawan

By |2019-06-19T10:09:40+00:00June 10th, 2019|Trip and Travel|

Photo by Travel Channel

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di berbagai daerah. Sudah tidak heran kalau Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa apik. Saking banyaknya pulau-pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, tak sedikit pulau cantik ini belum banyak dijamah oleh turis lokal maupun mancanegara. Keindahan pulau tersembunyi tersebut tak kalah dari luar negeri lho. Pastinya kalau kamu melihat pulau-pulau ini akan tertarik untuk berkunjung ke sana. Yuk kepoin 6 Pulau ‘Surga’ berikut ini yang belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Pulau Kei

Kepulauan Kei merupakan salah satu sebuah pulau surga tersembunyi di Kabupaten Maluku Tenggara. Pulau Surga yang satu ini memiliki potensi destinasi wisata yang keren banget. Kalau kamu berkunjung ke Pulau Kei banyak keindahan alam yang bisa kamu temui, mulai dari gua, pantai hingga bukit.

Loading...

Kalau beruntung kamu juga bisa melihat burung pelikan yang sedang migrasi dari Maluku menuju Australia dan Papua Nugini secara langsung dan lebih dekat di Pantai Ngurtavur. Saat laut sedang surut kamu juga bisa berjalan di tengah-tengah pasir timbul yang muncul. Selain itu, kamu juga bisa wisata sejarah dengan melihat peninggalan purbakala saat zaman Megalitikum. Kabarnya di Pulau Kei terdapat Gua bernama Luvat yang didalamnya terdapat lukisan di dinding seperti matahari, panah, perahu dan hewan.

Pulau Natuna

Pulau Natuna merupakan kepulauan terluar di bagian utara Indonesia yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Pulau Natuna sendiri termasuk ke dalam area provinsi Kepulauan Riau. Sesuai dengan namanya Natuna yang diambil dari bahasa belanda yaitu Natunae, berarti alami. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah di Natuna.

Berkunjung ke Pulau Natuna kamu wajib mampir ke Alif Stone Park yang merupakan ikon Kota Natuna yang terletak tidak jauh dari Kota Ranai. Untuk menempuh Alif Stone Park ini kamu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari Kota Ranai menuju Desa Sepempang. Kamu bisa melihat pemandangan batu-batu granit besar yang indah di sepanjang pantai. Kamu juga bisa berenang di sekitar batu granit tersebut.

 

Pulau Buton

Pulau Buton yang terkenal dengan produksi aspalnya ini memiliki pesona tersendiri yang tak kalah saing dari pulau-pulau lainnya. Pulau Buton sendiri terletak di Sulawesi Tenggara dengan tiga kabupaten besar salah satunya Kabupaten Buton.

Di kawasan Pulau Buton ini terdapat beberapa pilihan tempat wisata alam yang bisa kamu nikmati. Mulai dari pemandangan pantai dengan pasir putih yang bersih, gua yang memiliki bentuk unik, air terjun, bukit yang belum banyak dijamah dan gedung-gedung bersejarah seperti Keraton Kerajaan Buton.

 

Pulau Padar

View this post on Instagram

Just back from an awesome three day boat trip around the Komodo islands with @travass.life. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Days were filled with hikes on some of the coolest islands I've ever seen. Snorkeling with giant Manta rays, sharks and turtles. Seeing a few of the Komodo Dragons, with a little bit of relaxing in between. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Definitely one of the best trips I've been on, and managed to get quite a few cool photos over the last few days. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ This was taken on a pink sand beach we had all to ourselves on Padar Island. And probably one of my favourite dome shots so far. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Highly recommend visiting the Komodo's soon if you haven't been already. Although some places were fairly busy (though we were pretty lucky finding some places to ourselves), Labuan Bajo seems to be getting a bit more developed, so the islands will likely only get busier. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Anyone already been to the Komodo Islands? ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #goprooftheday #gopro_boss #uniladadventure #voyaged #wonderful_places #surroundmewithwater #travasslife #komodo #padarisland #jordhammondsundays #EarthCapture #earthpix #earthfocus #polarpro #godome #underover #passionpassport #theglobewanderer #TLpicks #roamtheplanet #travelstoke #instatravel #discoverindonesia #lensbible #beautifuldestinations #artofvisuals #wonderfulIndonesia #visualsoflife #visitindonesia #nakedplanet @indtravel

A post shared by Christopher Waddell | Travel (@cwaddell88) on

Kalau NTT terkenal dengan Pulau Komodo, mungkin keberadaan Pulau Padar tidak se-terkenal Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca, namun keindahan Pulau Padar tidak kalah cantiknya dengan kedua pulau tersebut lho. Pulau Padar sendiri merupakan pulau terbesar setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, namun pulau ini tidak dihuni binatang Komodo. Untuk bisa sampai  ke Pulau Padar ini kamu perlu nahkoda kapal dan guide yang berpengalaman, hal ini akan memudahkan kamu menyusuri jalan setapak dengan hamparan rumput.

View this post on Instagram

I'd been wanting to visit Padar island for a few years now, after first started to pop up on my Instagram feed. An island that looks like it came syltraight out of a video game; with pink, black and white sand beaches. And it certainly didn't dissapoint (although I'd have loved to have been up the top slightly earlier before sunrise). ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ After a slightly hot and rushed walk up to the top, watching the sunrise on the walk up. I finally got the view I'd seen so many photos of before, and it's just as epic in person. The only slight downside was the buzzing from all the drones (and I have admit mine was included in that – though tried to keep it at an acceptable distance out of earshot). ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Unfortunately I didn't pack my wide angle lens this trip – so processing the panoramic photos will take a while to get the full view of the whole island. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ So for now here's a shot from a viewpoint that we had all to ourselves without the crowds of people. And probably just a good a viewpoint (plus easy and quick to get to) as the hike up to the top. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #canon #canonphotos @canonuk #travass.life #wonderlust_indo #wonderfulindonesia #pulaupadar #komodonationalpark @indtravel #earthpix #exploreindonesia #discoverindonesia #visitindonesia #sailingkomodo #pesonaindonesia #lensbible #uniladadventure #voyaged #wonderful_places #beautifuldestinations #artofvisuals #indonesiantraveler #visualsoflife #lensbible #pesonaindonesiaofficial #indotravellers #passionpassport #theglobewanderer #TLpicks #roamtheplanet #travelstoke #jordhammondsundays @indotravellers.co @indonesiantraveler_ @pesonaid_travel

A post shared by Christopher Waddell | Travel (@cwaddell88) on

Pulau Padar hanya ditumbuhi rumput tanpa adanya pepohonan yang besar. Jadi untuk ke pulau Padar sebaiknya pagi hari atau sore hari biar terik matahari nggak terasa membakar kulit. Dari puncak bukit Pulau Padar kamu bisa menyaksikan keindahan lautan dari pulau-pulau kecil sekitar Pulau Padar dan bermain di pantai dengan pasir putih yang meliuk-liuk dengan ombak putih sebagai bingkai akan membuat kita berdecak kagum.

 

Pulau Labengki

Pulau Labengki merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang menarik perhatian traveler. Kecantikan pulau tersembunyi milik Sulawesi Tenggara ini konon banyak yang beranggapan mirip Raja Ampat. Tak sedikit orang yang mulai menyebut Pulau Labengki sebagai Raja Ampatnya Sulawesi.

Pulau Labengki memiliki teluk cinta sama seperti yang terdapat di Raja Ampat. Dinamakan teluk cinta karena bentuknya yang berbentuk hati jika dilihat dari atas bukit. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan belum banyak dijamah wisatawan. Kamu juga bisa lho mancing di area Pulau Labengki yang notabene memiliki ikan dengan ukuran yang besar.

Pulau Morotai

Pulau Morotai terletak di Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia bagian timur. Memiliki keindahan laut yang alami, bersih dan tak banyak dijamah oleh wisatawan menjadikan Pulau Morotai dinobatkan sebagai Maldivesnya Indonesia oleh para pelancong.

Tak kalah dari Maldives, Pulau Morotai ini juga memiliki spot bagus untuk snorkeling dan scuba diving. Tak hanya itu, ternyata di Kabupaten yang berada di provinsi Maluku Utara ini memiliki sejarah tentang Perang Dunia II. Bahkan di Pulau Morotai terdapat Museum Perang Dunia II yang berisi artefak sisa Perang Dunia II seperti meriam artileri, bangkai kapal perang dan sebagainya.

 

Itulah beberapa pulau ‘surga’ yang terdapat di Indonesia yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Yuk rencanakan liburanmu untuk mengunjungi keindahan alam ini. Mana yang menjadi favoritmu?

 

Loading...