Penyebab Komedo Hitam ‘Blackhead’ dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

By |2019-07-08T09:51:30+00:00July 5th, 2019|Beauty|

Photo by healthline

Salah satu permasalahan kulit wajah yang sering muncul selain jerawat adalah komedo. Munculnya komedo di wajah pasti sangat mengganggu dan bikin sebal. Komedo bisa hinggap di wajah perempuan maupun laki-laki. Biasanya, komedo muncul di hidung, kantung mata dan lekukan dagu. Tapi jangan salah, komedo ini bisa juga tumbuh di bagian tubuh selain wajah seperti punggung atau leher.

Ada dua jenis komedo yang kita tahu yaitu komedo hitam ‘blackhead’ dan juga komedo putih atau ‘whitehead’. Perbedaan antara komedo putih dan hitam secara umum yaitu komedo putih merupakan komedo tertutup, sedangkan komedo hitam merupakan komedo tertutup yang biasanya lebih membandel. Apakah penyebab komedo hitam dan bagaimana cara menghilangkannya? Check this out!

Loading...

Penyebab Komedo Hitam

Komedo hitam atau ‘blackhead’ terjadi karena adanya penyumbatan sebum (minyak) dan sel-sel kulit mati yang telah mengeras. Dari luar akan tampak menonjol dan berwarna gelap karena paparan udara. Mengapa disebut komedo terbuka? Hal ini karena kulit di atas benjolannya telah terbuka. Ada banyak beberapa faktor yang memicu adanya komedo hitam, diantaranya adalah:

1. Banyak Mengeluarkan Keringat

Photo by un-perfekt

Minyak berlebihan pada kulit dapat berimbas pada masalah kulit seperti kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Komedo sendiri adalah jerawat ringan yang bisa timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak. Produksi minyak atau keringat yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan tersumbatnya pori-pori.

 

2. Iritasi

Selain karena minyak, komedo juga dapat timbul akibat adanya iritasi pada folikel rambut. Iritasi ini bisa ditimbulkan karena beberapa hal seperti berendam dalam bak air panas yang tidak bersih, mengenakan pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat.

 

3. Adanya Penumpukan Bakteri

Photo by Recuperatery

Propionibacterium Acnes adalah mikroba kecil yang hidup pada area pori-pori kulit yang berminyak. Bakteri ini menyerang sistem imunitas yang bisa menyebabkanya kulit kemerahan, bengkak kecil, komedo hingga yang membentuk jerawat di kulit.

 

4. Perubahan Hormon

Photo by hellosehat

Adanya perubahan hormonal ini bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak atau keringat. Perubahan hormon bisa terjadi selama masa remaja, selama menstruasi, atau saat mengonsumsi pil KB.

 

5. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Photo by qimono

Terkadang ada beberapa obat-obatan yang berefek samping pada timbulnya jerawat dan komedo. Untuk itu kamu harus berhati-hati dan memahami apa saja reaksi obat yang terjadi di tubuhmu. Obat-obatan yang memungkinkan timbulnya komedo seperti kortikosteroid, lithium, atau androgen.

 

Cara Mengatasi Komedo Hitam

Menghilangkan komedo secara permanen memang sulit. Walaupun komedo hitam ini sangat menyebalkan, jangan ambil tindakan yang sembarangan ketika kamu coba menghilangkannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo hitam.

1. Putih Telur

Photo by 1195798

Selama ini putih telur banyak dikenal sebagai bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat. Tapi ternyata selain untuk mengatasi jerawat, putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo hitam lho. Penasaran bagaimana cara memanfaatkannya? Kamu hanya membutuhkan satu butir telur saja dan ambil bagian putih telurnya. Oleskan putih telur pada bagian wajah yang berkomedo hingga merata, kemudian diamkan selama 10 – 15 menit agar meresap pada wajah. Setelah itu, kamu bisa mencuci wajah hingga bersih. Perawatan ini cukup kamu lakukan sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

2. Air Hangat

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan komedo hitam yaitu dengan air hangat. Selain mudah, cara ini juga tidak memerlukan bahan yang harus kamu beli! Air hangat dapat membuka pori-pori kulit kamu sehingga kotoran yang menumpuk dapat keluar dengan sendirinya.

Cara membuat:

  • Masak air dan masukkan dalam wadah
  • Kemudian hadapkan wajah pada wadah
  • Biarkan uap air panas membuka pori-pori Anda

 

3. Perasan Lemon + Gula Pasir + Madu

Photos by  Jaro_N, 955169, Stocksnap

Walaupun memerlukan bahan yang agak banyak, tapi kamu dapat mudah menemukan ketiga bahan ini dengan nudah. Khasiat lemon, gula pasir, dan madu yang dipadukan ini juga ternyata bisa menghilangkan komedo. Bukan hanya sebagai cara membersihkan komedo saja, cara ini juga mampu mengontrol minyak berlebih di wajah lho!

Cara membuat:

  • Campurkan perasan lemon, satu sendok gula pasir, dan satu sendok madu
  • Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo
  • Pijit secara perlahan dengan araah melingkar
  • Diamkan 5-10 menit, dan bersihkan dengan kain basah
  • Lakukan setiap 1-2 kali seminggu agar hasilnya maksimal

 

4. Scrub Kopi dan Gula

Photo by Alexas_Photos and ulleo

Kopi yang biasa kita minum ini jika dipadukan dengan gula dapat menghilangkan komedo hitam kamu secara alami. Kedua bahan ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga wajahmu bisa menjadi bersih dari komedo hitam.

Cara membuat:

  • Bersihkan wajah
  • Buat pasta dari 2 sendok makan bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air
  • Tambahkan 1 sdm gula pasir
  • Gosokkan scrub dengan menggosok wajah secara perlahan selama 1 menit

 

5. Masker Pepaya

Photo by stevepb

Buah pepaya yang biasa kita makan ini memang terkenal memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah untuk menghilangkan komedo hitam secara alami. Kamu bisa membuat masker pepaya sendiri di rumah dengan mudah.

Cara membuat:

  • Potong pepaya tersebut menjadi beberapa bagian
  • Hancurkan atau blender hingga halus dan menyerupai masker
  • Oleskan masker pada bagian wajah yang memiliki komedo hitam
  • Diamkan selama 10 – 15 menit dan bilas
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari, yaitu saat bangun pagi dan sebelum tidur

Komedo hitam yang mengganggu ini harus ditangani dengan baik. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan rutin menjaga kebersihan kulit wajahmu agar terhindar dari komedo hitam. Semoga bermanfaat!

Loading...