Penting! 10 Makanan Rendah Lemak Ini Harus Ada dalam Menu Dietmu!

By |2018-11-19T18:52:26+00:00November 19th, 2018|Food, Health|


Source: Pixel2013

Diet bukan berarti tak boleh makan apa-apa, hanya saja kita harus lebih bisa menjaga dan mengatur makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Banyak ahli nutrisi yang menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat (LDL). Hal ini karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut diketahui dapat menimbulkan berbagai macam resiko buruk terhadap kesehatan.

Lemak sendiri ada dua jenis yakni HDL sering dikenal dengan lemak baik, dan LDL atau lemak jahat. Bukan berarti lemak tak boleh dikonsumsi namun kita haru pandai memilih makanan rendah lemak jahat dan tinggi kandungan lemak baiknya. Sebagaimana berikut beberapa makanan rendah lemak yang bagus untuk diet sehatmu:

Loading...

 1. Nasi Beras Merah

Red RiceSource: whologwhy

Nasi yang terbuat dari beras merah ini memiliki kandungan serat dan juga vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu makanan rendah lemak ini baik untuk menjaga berat badan, karena kandungan karbohidrat kompleks didalamnya membantu perut merasa kenyang lebih yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ini mengapa banyak ahli nutrisi yang meyarankan untuk mengkonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih.

 2. Dada Ayam

Chicken BreastSource: vargazs

Mengkonsumsi protein memang sangat penting untuk keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Namun demikian alangkah lebih baik lagi memilih protein dari makanan rendah lemak misalnya dada ayam. Kandungan protein dalam daging ayam bagian dada diketahui lebih tinggi juga minim kandungan lemak dibanding daging ayam bagian lainnya. Karenanya makanan rendah lemak ini cocok dijadikan sebagai sumber protein untuk konsumsi keluarga.

3. Ikan Salmon

SalmonSource: qq53536283

Makanan rendah lemak lainnya bisa kita dapatkan pada daging ikan-ikanan, terutama pada ikan salmon, bukan berarti tak memiliki lemak. Namun yang terkandung didalam ikan tersebut adalah lemak esensial (Omega-3) yang baik untuk tubuh terutama untuk membentu perkembangan otak pada anak. Selain lemak omega-3, didalam makanan rendah lemak tersebut juga tinggi kandungan protein serta vitamin lainnya yang tentunya sangat diperlukan dalam menjaga fungsi penting organ-organ vital dalam tubuh .

 4. Wortel dan Brokoli


Source: ImagesBG

Konsumsi yang seimbang dapat membantu pemenuhan kebutuhan tubuh menjadi lebih maksimal. Sayuran yang berwarna kontras ini bila dimasak bersamaan akan menghasilkan warna kontras yang bisa membuat tampilan makanan rendah lemak menjadi lebih cantikdan menarik sekaligus padat gizi. Hal ini karena nutrisi di kedua sayuran tersebut tergabung menjadi satu hidangan yang selain menyehatkan juga dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas.

 5. Alpukat


Source: Pexels

Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah yang memiliki warna hijau ini, seperti vitamin A, B dan C serta kaya megnesium dan kalsium yang baik untuk mendukung pertunbuhan tulang. Meski buah ini mengandung lemak, namun masih termasuk makanan rendah lemak. Sebab lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini ialah lemak tak jenuh yang baik untuk meningkatkan HDL dalam darah. Namun Bukan berarti kita boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan rendah lemak ini, karena konsumsi seimbang adalah cara terbaik untuk melindungi tubuh.

 6. Tauge Alfalfa


Source: Miroro

Sayuran yang terbilang masih baru di Indonesia ini, memiliki manfaat yang sangat banyak. Ini karena sayuran yang seringkali di buat menjadi pelengkap salad juga dibuat jus ini memiliki kandungan mineral esensial yang melimpah. Kandungan saponin dalam tauge alfalfa mampu mengurangi penumpukan lemak di pembuluh darah karena LDL dalam darah yang tinggi. Karenanya sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sehat makanan rendah lemak, yang baik untuk menyehatkan kinerja jantung.

 7. Minyak Zaitun


Source: Stevepb

Bagi pecinta makanan yang digoreng, rasanya akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut meski diketahui gorengan bukan makanan rendah lemak yang menyehatkan. Minyak zaitun bisa dipilih untuk mengolah makanan rendah lemak sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit yang sering digunakan. Minyak dari buah zaitun ini kaya antioksidan yang sangat baik dalam melindungi sel-sel dari kerusakan, sehingga regenerasi dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

 8. Yogurt


Source: Kamila211

Yogurt merupakan makanan rendah lemak yang dihasilkan dari olahan susu yang telah melalui proses fermentasi sebelumnya. Manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak ini begitu banyak karena selain menyehatkan tubuh juga mampu merawat kecantikan wajah. Kandungan kalsium didalamnya yang melimpah sangat baik untuk kesehatan tulang, karenanya sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk membantu pembentukan tulangnya lebih maksimal.

9. Oatmeal


Source: Pexels

Makanan yang berasal dari olahan gandum utuh ini disebut-sebut sebagai makanan super (Superfood), ini karena manfaatnya yang tak main-main untuk tubuh. Dikatakan sebagai makanan rendah lemak karena oatmeal sendiri lebih tinggi kandungan lemak baiknya yang sangat cocok untuk diet bagi penderita diabetes karena dapat membantu.produksi insulin dalam darah sehingga membuat kadar gula menjadi lebih stabil. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam oatmeal juga membuatnya sangat baik dalam menjaga sisten pencernaan.

10. Asparagus


Source: RitaE

Sayuran yang dimanfaatkan rebungnya ini seringkali dijadikan sebagai menu diet sehat. Sebab asparagus lebih kaya vitamin dan mineral serta sangat sedikit kandungan lemaknya. Kandungan antioksidan di dalam sayuran ini cukup berlimpah dengan kandungan kalori yang cukup rendah. Manfaat lain dari makanan rendah lemak ini ialah sifat diuretik yang dimilikinya mampu menjaga kesehatan organ ginjal serta mengatasi infeksi saluran kemih yang menggangu.

Makan memang kebutuhan utama untuk membuat tubuh tetap bekerja dengan baik. Namun memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih penting sebagai cara alami dalam menjaga kesehatan. Sebab seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Jadi lebih baik berjaga-jaga dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak sebelum penyakit menyerang karena konsumsi makanan yang tidak tepat.

Stay healthy and keep moving, Ladies!

Loading...