Para Orang Tua, Kenali 7 Penyebab Bayi Menangis Saat Tidur ini

By |2019-07-09T17:44:50+00:00July 9th, 2019|Family|

Photo by Pixabay

Ketika anak berhasil tertidur, tentunya ada rasa tenang tersendiri bagi para orang tua, khusunya ibu. Tapi seringkali si kecil terbangun saat sedang pulas tertidur karena alasan tertentu. Hal ini terkadang membuat para orang tua kerap bertanya-tanya apa alasan bayi terbangun saat tidur. Sebagai orang tua, kita harus dapat memahami alasan sang buah hati ini menangis dan terbangun saat tidurnya, agar bisa tahu tindakan apa yang harus dilakukan. Bagi orang tua muda, tak usahlah panik. Berikut ini 7 penyebab bayi menangis saat tidur yang harus kamu pahami.

1. Kelelahan

Photo by kelvin octa

Loading...

Sering kali bayi merasa kelelahan, terlebih ketika para orang tua habis mengajaknya berpergian. Ketika di perjalanan, mungkin saja anggota tubuh berada dalam posisi yang kurang tepat sehingga bayi merasa ada sesuatu yang salah dengan tubuhnya. Hal ini terkadang membuat si kecil terbangun saat tidur dan menangis sebagai tanda ketidaknyamanannya.

 

2. Haus atau Lapar

Photo by Irina Murza

Biasanya bayi akan otomatis terbangun dan menangis ketika dirinya merasa lapar atau haus ketika tidur. Untuk itu, sebaiknya orang tua senantiasa bergantian untuk menjaga bayi ketika ia tertidur. Ibu bisa berjaga-jaga untuk menyiapkan ASI jika ingin bergantian berjaga dengan ayah.

 

3. Mimpi Buruk

Photo by Brytny.com

Banyak yang bertanya, “apakah bayi bisa bermimpi?”. Ya, bayi yang sudah berusia 4 bulan telah memiliki beberapa kesamaan dengan manusia dewasa, salah satunya yaitu merasakan mimpi buruk. Biasanya, mimpi buruk yang dialami bayi berkaitan dengan hal yang membuatnya kecewa, semisal melihat ibunya pergi dan lain sebagainya. Mimpi buruk pada bayi juga bisa jadi karena adanya trauma atau rasa takut yang pernah dialaminya sebelumnya.

 

4. Kepanasan atau Kedinginan

Photo by Tim Bish

Terkadang suhu tempat dimana ia tidur tidak sesuai atau tidak biasa dengan suhu biasanya. Hal ini terkadang membuat bayi terbangun karena tubuhnya merasa tidak nyaman. Bisa saja bayi merasa kedinginan atau bahkan kepanasan ketika tidur sehingga ia terbangun dan menangis.

 

5. Merasa Tertekan

Photo by Ba Phi

Jangan salah, bayi juga bisa merasakan apa yang kita rasakan, salah satunya merasa tertekan. Ketika menyusui, bayi akan merasa nyaman dalam dekapan ibu sembari mendengar detak jantung ibunya yang teratur. Sedikit perubahan pada iraman detak jantung  kita akan membuatnya gelisah, sampai terbawa dalam tidurnya. Selain itu, rasa tertekan pada bayi juga bisa saja disebabkan karena hal yang membuatnya kaget.

 

6. Digigit Serangga

Sama seperti orang dewasa, bayi pun pasti akan merasa tidak nyaman dan terbangun dari tidur kalau digigit serangga. Untuk menunjukan kekesalannya, seringkali bayi terbangun dan menangis. Bagi para orang tua, sebaiknya jaga lah kebersihan tempat tidur bayi dan jagalah ia dari gigitan nyamuk.

 

7. Night Terror

Photo by Tara Raye

Night terror berbeda dengan mimpi buruk, seorang yang mengalami night terror tidak mampu mengingat kembali apa yang telah dia lakukan saat tidur. Night terror juga biasa dikenal dengan istilah ‘ngelindur’. Hal ini dapat terjadi karena ada sistem saraf pusat yang mengatur aktivitas otak tiba-tiba menjadi sangat aktif.

 

Itu dia 7 penyebab bayi menangis saat tertidur yang harus para orang tua pahami. Untuk itu, sebaiknya tidak perlu bingung atau panik lagi ya! Semoga bermanfaat.

Loading...