Mudik Sebentar Lagi, Ini Dia Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Mudik Asik!

By |2019-05-29T12:41:49+00:00May 28th, 2019|Knowledge|

Photo by Lauren Kay

Libur lebaran sebentar lagi tiba. Mudik menjadi salah satu kegiatan wajib di saat lebaran terutama bagi mereka yang merantau dan merindukan kampung halaman. Momen yang sangat dinantikan tentu berkumpul bersama keluarga di saat bulan Ramadan ini. Nah buat kamu yang akan mudik ke kampung halaman, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum pergi. Mulai dari persiapan meninggalkan rumah, hewan peliharaan hingga packing barang yang perlu disiapkan sebelum mudik. Biar semua baik-baik saja, aman terkendali dan tidak ada yang terlupakan saat kamu mudik, yuk perhatikan beberapa hal penting berikut ini!

 

Loading...

Kunci Pintu dan Jendela Hingga Rapat

Sebelum meninggalkan rumah dan mudik lebaran ke kampung halaman, pastikan kamu menutup dan mengunci pintu serta jendela hingga rapat. Hal ini karena pintu dan jendela adalah salah satu jalan utama masuknya pencuri. Selain itu, perlu diperhatikan juga sebaiknya kamu tidak meninggalkan kunci di tempat yang mudah dicari oleh pencuri seperti dibawah pot bunga, keset, tempat menaruh payung dan sebagainya.

 

Simpan Barang Berharga

Photo by dealicious

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan yaitu menyimpan semua barang berharga seperti perhiasan, surat-surat penting atau uang di tempat yang memiliki kunci misalnya laci kecil dalam lemari atau brankas (safety box). Jangan lupa untuk bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi kamu meninggalkan rumah.

 

Pastikan Air, Listrik dan Gas Dalam Keadaan Mati

Photo by olarts

Selain menutup dan mengunci dengan rapat pintu serta jendela rumah, kamu juga perlu memastikan untuk mematikan listrik dan gas sebelum pergi. Tak sedikit kasus rumah terbakar akibat korsleting listrik saat ditinggal mudik oleh sang pemilik. Pastikan kamu mencabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak ya. Jangan lupa untuk cabut selang gas yang masih terpasang, hal ini untuk menghindari kemungkinan selang bocor yang dapat menyebabkan kebakaran.

 

Menghindari Rumah Terlihat Kosong

Rumah yang terlihat kosong tentu dapat menarik perhatian pencuri. Oleh sebab itu, kamu perlu pintar mengecoh orang-orang jahat tersebut. Kamu bisa memasang lampu otomatis yang dapat diatur waktunya. Kamu bisa mengatur penggunaan lampu menyala di malam hari dan mati di pagi hari. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya rumah tidak terlihat kosong dan agar tidak menarik perhatian pada ‘tamu yang tidak diundang’ tersebut.

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan tentu mengalami dilema tersendiri. Membawanya ke kampung halaman tentu akan sangat merepotkan, ditambah jalanan yang macet dan jarak tempuh yang jauh bisa bikin hewan kesayangan jadi rewel. Salah satu jalan keluarnya mau tidak mau harus meninggalkannya di rumah atau dititipkan.

 

Menitipkan Hewan

Hewan yang ditinggalkan bisa kamu titipkan ke orang kepercayaanmu. Namun sebelum itu, pastikan kamu menyiapkan seluruh keperluan hewan peliharaanmu seperti makanan, tempat minum, sabun dan perawatan lainnya. Supaya tidak merepotkan orang yang kamu percaya, kamu harus memastikan kebutuhan hewan peliharaanmu terpenuhi. Kamu juga bisa bikin to do list bagaimana merawat dan menjaga hewan peliharaanmu kepada orang kepercayaanmu tersebut.

Kalau kamu tidak memiliki orang yang dipercaya untuk merawat hewan peliharaanmu selagi kamu mudik. Kamu bisa memilih tempat penitipan hewan sebagai solusinya. Pilihlah tempat penitipan yang berkualitas demi keselamatan hewan kesayanganmu. Pastikan tempat penitipan hewan tersebut memiliki standar operasional yang memenuhi seluruh kebutuhan hewan peliharaanmu. Pastikan juga tersedia ruang yang cukup, agar hewan kesayanganmu tidak selalu dikandangi dan bisa tetap bermain.

Kemudian, hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu pergi mudik adalah kondisi kesehatannya. Pastikan kondisinya sehat sebelum kamu pergi dan saat kamu kembali pastikan hewan peliharaanmu sehat serta tidak kekurangan suatu apa pun.

 

Menyesuaikan Jenis Transportasi

Photo by jeshoot.com

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam packing untuk mudik yaitu menyesuaikan jenis transportasi yang kamu gunakan saat mudik. Kalau kamu mudik dengan menggunakan mobil pribadi bukan berarti kamu bisa membawa barang seenaknya. Kelebihan muatan bisa berakibat fatal lho. Jika kamu menggunakan pesawat terbang, jangan lupa untuk memastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal, karena bila berlebih kamu bisa mendapatkan biaya tambahan.

 

Gunakan Tas yang Tepat

Poto by Dids

Pemilihan tas yang tepat akan sangat penting dalam cara packing saat mudik. Kamu harus menentukan tas manakah yang paling tepat untuk tujuan mudikmu, apakah tas besar seperti koper, tas carrier, tas jinjing, atau backpack? Kamu bisa pilih sesuai kebutuhanmu. Selain itu, pemilihan bahan tas juga wajib diperhatikan. Sebaiknya gunakan bahan tas yang kuat dan tahan dengan berbagai cuaca yang tidak menentu. Jangan sampai kamu membawa tas yang kebesaran atau kekecilan.

 

Bawa Barang Sesuai Jangka Waktu Mudik

Photo by Omar Roque

Kamu harus teliti dalam menghitung barang bawaan yang dibutuhkan dengan berapa lama kamu mudik dari berangkat hingga pulang kembali. Jangan sampai berlebihan dalam membawa barang dan sia-sia karena akhirnya barang tersebut tidak terpakai.

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan mulai dari persiapan meninggalkan rumah hingga cara packing yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa kamu jadikan inspirasi untuk mempersiapkan beberapa hal penting sebelum mudik ke kampung halaman.

Loading...