Mie Instan Biasa Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Ini Alternatifnya!

By |2019-09-16T10:39:26+00:00September 16th, 2019|Food, Health|

Photo by hellosehat

Mie instan merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena sifatnya yang praktis serta membuat sebagian orang ketagihan. Di balik lezatnya mengonsumsi mie instan, terdapat efek samping yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi secara sering. Hal ini karena makanan cepat saji ini mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan serta tidak dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bagi kamu yang menyukai mie instan, simak berikut ini efek samping apabila sering mengkonsumsinya, beserta alternatif solusinya.

Loading...

 

Efek Samping Mie Instan bagi Kesehatan

Lezat serta praktisnya mie instan terkadang membuat sebagian orang sering mengkonsumsinya, bahkan hingga setiap hari. Namun tahukah kamu bahwa terdapat efek samping bagi kesehatan tubuh apabila terlalu sering menikmati mie instan? Simak uraiannya berikut ini.

1. Tekanan Darah Tinggi

Photo by stevepb

Di dalam mie instan terkandung garam yang tidak sedikit. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2014, konsumsi natrium tinggi dapat meningkatkan risiko kematian. Kelebihan natrium ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kelebihan natrium ini juga dapat berdampak pada timbulnya penyakit jantung.

2. Obesitas

Photo by Sharon McCutcheon

Mengkonsumsi mie instan tanpa diimbangi makanan berserat dapat berpotensi mengalami gangguan kesehatan, salah satunya obesitas. Hal ini karena mie instan mengandung karbohidrat sederhana, sejumlah besar lemak dan natrium. Dampak mengkonsumi mie intstan secara berlebihan ini yaitu retensi air dalam tubuh.

3. Keguguran

Photo by Pixabay

Mie instan dapat berpengaruh dan memiliki efek samping bagi wanita hamil. Hal ini karena adanya kandungan bumbu serta pengawet yang dapat mempengaruhi perkembangan janin. Pengaruh ini dapat menimbulkan potensi keguguran pada janin apa bila sang ibu sering mengkonsumsi mie instan.

4. Kerusakan Jaringan Otak

Photo by AlarconAudiovisual

Mengonsumsi mie instan secara sering dan terus-menerus sama dapat menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh. Efek sampingnya yaitu bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Selain itu, dengan terlalu sering makan mie instan memungkinan terjadinya penurunan transmisi sinyal dalam otak. Kerusakan jaringan sel otak ini juga berpotensi memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

5. Gangguan Metabolisme

Photo by geralt

Makan mie instan dalam jangka panjang dapat memengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini karena kandungan zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie dapat menumpuk serta menyebabkan gangguan pada metabolisme.

6. Kerusakan Organ

Photo by Robina Weermeijer

Efek seringnya memakan mie instan dapat menyebabkan kerusakan serta kelainan organ, bahkan melemahkan sistem kelemahan tubuh. Hal ini karena mie instan mengandung propylene glycol yaitu bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan. Bila sering makan mie instan, tubuh dapat menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal.

7. Resiko Kanker

Photo by Miguel Á. Padriñán

Mie instan dapat memberi tekanan pada sistem pencernaan serta memaksanya untuk mencerna mie yang sudah diproses selama berjam-jam. Kandungan bahan kimia beracun serta pengawet yang berlebihan pada mie instan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Bahan kimia seperti Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone (TBHQ) bersifat karsinogenik  dapat menyebabkan asma, kecemasan, diare, dan bahkan kanker.

 

Alternatif Lainnya dengan Mengkonsumsi Mie Instan Alami, Apakah Itu?

Makan mie instan memang punya efek samping, tapi kabar baiknya ada alternatif mie instan alami yang bisa kamu konsumsi dengan tetap aman dan terbebas dari bahan-bahan tambahan berbahaya..

Banyak sekali pilihan mie instan berbahan dasar alami, seperti bayam, wortel, buah bit, dan lain sebagainya. Harganya cukup terjangkau dan dapat kamu temukan di mana pun dan kapan pun. Mie berbahan alami ini pun bisa kamu kreasikan dengan bumbu yang bisa kamu buat sendiri, lho. Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup gampang ditemukan di dapurmu seperti seperti cabai bubuk, minyak nabati, kecap, garam, merica, dan lain sebagainya sesuai selera.

Buat kamu yang menyukai mie instan nan praktis kini sudah tak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba Mie Instan Alami Lemonilo dengan bumbu yang sudah ada di dalamnya. Mie Instan Alami Lemonilo tidak mengandung MSG tambahan, tanpa pengawet, tanpa perasa ataupun pewarna buatan. Pembuatan mie Lemonilo dibuat dengan cara dipanggang di oven (tidak melalui proses penggorengan), berbeda seperti mie instan pada umumnya, sehingga dijamin mengandung 0% lemak trans.

Cara membuatnya pun sangat mudah, lho, cukup direbus seperti mie instan biasa. Bedanya, karena dibuat menggunakan tepung mocaf (modified cassava flour), Mie Instan Alami Lemonilo perlu direbus sedikit lebih lama, kurang lebih selama 3.5 menit untuk menghasilkan tekstur yang sempurna.  Mie instan sehat dan berkualitas ini tersedia dalam bentuk goreng dan kuah. Untuk mie kuah, Lemonilo punya dua varian rasa yaitu kari ayam dan ayam bawang. Nah, untuk menambah nutrisi serta gizinya, kamu bisa menambahkan bahan lainnya seperti telur, sawi, bayam, edamame, tomat, maupun sayuran lain saat menyajikannya.

 

Itulah efek samping serta alternatif mengonsumsi mie instan bagi kesehatan tubuh. Resiko yang timbul akibat mengonsumsi mie instan dapat diminimalisasi dengan memilih mie berbahan alami. Lezatnya mie instan tetap dapat kamu nikmati dengan tetap mengimbangi nutrisinya.

Semoga bermanfaat!

Loading...