Menu Sahur Ala Anak Kost, Murah, Sehat dan Enak!

By |2019-05-29T12:41:50+00:00May 10th, 2019|Food, Knowledge|

Photo by Le Creuset

Menu sahur buat kebanyakan anak kost memang bikin repot. Untuk kamu yang tinggal bersama orangtua tidak perlu khawatir karena menu sahur pasti disiapkan oleh orangtua. Lain halnya untuk anak kost, kamu harus berpikir berkali-kali bagaimana bisa makan sahur dan menu apa setiap harinya. Namun tenang saja, kamu tidak perlu khawatir, berikut Cintaihidup.com sajikan menu sahur ala anak kost yang bisa dibuat dengan mudah. Tak hanya mudah dibuat, menu sahur berikut ini bisa bikin kamu sehat dan pastinya enak selama bulan Ramadan ini. Penasaran? Yuk simak artikelnya.

Loading...

Menu Olahan Telur

Photo by Omran Jamal

Menu dengan olahan telur ini bisa menjadi menu sahur favorit anak kost. Kalau kamu terlalu malas untuk memasak nasi goreng, telur ceplok bisa kamu jadikan menu sahur andalan. Kamu bisa menyantapnya dengan saos sambal, cabai bubuk atau kecap manis dan nasi putih tentunya.

Bosan dengan telor ceplok, kamu juga bisa masak  menu olahan berbahan dasar telur lainnya seperti telur orak-arik dan telur balado. Kamu bisa masak telor balado dari malam hari sebelum tidur atau jauh-jauh hari untuk jadi stok menu sahur praktis kamu selama sebulan. Walaupun praktis, menu andalan ini juga terbilang murah, bermodalkan telur, nasi dan cabai akan bikin kamu tetap sehat dan bergizi.

Abon

Abon salah satu menu sahur yang praktis untuk anak kosan. Buat kamu yang malas masak atau nggak sempat masak, menu abon ini rekomen banget buat kamu. Kamu bisa menyantap abon dengan nasi putih hangat. Menu sahur abon dan nasi ini juga bisa jadi menu sahur anti ribet kalau kamu telat bangun.

Kamu bisa membeli persediaan atau stok abon untuk sebulan Ramadan di supermarket terdekat. Banyak beragam pilihan abon yang dapat kamu temui di supermarket misalnya abon ayam, sapi, ikan, udang dan sebagainya. Pastikan pilih abon yang sesuai dengan selera kamu supaya makan lebih nikmat.  

Menu Olahan Mie

Selain mudah dimasak dan praktis, mie instan memang menggugah selera dan selalu jadi menu favorit bagi anak kost-an. Walaupun rasanya nikmat dan nggak ada yang ngalahin, sebaiknya jangan terlalu sering makan mie instan saat sahur karena bisa bikin perut kamu melilit dan jadi gampang lapar.

Kalau biasanya kamu sering mengkonsumsi mie instan dengan telur. Ada cara menarik biar menu sahur kamu bervariasi. Kamu bisa bikin martabak mie dengan hanya menggunakan kedua bahan tersebut. Masak martabak mie itu mudah dan nggak pakai lama. Cukup masak mie instan goreng seperti biasanya, lalu tiriskan. Kemudian masak dalam wajan mie dengan adonan telur kocok dengan ukuran sesuai selera. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Jika sudah berwarna kecoklatan tinggal sajikan di piring. Mudah bukan?

Nasi Goreng

Menu sahur yang murah andalan anak kost satu ini yaitu nasi goreng. Cara membuat nasi goreng cukup mudah dan praktis, apalagi sekarang sudah banyak bumbu instan yang dapat membuat masakan makin kaya rasa. Kamu bisa membeli bumbu instan sesuai rasa yang kamu mau. Kamu juga bisa memasak nasi goreng menggunakan rice cooker. Pertama masak dulu nasinya, kemudian pindahkan nasi yang sudah selesai di masak ke suatu wadah. Kemudian masukkan sedikit margarin ke dalam rice cooker dan masukkan nasi yang sudah masak, serta masukkan bumbu instan nasi goreng. Tunggu berapa menit kemudian jadi deh. Selamat mencoba!

Oatmeal dan Sereal

Salah satu menu sahur yang praktis dan sehat yaitu oatmeal. Makan oatmeal bisa membuat tubuhmu kenyang lebih lama karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang akan membantu tubuh kamu menjalani hari selama sebulan puasa. Untuk menambah rasa kamu bisa menambahkan beberapa potongan buah favoritmu seperti apel, pisang, kiwi dan sebagainya. Tak hanya oatmeal, kamu juga bisa mengkonsumsi sereal untuk menu sahur. Sereal ini paling mudah dibuat dan bisa menjadi menu sahur yang murah untuk anak kost.

Frozen Food

Untuk kamu anak kost yang mau praktis dan simpel, kamu bisa membeli makanan dingin atau frozen food seperti kentang, ayam, sosis dan sebagainya untuk persediaan menu sahur di kost. Sebelum makan sahur kamu bisa menggoreng makanan dingin tersebut. Setelah masak kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat di tambah saos sambal. Jangan lupa untuk simpan persediaan makanan di lemari es agar kualitas makanan tetap terjaga.

Jangan ada lagi alasan untuk bingung mau makan apa saat sahur atau malas memasak hingga tidak puasa ya anak kost! Beberapa menu sahur di atas bisa kamu jadikan inspirasi untuk menu sahurmu. Selamat mencoba!

Loading...