Menstruasi, Ketahui 10 Penyebab dan Tandanya

By |2018-11-08T04:03:16+00:00March 3rd, 2017|Health|


Source:gorillasushi

Menstruasi atau haid adalah tanda bahwa seorang anak perempuan telah menjadi dewasa. Menstruasi adalah fase peluruhan darah kotor yang berasal dari rahim wanita. Banyak hal yang mungkin menjadi pertanyaan beberapa dari anda para wanita. Karena itu, cobalah simak beberapa info mengenai menstruasi dibawah ini!

1.Mulainya menstruasi


Source:jill111

Menstruasi di mulai ketika organ reproduksi wanita telah mampu memproduksi ovum dan hormon reproduksi wanita. Biasanya rata- rata dimulainya menstruasi adalah 9-12 tahun. Jika lebih atau kurang dari itu mungkin ada kelainan pada hormon anda. Menstruasi adalah proses peluruhan lapisan yang mengandung banyak pembuluh darah pada dinding rahim. Peluruhan ini terjadi jika pada dinding rahim tidak terjadi penanaman hasil konsepsi. Karena itu, tidak menstruasi dapat dijadikan tanda bahwa seorang wanita sedang hamil.

2.Lamanya siklus menstuasi


Source:Dafne Cholet

Lamanya siklus menstruasi tiap wanita tidak sama, namun rata- rata siklus ini adalah 28-35 hari. Lama tiap siklus ini lebih di kenal dengan siklus bulanan. Akan lebih baik jika tanggal menstruasi terdokumentasi dengan baik akena dapat berguna untuk menghitung siklus bulanan seorang wanita. Dengan mengetahui siklus bulanannya, wanita dapat membantu dokter atau bidan dalam menghitung usia kehamilan dan juga membantu untuk mendeteksi adanya kelainan dalam organ reproduksi wanita.

3.Durasi menstruasi


Source:Basti93

Durasi menstruasi antara 4- 7 hari. Jika lebih dari 7 hari makan disebut metrorhargia. Keadaan ini tidak normal dan berpotensi menimbulkan anemia pada wanita tersebut. Pada wanita usia 50 tahun keatas akan terjadi perubahan durasi menstruasi karena menopause. Menopause adalah berhentinya menstruasi apda wanita karena indung telur sudah tidak mampu memproduksi sel telur. Selain durasi menstruasi yang semakin pendek, siklus wanita juga akn semakin jarang, mulai 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, hingga tidak menstruasi sama sekali.

4.Banyaknya perdarahan


Source:CHeitz

Pada hari pertama dan kedua darah menstruasi adalah yang paling banyak. Normalnya wanita akan 3- 4 kali ganti pembalut. Jika lebih mungkin anda sedang mengalami menorrhagia atau darah menstruasi yang berlebih. Jika banyaknya perdarahan ini bersamaan dengan durasi menstruasi yang lebih dari 7 hari maka dinamakan menometrorhagia. Sama seperti metrorrhagia, menorrhagia perlu diperiksakan ke dokter karena kemungkinan ada penyakit pada organ reproduksi seperti miom.

5.Nyeri perut menstruasi


Source:foundry

Nyeri perut pada menstruasi terjadi karena konstraksi otot rahim. Otot rahim dapat berkonstraksi karena rangsangan prostaglandin. Kontraksi ini dimaksudkan agar dinding yang mengandung banyak pembuluh darah meluruh. Nyeri ini lebih seperti kram dan berad di perut bagian bawah. Biasanya nyeri ini pada awal menstuasi karena darah yang masih banyak. Namun, nyeri ini seharusnya tidak mengganggu aktivitas. Jika nyeri ini sering mengganggu aktivitas mungkin ada kelainan yang bernama endometriosis. Endmetriosis adalah suatu penyakit di mana lapisan dalam rahim menembus bagian rahim yang lebih bawah.

6.Perubahan mood dan emosi


Source:PublicDomainPictures

Pada fase menstruasi terjadi perubahan atau lonjakan hormon wanita yang cukup tinggi. Lonjakan hormon ini mempengaruhi mood dan emosi wanita. Wanita yang akan menstruasi biasanya mengalami emosi yang cukup labil. Wanita jadi gampang sakit hati, marah dan tersinggung serta stress. Jika anda memiliki dokumentasi tanggal menstruasi yang baik mungkin anda bisa mendeteksi perubahan emosi akibat premenstrual syndrome.

7.Lemas


Source:Lucas Sartoni

Pada menstruasi tubuh mungkin menjadi terasa lemas. Sebenarnya darah menstruasi tidak terlalu banyak sekitar 150-200cc selama menstruasi. Jika asupan besi tidak mencukupi, makan dapat terjadi anemia defisiensi besi dan tubuh anda dapat menjadi lemas. Karena itu, selama anda menstruasi, perbanyaklah konsumsi makanan tinggi besi dan vitamin c seperti sayuran hijau, wortel, tomat, daging merah. Anda juga bisa meminum obat penambah darah atau vitamin c jika badan anda mash terasa lemas.

8.Perubahan payudara


Source:Shakti Shiva

Saat menstruasi, terjadi perubahan kadar hormon wanita, yaitu FSH (follicle stimulating hormone), LH (luteinizing hormone), hormon estrogen dan hormon progesteron. Hormon estrogen berpengaruh langsung pada kelenjar payudara. Hormon estrogen membantu pembesaran kelenjar payudara. Sehingga, payudara akan terasa penuh, nyeri dan speerti terdapat benjolan. Benjolan tersebut mungkin adalah kelenjar payudara yang sedikit menonjol.

9.Jerawat


Source:Kjrestin michaela

Jerawat pada wajah juga dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Seperti pada poin sebelumnya terjadi peningkatan hormon estrogen. Hormon estrogen mempengaruhi peningkatan produksi sebum pada kelenjar minyak di wajah. Akibat sebum atau minyak yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga timbul jerawat pada wajah. Jika kulit wajah anda sudah berjerawat sebelum mnstruasi maka jerawat anda akan menjadi lebih bengkan, merah dan semakin banyak. Jika sangat mengganggu dan parah mungkin anda harus segera berobat ke dokter.

10.Berat badan meningkat


Source:Dave Williams

Ketika menstruasi, berat badan anda mungkin akan semakin meningkat. Hal ini tejadi bukan karena anda makan terlalu banyak. Namun, terdapat mekanisme tubuh ketika terjadi perdarahan menstruasi. Mekanisme itu adalah dengan peningkatan volume darah tubuh. Anda mungkin akan cepat haus dan semakin banyak minum air sebagai akibat adaptasi tubuh dalam kehilangan sejumlah kecil darah. Peningkatan berat badan tersebut sekitar 1 kilogram.

Itulah tadi sepuluh info mengenai menstruasi dan penyebabnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai menstruasi. Selamat Membaca!