Mengenal Konsep Rumah Split Level House, Rumah Dua Lantai Rasa Lima Lantai

By |2019-06-19T17:35:28+00:00June 17th, 2019|Uncategorized|

Kalau rumah dengan desain minimalis, kolonial bahkan kontemporer sudah tak asing kamu dengar. Apakah kamu pernah mendengar tentang konsep split level house yang satu ini?

Desain rumah split level dapat didefinisikan sebagai gaya rumah dimana setiap lantai saling tergantung. Umumnya setiap lantai biasanya terdapat dua tangga pendek yang menyambungkan dua lantai dengan ketinggian level yang berbeda. Walau hanya 2 lantai, dengan menerapkan konsep split house ini rumah kamu bisa terasa seperti 5 lantai lho. Hal ini dikarenakan adanya mezanin atau area tambahan di antara lantai utama.

Desain rumah split level ini bisa diaplikasikan untuk luas lahan yang terbilang sempit seperti 6×15 meter. Konsep ini bisa dikatakan cocok untuk diterapkan pada daerah dengan luas lahan yang sempit seperti di daerah perkotaan yang padat penduduk. Walaupun dengan luas lahan yang sempit, konsep ini dapat diaplikasikan agar bangunan terlihat luas dan minimalis.

Buat kamu yang penasaran dan ingin melihat rancangan rumah split level serta tertarik untuk mengaplikasikannya pada rumah impianmu, yuk simak artikel dibawah untuk mengenal lebih jauh dan memahami tentang rancangan rumah split level house ini.

 

Memberi Kesan Luas

Konsep rumah split level ini dapat memberikan suasana rumah terlihat lebih lapang dan terbuka. Hal ini juga membuat rumah split level lebih terasa akrab dan homey karena setiap ruang yang terhubung dengan tangga tanpa sekat. Selain itu, komunikasi antar penghuni rumah menjadi jauh lebih mudah dan dekat dengan memanfaatkan konsep rumah split level ini. Plafon yang tinggi pada lantai rumah ini juga dapat membantu rumah terlihat lebih lapang.

 

Efisiensi Pada Ruangan

Pada rancangan rumah split level, bisa memberikan efisiensi ruang yang baik untuk kamu dan keluarga. Kamu bahkan bisa mendapatkan ruang-ruang lebih untuk fungsi tambahan dengan memanfaatkan konsep rumah split level ini. Selain fungsi tambahan, perbedaan level juga membantu memberikan pemisahan fungsi dan zona pada setiap ruang yang lebih baik. Walaupun sempit, kamu bahkan bisa menambahkan ruang bermain untuk sang buah hati.

 

Sirkulasi Udara dan Cahaya Lebih Baik

Pada konsep ini jendela dan pintu kaca yang diterapkan berukuran lebar yang dapat membantu rumah terlihat lebih luas dan terang. Karena sifatnya yang terbuka, rumah split level secara tak langsung akan memberikan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang lebih baik pada hunian. Tidak hanya mengatur sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan, rancangan dan penerapan yang tepat membuat rumah ini bisa menangkap sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang jauh lebih baik. Keberadan split level akan sangat membantu rumah menangkap pencahayaan alami semaksimal mungkin.  

 

Kerumitan dalam Membangun

Dengan perbedaan level yang bervariasi dan juga konektor berupa tangga, sudah bisa dipastikan bahwa konstruksi dari desain rumah split level ini akan  lebih rumit alias tak sesederhana rumah konvensional pada umumnya. Konstruksi yang rumit ini juga berarti bahwa rumah split level mungkin akan membutuhkan biaya lebih dibandingkan rumah biasa. Oleh karena itu, sebelum mendesain hunian dengan konsep split level, sebaiknya kamu perlu mempersiapkan budget-nya terlebih dahulu agar desain yang ingin dicapai bisa terbangun secara maksimal.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang desain rumah serta bisa menjadi inspirasi kamu untuk membangun rumah impianmu.