Mengalami 10 Tanda Berikut? Siap-siap, Mungkin Saja Anda Hamil!

By |2018-11-07T20:58:38+00:00January 29th, 2017|Health|

PregnantSource: Alick Sung

Anda mungkin telah berusaha selama beberapa waktu untuk memiliki momongan. Dan ketika anda sampai di tanggal periode menstruasi namun anda belum mendapatkannya juga, anda pun menjadi bingung. Apakah usaha anda telah berhasil? Apakah anda telah hamil? Ataukah ini merupakan gejala penyakit yang lain? Jangan panik, readers; bisa jadi anda memang hamil. Lalu apa saja sih tanda-tanda yang umum ditemui pada awal kehamilan? Berikut Cintai Hidup akan menuliskan tanda-tanda awal kehamilan yang mudah-mudahan sesuai dengan gejala yang anda alami. Kita lihat yuk!

1.Sakit Kepala

Source: cuncon

Loading...

Sakit kepala memang dapat dialami oleh setiap orang. Namun apabila anda merasakan pusing yang tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, migrain pada waktu-waktu tertentu ataupun vertigo, mungkin anda mulai hamil. Pusing merupakan gejala normal pada awal kehamilan karena pada saat-saat itulah tekanan darah anda menurun dan pembuluh darah anda menyempit. Jika anda tidak dapat menahan sakitnya, pilihlah obat dengan kandungan asetaminofen  dan jangan yang mengandung Ibuprofen karena lebih aman dikonsumsi ibu hamil.

2.Nafas Terasa Pendek

Source : Greyerbaby

Biasanya, naik turun anak tangga sebanyak apapun bukan suatu masalah besar bagi anda. Anda bahkan merasa lebih fit ketika melakukannya. Namun tiba-tiba pada suatu hari anda menemukan diri anda terengah-engah ketika sedang naik tangga, merasa nafas hilang ketika berjalan agak jauh, bahkan ketika anda berbicara! Ini dapat menjadi gejala awal dari kehamilan anda karena ketika di awal kehamilan, fetus memerlukan oksigen yang juga anda hirup, sehingga nafas anda menjadi lebih pendek. Nafas pendek juga akan anda alami sepanjang masa kehamilan anda karena semakin besar bayi anda, ia akan turut menekan daerah paru-paru dan diafragma anda.

3.Payudara Nyeri

Source : fsHH

Akhir-akhir ini anda menemukan rasa nyeri ketika payudara menyentuh bra anda. Ini suatu hal yang tidak biasa menurut anda. Anda juga merasa daerah sekitar aerola menghitam dan membesar. Jangan khawatir, readers, karena ini merupakan tanda di awal kehamilan. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan bra anda yang terasa paling nyaman, dan lepas bra anda ketika anda tidur. Atur posisi tidur anda agar tidak membuat payudara anda tertekan yang malah akan membuat nyeri di daerah payudara bertambah.

4.Cepat Lelah

Source : Concord90

Biasanya, anda seorang juara begadang dan tidur malam. Namun akhir-akhir ini anda menemukan bahwa diri anda merasa lelah sekali pada malam hari, dan hal ini membuat anda sangat mudah untuk tertidur. Ini bisa jadi menunjukkan anda hamil, karena adanya peningkatan jumlah hormon dalam tubuh anda yang membuat anda cepat lelah. Untuk sebagian besar wanita, rasa kelelahan ini terus berlangsung selama tiga bulan pertama, namun perlahan surut setelah masa itu berlalu.

5. Mual dan Muntah

Source : brusalvate

Di pagi hari ketika anda sikat gigi, normalnya anda tidak pernah mengalami mual terlebih muntah. Namun akhir-akhir ini menyikat gigi di pagi hari merupakan suatu perjuangan yang amat sangat karena anda mulai mengalami mual dan muntah-muntah. Mual muntah pun berulang pada siang hari, sore bahkan hingga malam hari. Jangan khawatir readers, karena hal ini merupakan suatu yang biasa di awal kehamilan. Sementara itu, anda dapat mengkonsumsi makanan yang membuat perut anda nyaman dan mengurangi rasa mual.

6.Lebih Sering Buang Air Kecil

Source : TawnyNina

Sebentar-sebentar ke kamar kecil. Sebentar-sebentar buang air kecil. Anda menjadi bingung, apa yang terjadi pada diri anda? Jika anda merasakan keinginan buang air kecil semakin sering daripada hari-hari biasa, mungkin anda berada di awal masa kehamilan. Hal ini dikarenakan ketika hamil, tubuh memproduksi cairan lebih banyak yang dapat mempengaruhi intensitas anda untuk buang air kecil. Jadi yang sabar ya, readers. Sering buang air kecil adalah suatu hal yang biasa dan tak perlu terlalu dikhawatirkan.

7.Sakit Punggung

Source : Xusenru

Apakah anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung anda? Jika biasanya punggung anda tidak pernah terasa sakit atau pegal yang termat sangat, namun akhir-akhir ini anda merasakannya, itu bisa jadi merupakan pertanda bahwa anda hamil, readers. Hal ini terjadi karena pada saat hamil, ligaments anda mengendur sehingga menyebabkan punggung terasa pegal bahkan nyeri. Yang dapat anda lakukan adalah meminta suami melakukan pijitan lembut pada daerah yang sakit atau pegal. Dan hal ini membtuhkan kesabaran readers,  karena terus berlangsung selama masa kehamilan anda.

8.Kram

Source : DieterRobbins

Tiba-tiba anda mengalami kram. Kram di sekitar perut, otot lengan, bahkan pada otot kaki anda. Anda pun bingung mengenai apa yang terjadi pada tubuh anda. Jangan panik, readers, karena kram juga merupakan salah satu gejala di awal kehamilan. Yang perlu anda lakukan adalah istirahat yang cukup untuk mengurangi rasa kram pada anggota tubuh anda. Dan anda boleh meminta suami untuk memijat kaki atau tangan yang kram, tapi jangan pada bagian perut. Karena pada saat kram, itu artinya uterus sedang bersiap menampung bayi yang akan hadir di perut anda. Selamat ya!

9.Konstipasi dan Menggemuk

Source : Unsplash

Menyebalkan, namun tidak bisa dihindarkan. Anda merasa kesulitan susah buang air besar. Selain itu, anda juga merasa tubuh anda semakin hari semakin melebar. Jika anda merasa demikian, mungkin saja anda sesungguhnya sedang hamil, karena ketika hamil tubuh anda memproduksi ekstra progesteron yang memperlambat proses pencernaan pada tubuh anda. Akibatnya, anda menjadi gemuk. Sedangkan untuk mengatasi konstipasi, anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang dapat memperlancar proses buang air besar seperti buah pepaya.

10.Mood Swings

Source : RyanMcGuire

Akhir-akhir ini anda menjadi orang yang super sensitive. Salah sedikit, marah. Tidak hanya dengan suami anda, namun juga kepada orang lain. Tahukah anda ini malah menjadi tanda yang positif karena itu artinya tubuh anda beradaptasi dengan normal atas kelebihan hormon yang anda produksi? itu artinya, anda sedang hamil! Maka yang diperlukan adalah pengertian dari semua orang yang dekat dengan anda, dan nikmati saja prosesnya karena mood swing hanya bertahan pada tiga bulan pertama, selanjutnya dunia akan kembali damai sentosa.

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang tidak terkira dari tuhan lho, readers. Meskipun prosesnya cukup berat, namun yakinkan bahwa anda dapat melalui semuanya dengan baik dan mulus. Yang terpenting adalah jagalah tubuh anda agar senantiasa sehat. Makan-makanan bergizi dan cukuplah istirahat.

Selamat memasuki masa-masa yang indah menjadi orang tua!

Save

Save

Save

Save

Loading...