Memelihara Ikan Hias Itu Menyenangkan. Ini 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Kamu Pilih

By |2018-11-08T05:35:12+00:00April 9th, 2017|Lifestyle|


Source: hrohman

Memelihara ikan hias adalah hobi yang menyenangkan, bahkan bisa menjadi pemasukan tambahan apabila dikembangkan menjadi bisnis. Ikan hias ada yang berharga murah dari puluhan ribun hingga jutaan rupiah seperti ikan guppy. Ada beragam ikan hias yang menarik mata yang bisa melengkapi koleksi akuarium kamu. Simak 15 jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu pilih berikut ini:

1. Discus


Source: Bergadder

Loading...

Ikan Discus aslinya berasal dari perairan Amazon di Amerika Selatan. Ikan ini terkenal karena bentuknya yang khas dan warnanya yang cerah. Spesies ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan agak bulat sehingga disebut discus yang berasal dari kata ‘disc’. Keindahan ikan discus membuatnya banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Asia. Saat ini mereka juga banyak dibudidayakan di Indonesia.

2. Cupang


Source: chelsc

Ikan cupang atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ikan tarung ini memiliki nama latin Betta. Ikan ini merupakan spesies ikan berukuran kecil dan memiliki tubuh yang indah. Ikan ini biasa tinggal di daerah tropis terutama di perairan Asia Tenggara. Selain sebagai ikan hias, ikan cupang juga dijadikan ikan aduan. Saat ini tercatat lebih dari 73 spesies ikan cupang yang ada di bumi.

3. Guppy


Source: D3LL

Ikan Guppy memiliki nama latin Poecilia reticulata dan termasuk salah satu ikan tropis yang paling banyak tersebar di dunia dan dikembangbiakkan di akuarium. Ikan ini aslinya berasal dari daerah Amerika Selatan dan kini dapat ditemukan di seluruh dunia berkat kemampuan adaptasinya yang baik. Ikan yang jantan berukuran lebih kecil dan memiliki warna yang lebih indah daripada yang betina.

4. Arwana


Source: Moh. Rosdi

Ikan arwana termasuk salah satu ikan hias air tawar yang terkenal di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan pipih, bagian punggungnya datar dari mulut sampai sirip punggungnya. Ikan ini memiliki ciri khas dua sungut di ujung bibir bawah sehingga mirip seperti naga, tidak jarang yang menyebutnya ikan naga. Ikan yang terancam punah ini memiliki harga jual yang sangat mahal.

5. Louhan

Ikan Louhan dalam bahasa Inggris disebut dengan Flowerhorn. Termasuk ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Ciri khas yang dimilikinya adalah warna sisik yang indah dan benjolan yang ada di kepalanya. Meski awalnya berasal dari Malaysia dan Taiwan tetapi kini populasinya sudah ada di seluruh dunia. Ikan ini juga termasuk ikan hias berharga tinggi yang banyak dicari oleh para penyuka ikan hias.

6. Mas Koki


Source: Jaffe

Ikan mas koki adalah ikan hasil domestikasi dari ikan mas, merupakan ikan hias yang pertama dipelihara dan dibudidayakan oleh manusia. Bagi para penggemar ikan hias pasti dulu masa kecilnya pernah memelihara ikan ini, atau bahkan sampai sekarang. Ikan mas koki memiliki ciri khas di ekornya dan juga bentuk tubuhnya yang bulat. Habitat aslinya di daerah Asia Timur dan memiliki berbagai macam variasi warna, mulai dari putih, kuning, jingga, merah, cokelat, sampai hitam.

7. Koi

https://www.instagram.com/p/BSTQNmkjv8E/

Ikan Koi berasal dari Jepang dan menjadi simbol kasih sayang dan cinta di sana. Ikan Koi ini merupakan kerabat dari ikan mas dan memiliki ornamen tubuh yang indah. Selain karena keindahannya, ikan ini juga dipelihara untuk mendatangkan keberuntungan di dalam dan luar rumah. Ikan ini memiliki variasi warna antara putih, hitam, merah, kuning, krem dan biru. Di Indonesia banyak yang menyebut ikan mas sebagai ikan koi karena kemiripan mereka.

8. Oscar


Source: Daniella

Ikan oscar adalah spesies ikan dari marga cichlid yang memiliki habitat di daerah tropis Amerika Selatan. Di daerah asalnya itu bahkan jenis ini sering ditemukan di berbagai pasar lokal dan dijual sebagai makanan ikan. Kebanyakan spesies ikan ini memiliki warna yang cenderung gelap, tetapi ikan ini memiliki karakter warna yang berbeda antara ikan remaja dan ikan dewasa. Kebanyakan dari ikan ini berjenis kelamin jantan.

9. Neon Tetra

https://www.instagram.com/p/BRH9gvtjpnC/

Ikan neon tetra juga berasal dari daerah Amerika Selatan. Ikan yang berukuran kecil ini memiliki tubuh berwarna mencolok dan membuatnya tetap terlihat meskipun berada di perairan yang gelap. Ikan yang hidup berkelompok ini akan terlihat sangat indah begitu berkumpul dengan kawanannya, warnanya yang indah itulah alasan mengapa ikan ini begitu disukai oleh para penggemar ikan.

10. Komet

https://www.instagram.com/p/BOcEbDTjHdR/

Ikan komet ini juga termasuk hasil turunan dari ikan mas dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sifat yang jinak, warna yang eksotis dan gerakan yang menarik adalah beberapa faktor yang menjadikan ikan ini banyak dipelihara. Apalagi ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan lain dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Meskipun memiliki ukuran tak terlalu besar tetapi ikan ini memiliki nilai jual yang lumayan.

11. Manfish


Source: PublicDomainPictures

Ikan manfish ini juga memiliki habitat di perairan-perairan yang ada di Amerika Selatan. Ikan ini disebut juga sebagai Angel Fish karena gerakannya yang tenang dan anggun, serta didukung dengan warna yang indah dan menyejukkan mata. Ikan ini memiliki bentuk yang cukup unik dan menyerupai anak panah, serta memiliki tubuh bergaris tegak. Meski berukuran kecil tetapi ikan ini termasuk predator dan memangsa ikan yang lebih kecil.

12. Rainbowfish


Source: Anandarajkumar

Ikan ini memiliki ukuran yang kecil dan tubuh yang kaya warna. Ikan rainbowfish banyak ditemukan di daerah Australia dan Papua Nugini. Ikan ini terkenal karena keindahan perpaduan warna di tubuhnya. Corak warna di tubuhnya itu memiliki berbagai variasi tetapi kebanyakan adalah perpaduan antara merah-oranye dan abu-abu kebiruan. Jika dipelihara dengan baik ikan ini bisa memunculkan sisik yang berkilau.

13. Black Ghost

View this post on Instagram

This ghost I love ?

A post shared by Amruta (@coddiwompling_the_world) on

Seluruh tubuh ikan Black Ghost berwarna hitam, kecuali ekornya yang berwarna putih. Ikan ini juga memiliki habitat di daerah Amerika Selatan. Ikan yang memiliki panjang maksimal 50 cm ini ternyata tidak memiliki sisik dan gaya berenangnya cukup aneh, yaitu maju mundur dan naik turun. Menurut cerita nama Black Ghost diberikan karena ikan ini dianggap sebagai tempat bersemayamnya roh orang yang meninggal. Memang sih penampakan ikan Black Ghost menimbulkan kesan mistis.

14. Bala Shark


Source: Lerdsuwa

Ikan yang biasa disebut sebagai ikan bala-bala ini merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia. Mereka banyak ditemukan di daerah Semenanjung Melayu, Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini disebut shark karena bentuk siripnya yang menyerupai ikan hiu. Namun ikan ini bukanlah predator ganas seperti ikan hiu dan bisa hidup berdampingan dengan ikan hias lainnya.

15. Lemon

https://www.instagram.com/p/BJ-C5czhTzV/

Ikan yang berhabitat di Afrika Timur, tepatnya di danau Malawi ini memiliki warna kuning di sekujur tubuhnya, seperti warna buah lemon. Tetapi terdapat garis hitam mendatar di daerah siripnya. Jika dibandingkan dengan ikan Afrika lainnya, ikan Lemon tergolong jinak. Perilaku agresif muncul terhadap terhadap ikan yang dianggap sebagai ancaman, seperti terhadap ikan yang serupa dan seukuran mereka.

Nah, itulah 15 jenis ikan air tawar yang memiliki warna-warni indah yang bisa kamu pelihara di akuarium kamu. Pastikan untuk mempelajari cara memeliharan ikan yang benar, ya, agar ikan peliharaanmu hidup dengan baik. Selamat memelihara ikan!

Loading...