Mau Puasa Kamu Lebih Menyenangkan dan Produktif? Simak Tips Berikut Ini!

By |2019-05-29T12:41:51+00:00May 2nd, 2019|Knowledge, Lifestyle|

Photo by Pexels

Jika berbicara mengenai Ramadan, ibadah puasa merupakan salah satu komponen penting di dalamnya. Bagi kaum muslim, merayakan Ramadan dan menjalankan ibadah puasa adalah suatu kewajiban. Dalam menjalankan ibadah puasa tentunya setiap orang memiliki tantangan tersendiri. Rasa haus dan lapar serta tubuh yang lemas seringkali dijumpai ketika seseorang berpuasa. Namun, jangan biarkan hal itu menjadi alasan atau penghalang kamu untuk tidak khyusuk dalam melakukan ibadah puasa. Biar puasa kamu lebih menyenangkan dan produktif, berikut 6 tips jitu untuk menjalani hari-harimu selama berpuasa.

Loading...

 

  1. Menjaga Asupan Makan Saat Sahur

Photo by Randy Fath

Asupan gizi saat puasa sangat penting untuk diperhatikan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis saat sahur dapat membuat tubuh terasa lemas saat beraktivitas. Hal ini dikarenakan kandungan gula mengendap dalam tubuh dan membuat aktivitas kamu jadi lebih melelahkan.

Alangkah baiknya mengkonsumsi makan makanan yang berkabohidrat dan berprotein. Dengan begitu kamu memiliki jumlah energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas. Jangan lupa untuk makan sayuran dan buah-buahan supaya kamu tidak merasa dehidrasi selama berpuasa.

 

  1. Hindari Aktivitas yang Tidak Penting

Photo by Christin Hume

Aktivtias yang tidak penting seringkali membuat tubuh merasa lelah. Jika tubuh kelelahan, sudah pasti tubuh butuh mineral dan asupan makanan untuk menambah energi. Alih-alih mau puasa lancar, malah bisa bikin kamu batal puasa. Supaya kamu sedikit terbebas dari rasa lelah tersebut, ada baiknya menghindari aktivitas yang tidak diperlukan ketika berpuasa seperti bergadang, main sosial media hingga tidur larut malam dan sebagainya.

 

  1. Bermain Game

Photo by Corey Motta

 

Sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk bermain game. Bermain game dapat mengaktifkan saraf parasimpatis yang dapat mengurangi depresi dan tingkat stress pada diri kamu. Selain itu, bermain game juga dapat membuat diri kembali fresh dalam menjalankan aktivitasmu. Pilihlah permainan yang dapat mengasah otak kamu seperti permainan kata, catur, puzzle, dan sebagainya. Jika kamu tidak ingin permainan mengasah otak, kamu juga bisa memilih permainan lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

  1. Istirahat Sejenak

Photo by Robin Higgins

 

Ketika badan sudah merasa lelah dan penat dengan kerjaan atau aktivitas yang sedang kamu lakukan. Gunakan sedikit waktu untuk beristirahat. Istirahat bisa dilakukan dengan mendengar lagu favorit, memandang keindahan sekitar atau sekedar memejamkan mata sejenak. Istirahat merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan ketika ibadah puasa. Kamu juga bisa beristirahat sejenak beberapa kali setelah menuaikan ibadah shalat.

 

  1. Menonton Film

Photo by Mohamed Hassan

 

Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika puasa yaitu menonton film. Kamu bisa menonton film kesukaanmu sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kamu juga bisa melakukan movie marathon atau menonton tv favoritmu. Jika kamu ingin menonton film atau tv yang bermakna, kamu bisa menonton film yang menerapkan edukasi agama di dalamnya. Menonton acara atau film keagamaan bisa kamu gunakan untuk merefleksikan diri serta mengedukasi diri untuk menambah wawasan iman.

 

  1. Olahraga

Photo by Form

 

Bulan puasa bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga. Tentu kamu bisa melakukan olahraga sembari menunggu waktu berbuka. Kamu bisa memilih waktu olahraga di sore hari sambil ngabuburit. Dengan melakukan olahraga tentu tubuh kamu akan lebih bugar dan tidak akan merasa lemas selama satu bulan puasa. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau yoga ringan dan lain sebagainya agar tubuh tetap sehat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya aktivitasmu produktif dan menyenangkan selama bulan puasa ini. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Loading...