Mau Kulit Wajah Sehat? 10 Manfaat Masker Tomat yang Patut Kamu Coba

By |2018-11-07T23:12:06+00:00February 10th, 2017|Beauty|


Source: andreas160578

Tomat dikenal sebagai salah satu jenis sayuran buah yang sangat mudah kita temukan di pasar tradisional. Buah yang berbentuk bulat ini kaya akan kandungan vitamin C dan juga Lycopene yang bagus untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah. Untuk itu banyak orang yang kini memanfaatkan buah tomat sebagai masker untuk perawatan wajah karena terbukti berkhasiat. Apa saja khasiat dari masker tomat? Berikut adalah beberapa manfaat masker tomat yang akan berguna bagi perawatan wajahmu secara alami:

1. Mengatasi Kulit Berminyak

https://twitter.com/TasKuliahDotCom/status/813318759029075973

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit dan masalah kulit berminyak, masker tomat bisa menjadi solusinya. Kandungan vitamin C dan mineral yang tinggi pada buah tomat mampu mengontrol pengeluaran minyak berlebih di kulit wajah. Cara untuk membuat masker tomat ini adalah dengan membuat jus tomat yang dicampurkan dengan ketimun. Oleskan masker tomat tersebut ke seluruh wajah secara rutin minimal seminggu dua kali. Dijamin kamu tidak akan lagi mengalami masalah kulit berminyak.

2. Menghilangkan Komedo

Komedo yang menempel di daerah hidung memang bisa membuat penampilan wajah kita menjadi terganggu, apalagi rasa gatal yang sesekali menyerang akan mengganggu kenyamananmu. Kamu bisa mengambil manfaat masker tomat untuk mengatasi masalah komedo membandel. Caranya dengan menghaluskan buah tomat dan juga buah alpukat, tomat berfungsi sebagai penghilang komedo sementara buah alpukat berfungsi sebagai antiseptik yang melembapkan kulit. Setelah itu oleskan pada seluruh area bagian wajahmu dan diamkan selama 20-30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

3. Mencerahkan Kulit Wajah


Source: PublicDomainPictures

Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan putih tanpa menggunakan produk-produk kimia yang mahal, kamu bisa memanfaatkan masker tomat untuk mendapatkannya. Masker tomat banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya adalah dengan memotong buah tomat menjadi beberapa bulatan tebal kemudian gosokan perlahan ke area wajahmu secara rutin dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan minimal seminggu 2 kali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Mengecilkan Pori-Pori pada Kulit Wajah

Manfaat masker tomat selanjutnya adalah bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajahmu. Seperti yang kita tahu bahwa pori-pori yang membesar pada kulit wajah akan menyebabkan masuknya kuman, kotoran, dan bakteri ke dalam kulit yang bisa menyebabkan beberapa permasalah kulit wajah seperti jerawat. Masker tomat ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah kita secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan ke seluruh area wajah dan gosokan perlahan dengan melakukan pijatan kecil. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas menggunakan air hangat. Seletah itu bilas kembali menggunakan air dingin agar pori-pori yang telah ternutrisi kembali mengecil.

5. Mengatasi Jerawat

Kadang masalah jerawat membandel membuat kita frustasi padahal kita sudah mencoba berbagai produk anti jerawat tapi tetap tidak juga bisa menghilangkan jerawat yang membandel di wajah kita. Mulailah beralih untuk mendapatkan manfaat masker tomat yang tentunya lebih aman dan murah untuk mengatasi jerawatmu. Kandungan zat asam, vitamin C, dan A dalam tomat mampu menghilangkan segala jenis parasit yang menempel di wajah terutama jerawat. Caranya dengan menggunakan masker tomat secara rutin minimal seminggu 2 kali, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin.

6. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Terpapar Sinar Matahari

Kulit belang karena terbakar pada bagian tangan ataupun wajah dengan bagian disekitarnya tentu akan terlihat memalukan dan akan membuatmu merasa tidak percaya diri. Sengatan sinar matahari secara langsung tanpa pelindung biasanya akan mengakibatkan kulit kita memerah dan hitam akibat terpapar panasnya matahari. Untuk mengatasi kulit belang kamu bisa mengambil manfaat masker tomat yang akan mengembalikan warna kulitmu kembali sama dengan warna disekitarnya. Cukup oleskan masker tomat dan campuran yogurt murni ke daerah kulit yang belang dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

7. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit Wajah


Source: laleyla5

Kulit yang lembab dan halus adalah ciri dari kulit yang sehat dan terawat. Terkadang berbagai aktivitas di luar rumah dan juga polusi udara membuat wajah dan kulit tubuh kita terlihat kusam dan tidak cerah. Untuk mengembalikan kembali keremajaan kulitmu, kamu bisa memanfaatkan masker tomat yang dicampur dengan madu hingga terbentuk pasta. Olehkan masker tersebut ke daerah yang sering terpapar sinar matahari termasuk wajah diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

8. Menyembuhkan Kulit yang Meradang

Kulit yang meradang akibat munculnya ruam yang mengakibatkan kulit gatal-gatal dan menimbulkan warna kemerahan pada kulit bisa diatasi dengam mudah dengan manfaat masker tomat. Caranya parut setengah buah tomat dan campurkan dengan yogurt murni hingga terbentuk pasta. Oleskan ramuan ini pada daerah kulit yang meradang di tubuh anda, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Tomat berkhasiat untuk memberikan nutrisi pada kulit yang meradang dan memberi efek mendinginkan, sedangkan yogurt berguna untuk memberi protein pada kulit. Dijamin jika kamu sering mengaplikasikan ramuan ini, kulitmu akan menjadi lebih kenyal dan lembut.

9. Mencegah Sel Kulit Rusak

Masker tomat juga berkhasiat untuk mencegah sel kulit menjadi rusak akibat radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi kusam dan juga munculnya kerutan-kerutan di sudut-sudut wajah. Untuk itu selain mengaplikasikan masker tomat pada wajah secara rutin, kamu juga bisa mengkonsumsi tomat untuk mendapatkan manfaatnya sebagai anti penuaan dini yang sehat dan alami. Untuk itu manfaatkan buah tomat yang ada di dapur anda untuk perawatan wajahmu yang lebih mudah dan juga murah.

10. Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya umur, kulit kita kehilangan elastisitasnya untuk mengambalikan keremajaan kulit, kita bisa mengambil manfaat masker tomat yang berfungsi untuk membuat kulit kita kencang, lembut, dan elastis kembali. Caranya adalah dengan mencampurkan tomat halus dengan gula merah bubuk kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk merata hingga terbentuk pasta. Setelah itu oleskan masker tomat tersebut ke seluruh area wajah anda dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk cepat mendapatkan hasilnya kamu harus melakukannya secara rutin minimal seminggu dua kali.

Wow ternyata dibalik kesegaran sayuran buah yang berwarna merah ini terkandung banyak manfaat bagi kecantikan terutama kecantikan kulit wajah. Itulah 10 manfaat masker tomat yang bisa kamu praktekan sendiri dirumah untuk perawatan kulitmu. Kamu tidak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam untuk perawatan wajahmu, cukup menggunakan tomat yang tentunya lebih murah dan juga aman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat memberi informasi tentang beberapa manfaat masker tomat, selamat mencoba!