Lakukan 10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Ini Dan Wujudkan Resolusimu!

By |2018-12-17T18:36:21+07:00January 20th, 2017|Beauty, Culinary, Health, Lifestyle|Comments Off on Lakukan 10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Ini Dan Wujudkan Resolusimu!

Source: Unsplash

Sering gagal diet? Nah, mungkin langkah kamu belum tepat dalam melakukan diet menurunkan berat badan. Sudah jadi rahasia umum bahwa tidak ada cara instan dalam menurunkan berat badan. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk mencapai goal berat idealmu sekaligus pengorbanan dalam merubah pola makan. Nah, bagi kamu yang lagi kesal karena dietmu gagal lagi, simak tips menurunkan berat badan dengan cepat berikut.

1. Coret Makanan Siap Saji dan Kemasan Dari Daftar Menu

Source: Incase

Pastikan bahan makanan untuk menu diet kamu adalah organik dan diolah sendiri. Harus diingat bahwa makanan siap saji dan kemasan mengandung garam cukup banyak, sedangkan diet yang bagus untuk menurunkan berat badan perlu mengurangi asupan garam. Jadi, ucapkan selamat tinggal untuk dua produk makanan di atas. Mulai sekarang masak sendiri semua menu diet kamu.

2. Batasi Garam

Source: Jorge Royan

Loading...

Garam banyak kaitannya dengan rasa gurih. Ini berarti sebuah indikasi bahwa kamu bakal makan banyak untuk satu menu. Sebaiknya mulai batasi penggunaan garam dalam menu diet kamu dengan menakar atau memperhatikan indikator kadar garam. Produk makanan low sodium biasanya mengandung 140mg per kemasan. Nah, ini bisa kamu jadikan acuan secara ketat memangkas konsumsi garam per hari selama diet.

3. Awali Hari Dengan Secangkir Teh Atau Kopi

Source: Genesis_3g

Menurut 2015 Dietary Guideline for Americans, secangkir kopi setiap pagi adalah salah satu kunci diet. Kopi adalah agen deuretik efektif sekaligus sebagai sumber anti oksidan selama diet. Anti oksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan serangan dari luar. Tidak suka kopi? Tidak masalah. Kamu bisa menggantinya dengan teh, bisa teh hijau, Macha atau teh herbal lainnya.

4. Hindari Gula

Source: Congerdesign

Sebaiknya lakukan monitor ketat pada minuman yang mengandung gula, misal suka teh manis, kopi manis, jus dan soda. Terlebih lagi harus menghindari mengkonsumsi alkohol selama diet. Gula bakal jadi musuh bebuyutan karena satu cangkir soda sama dengan menambah 800 kalori yang harus dienyahkan dari tubuh. Minuman beralkohol juga sama buruknya saat melangsungkan diet karena alkohol mencegah metabolisme lemak sehingga pembakaran jadi lebih sulit.

5. Jadikan Angkat Beban Solusi

Source: Tanjashaw

Saat ini banyak sekali pusat kebugaran yang bertebaran di kota kota dan kamu hanya perlu pilih satu dari ribuan gym tersebut. Kamu tidak perlu melakukan angkat beban yang terlalu berat. Cukup pilih yang 5 kilo tapi lakukan secara rutin satu jam per harinya. Semakin banyak otot yang terbentuk, semakin mudah jalanmu untuk mendapatkan tubuh langsing. Untuk tahap awal, lakukan push up, squat atau jump.

6. Beralih Ke Selera Pedas

Source: Baohm

Ups, ini bukan nama franchise yang lagi tren itu ya! Faktanya, makan makanan pedas dapat membantu membakar energi. Kandungan capsaicin dalam cabai ternyata ampuh mempercepat pelepasan hormon, adrenaline misalnya, dan mempercepat metabolisme dan pembakaran kalori. Ditambah lagi, makan makanan pedas bisa membuat kamu makan lebih pelan yang artinya kamu makan lebih sedikit.

7. Tidur Tepat Waktu

Source: Unsplash

Tips ini mungkin sepele tapi hasilnya tidak boleh disepelekan. Tidur tepat waktu dan cukup sangat membantu dalam sukses atau tidaknya diet yang kamu lakukan. Disiplin dalam jam tidur membuat kamu memangkas asupan snack malam hari yang berati bagus untuk diet. Usahakan tidur cukup selama 7 jam dan bangun tepat waktu juga. Jika kamu bangun telat, maka sama artinya kamu melewatkan jam makan siang dan berarti banyak makan di jam makan siang.

8. Rutin Jalan Kaki Atau Mendaki Juga Boleh

Source: Pexels

Jalan kaki adalah olahraga paling murah dan gampang dilakukan. Kamu bisa mengawali pagi kamu dengan jalan kaki singkat selama 1 atau dua jam. Atau, jika rumahmu kebetulan berada di atau dekat lereng bukit/ gunung, meluangkan waktu mendaki selama beberapa jam untuk berolahraga bisa dijadikan ajang pelepasan stress yang jitu, sekaligus juga membakar lemak. Lebih disarankan lagi jika kamu jalan kaki setelah makan untuk membakar energi.

9. Makan Tepat Waktu

Source: Stevepb

Kunci diet adalah keteraturan dan disiplin. Hal ini termasuk juga makan tepat waktu 3 kali setiap hari. Jika ada yang beranggapan bahwa diet berarti tidak sarapan atau makan malam, hal ini salah besar. Kamu tetap bisa makan 3 kali sehari, namun dengan porsi dan menu yang sudah disepakati. Makan tepat waktu tanpa melewatkan salah satu dari ke tiganya dapat membantumu terhindari dari lapar dan keinginan untuk mengudap makanan.

10. Perbanyak Makanan Kaya Mineral

Source: Congerdesign

Selama diet, tubuh dipaksa untuk melakukan perubahan pola makan dan pola hidup. Makanan yang kaya mineral juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaganya tetap sehat. Tomat, pisang, jeruk, susu rendah lemak serta sayur dan buah lainnya punya banyak sekali kandungan mineral yang dibutuhkan dalam proses metabolisme, mejaga tulang, menjaga tekanan darah, serta menyeimbangkan kadar sodium dalam darah.

Nah, itu tadi 10 langkah agar diet menurunkan berat badan kamu berhasil. Yang terpenting adalah memenuhi asupan gizi, vitamin dan mineral sehari hari agar diet kamu berjalan dengan baik. Kombinasikan dengan melakukan olahraga secara teratur, misalnya angkat beban, jalan kaki dan mendaki. Dijamin, diet kamu bakal berhasil dan nggak gagal lagi.

Mulai hidup sehat dan selamat diet, kawan!

Loading...