Kunjungi 10 Lokasi Paling Hits Kekinian Di Bandung Barat Ini

By |2018-11-07T15:25:33+00:00February 18th, 2017|Trip and Travel|

BandungSource: wikimedia

Bandung Barat merupakan sebuan kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah administratif propinsi Jawa Barat, yang sebelumnya termasuk ke dalam kabupaten Bandung. Sebagai sebuah wilayah hasil pemekaran, Bandung Barat pun mulai menata diri dengan segala perkembangan infrastruktur dan juga objek wisata. Banyak sudut – sudut wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi para traveler maupun untuk keluarga. Berikut sudut wisata di Bandung Barat yang pasti akan membuatmu berdecak kagum dan tak sabar untuk kesana.

1. Gunung Tangkuban Perahu

https://www.instagram.com/p/BQkTMRdhIk5/

Loading...

Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah sudut wisata yang sangat layak dikunjungi saat berada di Bandung Barat. Terletak di wilayah kecamatan Lembang, gunung Tangkuban Perahu begitu dikenal masyatakat, hal ini tak lepas karena cerita rakyat yang menyertai awal mula terbentuknya gunung tersebut. Yakni cerita seorang anak yang tak sengaja jatuh cinta kepada ibu kandungnya sendiri, dan meminta untuk dibuatkan perahu sebagai syaratnya. Karena tak dapat memenuhi makanya perahu tersebut ditendang oleh sang anak hingga jatuh tertelungkup. Karena itulah gunung tersebut diberi nama Tangkuban Perahu.

2. Curug Maribaya

Dalam bahasa Indonesia kata curug bila diartikan memiliki makna air terjun. Dan curug Maribaya merupakan sebuah sudut wisata di Bandung Barat yang sangat layak dikunjungi. Keindahan air terjunnya yang jernih dan pemandangan daun – daun yang menghijau disekitar tebingnya menambah suasana sejuk di salah satu curug terindah di Bandung Barat ini. Lokasinya pun juga masih berada di satu wilayah di kecamatan Lembang sehingga masih berdekatan dengan lokasi gunung Tangkuban Perahu.

 3. Gunung Burang-rang

Sudut wisata di Bandung Barat yang satu ini merupakan salah satu gunung berapi yang sudah tak lagi aktif. Banyak dikenal oleh para pendaki yang masihbpemula sebagai latihan untuk mendaki, selain itu keindahan alam yang dimilikinya juga sangat menakjubkan. Karena pengelolaan tempat indipeangang oleh Perhutani dan juga sering dijadikan untuk tempat latihan militer, akses masuk ke wilayah gunung Burangrang menjadi sedikit lebih ketat dan juga tertutup saat latihan sesang berlangsung

 4. Rainbow Waterfall

Rainbow waterfall atau air terjun pelangi sebelumnya memiliki nama curug Cimahi. Perubahan nama tersebut dipengaruhi adanya inovasi dari pihak pengelola salah satu sudut wisata terbaik di Bandung Barat ini untuk menarik minat para traveller untuk mampir dan menikmati keindahannya. Nama pelangi disematkan karena pengelola menambahkan sebuah lampu sorot di ujung curug yang memberikan efek seperti pelangi. Tak hanya dimalam hari saja warna curug pelangi bisa dinikmati namun juga saat di siang hari.

 5. Tebing Keraton

Bagi kamu seorang traveller pemburu sunrise, salah satu sudut wisata yang dimilki Bandung Barat ini layak dijadikan destinasi selanjutnya. Dulunya nama tebing keraton adalah tebing jontor, nama ini baru diberikan di tahun 2014 bersamaan dengan peresmiannya sebagai salah satu destinasi wisata. Pemandangan lainnya yang bisa dinikmati di bulan – bulan tertentu ialah sekawanan elang yang bermigrasi ke Australia dari wilayah Asia. Hal ini karena tebing keraton berada di kawasan hutan Raya Ir. Juanda yang merupakan tempat singgah sementara bagi elang -elang tersebut.

6. Wadung Saguling

Waduk atau bendungan yang digunakan sebagai PLTA ini berada di kecamatan Saguling. Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengairan waduk Saguling ini juga menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Bandung Barat. Berada di ketinggian 634 meter diatas permukaan laut, sehingga hawa sejuk langsung terasa saat kita menyusuri jembatan beton di salah satu waduk yang membendung aliran air sungai Citarum ini.

7. Puncak Bintang

https://www.instagram.com/p/BOn2UdvBDOR/

Sudut wisata yang masih berada di wilayah Bandung Barat ini sesungguhnya berada di area hutan pinus yang berada di ketinggiam 1442 meter diatas permukaan laut. Nama tersebut diberikan karena dari ketinggian tersebut kita dapat melihat kerlap – kerlip lampu kota Bandung yang berkilau seperti bintang. Selain untuk melihat pemandangan kerlip lampu yang seperti bintang dikejauhan, lokasi ini juga sangat cocok untuk melakukan camping baik sendiri atau dengan keluarga.

8. Vihara Vipassana Graha

Vihara milik umat budha theravada ini terletak di wilayah kecamatan Lembang, gaya bangunannya yang seperti pagoda akan membuat kita seperti berada di luar negeri. Karena gaya bangunannya yang sangat berbeda dan unik menjadikannya sebagai sudut wisata di Bandung Barat yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Vihara ini sendiri memiliko sejarah pembangunan yang sangat berliku, hampir tiga kali gagal di bangun. Dan barulah di bulan februari di tahun 1992 diletakanlah batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan vihara tetweseb.

9. Observatorium Bosscha

Dibangun pada masa penjajahan Belanda di Indonesia membuat observatorium Bosscha menjasi salah satu tempat peneropongan bintang yang tertua di Indonesia. Hingga saat ini observatorium tersebut masih digunakan meski hanya untuk saat – saat tertentu saja. Namun pengunjung masih dapat melihat keindahan dan kemegahan bagunannya yang kokoh khas buatan Belanda. Karena merupakan situs peninggalan budaya karenanya Observatorium Bosscha in kemudian di masukan ke dalam salah satu cagar budaya yang harus dilindungi dan di amankam.

10.  Sendang Geulis Kahuripan

Salah satu sudut wisata yang sayang jika di lewatkan saat berkunjung ke Bandung Barat ialah sendang geulis kahuripan. Pesona alamnya begitu menakjubkan, termasuk keindahan bawah airnya. Inilah yang paling difavoritkan para pengunjung saat berada di tempat tersebut, airnya yang jernih dan tenang membuat kegiatan berfoto di bawah air menjadi begitu mudah dilakukan. Selain itu hawa sejuk dari air sendang dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit di badan karena kelelahan.

Berwisata selain dapat mengistirahatkan pikiran sejenak dari beragam kesibukan, namhn juga dapat membuat kita mengenal tempat – tempat baru yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti di Bandung Barat. Karenanya semua lokasi wisata di Bandung Barat sangat sayang jika dibiarkan lewat begitu saja.

Mari ambil tasmu dan berlibur sekarang, Ladies!

Loading...