Kamu Penggemar Seni? Berikut 6 Seniman Lokal Ini yang Kamu Perlu Tau!

By |2019-05-29T12:41:50+00:00May 6th, 2019|Entertainment|

Photo by Samuel Richard

Bagi pecinta seni, kamu pasti sudah tidak asing dengan mural dan grafiti. Ya, seni ini merupakan salah satu dari sekian banyak seni rupa yang ada. Seni mencoret-coret ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Bisa dibilang seni mural dan grafiti ini lebih dikenal dengan street art atau seni jalanan. Para kreator seni ini menunjukkan kemampuannya untuk mengutarakan pesan pada media dinding kayu hingga tembok. Kamu bisa menjumpai seni mural dan grafiti ini di tembok atau dinding jalanan di kota-kota besar. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan mural dan grafiti di berbagai produk seperti tas, baju hingga sepatu. Nah, buat kamu yang ingin mengenal seniman lokal di Indonesia terkait mural dan grafiti, yuk simak artikel berikut ini!

Darbotz

 

Loading...

Photo by @darbotz

Merintis karir sebagai street artist sejak SMA membuahkan hasil manis bagi seniman lokal satu ini. Salah satu karyanya bisa kamu saksikan di daerah Sarinah – Thamrin, Jakarta Pusat. Jika kamu melewati daerah itu, kamu akan melihat hasil karya Darbotz yang mejeng di salah satu hotel di kawasan tersebut. Grafiti dengan gambar cumi monster atau yang dikenal CumiKong dengan warna hitam, putih dan abu-abu menjadi ciri khas karya ciptaan Darbotz.

Meskipun awalnya hanya iseng, siapa sangka hasil karya coretannya di tembok dilihat sebagai karya yang unik dan menghasilkan nilai jual. Selain hotel, Darbotz juga berkolaborasi dengan salah satu brand ternama dunia yaitu DC Shoes untuk mendesain produk terbarunya yang saat ini sudah beredar atau terjual secara global. Tak hanya itu, Darbotz juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya seperti Nike, Google Chrome dan sebagainya. Kini nama Darbotz terkenal hingga mancanegara loh!

Untuk lebih mengenal karya Darbotz, yuk intip hasil karyanya berikut @darbotz.

Muklay

Photo by @muklay

Pemilik nama asli Muchlis Fachri ini lebih akrab dipanggil dengan sebutan Muklay. Muklay merupakan seorang seniman visual dengan ciri khas warna-warna yang mencolok, unik dan karakter monster-monster yang menggemaskan. Karya ciptaannya identik dengan ilustrasi pop art yang berwarna neon. Kamu bisa menjumpai hasil karya ciptaannya di Art:1 New Museum daerah JIExpo Kemayoran. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan deretan sketsa-sketsa hasil karya Muklay yang diterapkan untuk sneakers. Untuk melihat hasil karya ciptaannya yuk kepoin instagramnya di @muklay.

Alipjon

Photo by @alipjon_

Terinspirasi dari kehidupannya, Alipjon menyebut dirinya sebagai “meteor”. Melalui hasil karya ciptaannya, ia percaya bahwa untuk menciptakan sesuatu, kita harus menghancurkan apa yang ada dan membangun sesuatu yang indah dari kehancuran tersebut. Karya Alip memiliki ciri khas dengan warna-warna neon dengan nuansa yang intense dan chaotic.

Lukisan-lukisannya menggambarkan keluh-kesahnya terhadap situasi politik yang terjadi, intoleransi, fasisme bertopeng agama dan keresahan lainnya yang Alip rasakan.

Bagi kamu yang tidak terbiasa melihat seni ini akan terasa seperti melihat orang gila melukis yang sedang marah-marah, namun ternyata di balik lukisan tersebut menyimpan makna dan arti tersendiri bagi Alipjon. Lihat hasil karya Alip lainnya di instagram @alipjon_

Abenk Alter

Photo by @abenkalter

Tak hanya sebagai penyanyi, Abenk Alter yang memiliki nama asli Rizqi Ranadireksa juga dikenal sebagai seniman. Mengawali karir sebagai vokalis ternama Soulvibe, kini Abenk beralih sebagai seorang seniman. Karena kegemaran dan hobi melukisnya yang tertanam sejak kecil, Abenk membulatkan tekad untuk keluar dari band dan terjun menekuni bidang seni.

Imajinasi ilustrasi menjadi kata yang pas untuk menggambarkan gaya melukis Abenk saat ini. Baginya karya yang murni yaitu dari pola imajinasi yang ada di otak bukan dari pola realis. Abenk juga menggunakan kanvas sebagai media untuk berkreasi tanpa ada yang membatasi.

Hasil karya Abenk juga banyak dipamerkan di berbagai pameran seni di ibukota salah satunya di Galeri Nasional. Selain itu hasil karya Abenk ini juga pernah dipamerkan pada sebuah pameran Play In Progress yang dilangsungkan di Plaza Indonesia dan menjadi viral di sosial media. Kalau kamu ke Filosofi Kopi Blok M dan melihat mural unik di dalamnya, itu merupakan salah satu hasil karya Abenk. Yuk lihat hasil karya Abenk lainnya di instagram @abenkalter.

Drawmama

Photo by @drawmama

Pemilik nama lengkap Marishka Soekarna ini seorang seniman mural yang karyanya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Marishka merupakan salah satu seniman perempuan yang termasuk dalam daftar seniman yang dilibatkan dalam project pembenahan area Kalijodo. Mural yang saat ini mejeng di Kalijodo menggambarkan cerminan di kawasan tersebut.

Karya Marishka sendiri memiliki ciri khas yang berkaitan atau berdekatan dengan dirinya. Tak hanya di Indonesia, karyanya juga bisa kamu nikmati ketika kamu berkunjung ke Belanda. Intip hasil karya Marishka lainnya di sosial medianya @drawmama.

 

Stereoflow

Adi Dharma yang lebih dikenal sebagai Stereoflow merupakan seorang seniman grafiti asal Sukabumi. Hasil karyanya berupa lukisan, mural dan instalasi. Ciri khas dari karyanya terlihat dari warna-warna cerah yang kontrak. Bentuk elemen yang dilukisnya terilham dari pola-pola geometris seperti garis lurus, gelombang dan diamond. Dalam setiap karyanya, Adi terinspirasi oleh musik hip hop sampai funk. Karyanya telah dipamerkan hingga mancanegara seperti Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Korea dan Thailand. Yuk lihat hasil karya graffiti lainnya di @stereoflow_id.

 

Itulah beberapa seniman Indonesia yang terkenal dalam skala nasional hingga internasional. Seniman mana yang menginspirasi kamu lovers?

Loading...