Janin 6 Bulan, 10 Fakta Menarik Ini Penting di Simak

By |2018-11-08T02:22:59+09:00January 26th, 2017|Family|Comments Off on Janin 6 Bulan, 10 Fakta Menarik Ini Penting di Simak


Source: Brusalvate

Masa kehamilan sejauh ini telah berlalu dengan sangat cepat dan janin 6 bulan yang tumbuh di dalam rahim bunda juga telah tumbuh dengan begitu pesat. Setidaknya saja janin kini memiliki panjang tubuh kurang lebih 35 centimeter dengan bobot 600 gram. Sangat penting bagi bunda untuk lebih waspada dengan keadaan janin di masa-masa ini, sebab ini akan membantu bunda mengetahui perkembangannya. Berikut selengkapnya:

 1. Tulang Janin Kini Semakin Kuat


Source: One_life

Seiring perkembangan janin dari waktu ke waktu, kini di usia janin 6 bulan tulang-tulangnya telah tumbuh semakin kuat. Hal inu juga harus didukung oleh bunda dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan kalsium agar membantu pembentukan tulang pada janin semakin kuat. Rahim bunda kini mulai membesar hampir sebesar bola sepak, hal ini membuat bunda akan sedikit kesulitan saat bernafas.

 2. Kedipan Pertama


Source: pixabay.com

Bila bulan lalu kedua kelopak mata pada janin bunda masih menutup, saat ini bahkan janin 6 bulan telah dapat berkedip untuk pertama kalinya. Saat berkedip, ini merupakan gerakan reflek untuk melindungi kedua matanya dan bulu matanya pun juga telah tumbuh saat ini. Karenanya saat bunda meletakan senter ke arah perut, maka janin akan memalingkan muka sebab kedua mata janin kini menjadi lebih sensitif.

 3. Paru-Paru Janin Makin Matang


Source: Robertofoto

Saat ini bronchus dan juga bronchiolus serta duktus avelous telah mendekati sempurna dan matang. Meski telah mendapatkan oksigen melalui plasenta namun janin 6 bulan telah mulai menggunakan paru-parunya untuk mengambil oksigen. Dan janin akan lebih sering cegukan, hal tersebut sebagai salah satu cara untuk melatih sistem pernapasan janin agar lebih siap hingga saat nanti menjelang hari kelahirannya.

 4. Janin Mulai ‘Bermimpi’


Source: miapowterr

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, bayi sejak dalam kandungan atau setidaknya di minggu ke 27 usia janin 6 bulan, janin telah mulai bermimpi meski belum dapat dipastikan apa yang ada di dalam mimpi si kecil ini. Mungkin ini bisa sedikit menjelaskan mengapa bayi terkadang bangun di malam hari dengan tangisan tiba-tiba, mungkin bayi mengalami mimpi buruk saat ia tertidur.

5. Janin Lebih ‘Perasa’


Source: Serenestrarts

Seluruh organ dalam janin kini masih dalam tahap perkembangan dan belumlah sempurna, namun demikian janin 6 bulan dalam rahim bunda saat ini menjadi lebih perasa. Apa yang sedang dialami serta apapun perasaan bunda saat ini baik susah, senang, gelisah maupun marah janin dapat merasakannya, dan hal ini diduga dapat mempengaruhi kondisi psikis bayi saat telah lahir ke dunia. Maka di masa kehamilan ibu hamil tak boleh mengalami tekan batin.

 6. Setuhan Tangan Bunda membuat Janin Nyaman


Source: Pexels

Semakin besar usia janin sekarang, ia menjadi sangat peka trhadap situasi yang terjadi di luar rahim bunda. Jadi bila ada sesuatu hal misalnya suara keras yang tiba-tiba atau bunda meengalami stres, janin 6 bulan bunda akan melonjak dan memberikan respon dengan tendangan. Berikanlah usapan atau sentuhan lembut di perut bunda, agar janin merasa lebih tenang dan tak lagi merasa tegang.

 7. ‘Nostril’ Janin Telah Terbentuk


Source: Ferhat66

Nostrils pada bagian hidung janin 6 bulan kini telah terbentuk, bagian tersebut merupakan istilah yang digunakan untuk menamai lubang hidung. Dengan terbentuknya lubang hidung ini, fungsi indera penciuman juga mulai berfungsi sedikit demi sedikit. Semakin besar janin saat ini, membuat bunda tak lagi dapat bergerak sesuka hati sebab gerakan yang tiba-tiba dan menghentak dapat memicu kontraksi pada rahim yang dapat memicu kelahiran lebih cepat. Jadi hati-hati bunda!

 8. Detak Jantung Janin Menurun


Source: TawnyNina

Dengan bertambahnya usia janin, detak jantunya kini mulai menurun tak lagi secepat bulan bulan sebelumnya yakni dikisaran 140 denyutan setiap menitnya. Walaupun demikian detak jantung bunda tetap masih lebih rendah dari detak jantung janin. Saat ini bila bunda mengalami hal-hal yang tidak nyaman pada sendi-sendi yang cukup menggangu, segera konsultasikan hal tersebut pada dokter saat melakukan pemeriksaan rutin. Sebisa mungkin buat dirimu nyaman ya bunda, agar kehamilan bebas masalah.

 9. Janin Lebih ‘Anteng’


Source: Profile

Di akhir periode trimester kedua ini tubuh janin kian tumbuh dengan pesat, namun ukuran rahim tak lagi dapat membesar sehingga pergerakan janin di dalamnya sangat terbatas. Ini mengapa janin 6 bulan bunda saat ini lebih ‘anteng’ atau tak banyak bergerak. Ini juga karena janin telah memiliki pola tidurnya sendiri yang tentu agak berbeda dengan pola tidur bunda.

 10. Peluang Hidup 85%


Source: Sanjasy

Bila kemungkinan buruk terjadi pada kehamilan bunda yang membuat janin harus dilahirkan lebih dini, janin memiliki peluang hidup sekitar 85% meski seluruh organ vital janin belumlah terbentuk dengan sempurna. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi kelahiran dini atau prematur, baik kondisi kesehatan bunda selama kehamilan maupun janin 6 bulan itu sendiri. Ini mengapa setiap ibu hamil harus memeriksakan kehamilan secara rutin agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Di bulan ke 6 kehamilan ini tubuh bunda akan berubah drastis, perut yang membesar akan memunculkan stretch mark. Hal tersebut terjadi jika bunda terlalu sering menggaruk perut yang terasa gatal, dan cara mengatasinya cukup mudah hanya dengan menggunakan lotion pelembab di sekitar  perut serta jangan menggaruknya. Jangan lupa jaga kondisi dan juga persiapkan kelahiran mulai dari sekarang. Keep healthy and strong, bunda!

Loading...