Jangan Remehkan Petai! Berikut 10 Manfaatnya Untuk Tubuh

By |2018-11-07T21:50:12+07:00February 6th, 2017|Health|Comments Off on Jangan Remehkan Petai! Berikut 10 Manfaatnya Untuk Tubuh

Source : Foto Najwaa

Anda anti petai karena tidak suka dengan baunya? Think again, readers. Mari kita kesampingkan bau yang tidak enak dari petai untuk sementara, karena tahukah anda bahwa petai memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh anda! Sehingga memakan petai tidak hanya membuat anda lebih sehat, namun juga lebih bahagia. Tidak percaya? Dalam artikel berikut akan kami tuliskan beberapa fakta manfaat petai bagi tubuh anda. Disimak ya!

1.Untuk Diabetes

Source : Pexels

Sebuah studi di Malaysia menyebutkan bahwa ekstrak petai dapat mengurangi kandungan gula darah yang menyebabkan diabetes. Kandungan ß-sitosterol, stigmasterol dan stimast-4-en-3-one dilaporkan berada dalam kandungan cairan ekstrak petai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi petai dapat membuat gula darah terkendali dan kita terhindar dari penyakit diabetes ya, readers.

2.Kaya akan Antioksidan

Petai juga kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari partikel asing yang dapat berbahaya bagi tubuh. Adapun bagian yang mengandung zat antioksidan paling tinggi terdapat pada daun dan biji petai. Anda dapat mengkonsumsi petai dengan dimasak maupun dilalap dan dimakan dengan sambal. Sangat nikmat!

Loading...

3.Baik Untuk Pencernaan

Source : Alexas_Fotos

Penelitian menunjukkan bahwa petai juga memiliki kandungan zat yang melindungi saluran pencernaan. Meskipun excess yang diakibatkan dari mengkonsumsi petai adalah air seni yang berbau tidak enak, namun sebenarnya yang terjadi di dalam saluran pencernaan ketika mengkonsumsi petai adalah perbaikan sel-sel pencernaan dan juga memperlancar saluran pencernaan.

4.Kaya Karbohidrat dan Serat

Source : Sharonang

Petai mengandung karbohidrat yang tinggi. Dimana kita ketahui bahwa karbohidrat menyediakan sumber energy yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.  Petai juga baik dikonsumsi ketika diet. Kandungan seratnya yang tinggi membuat karbohidrat diserap dengan lambat dalam pencernaan. Hal ini membuat anda kenyang sepanjang hari lho, readers.

5.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

ource : WerveFabrikai

Hasil pertanian dari daerah tropis seperti petai memiliki kandungan yang sangat tinggi akan potassium, atau 224 mg potassium per setangah gelas petai. namun rendah kandungan garam sehingga sangat baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Karena kandungan potassium yang tinggi inilah sehingga FDA mengizinkan para industry pertanian petai untuk mengklaim bahwa petai memiliki manfaat untuk mengatasi darah tinggi dan stroke.

6.Menghindari Depresi

Source : Giuliamar

Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang didalam tubuh akan diubah menajdi serotonin yang akan memberi efek menenangkan, mengembangkan mood yang baik serta memberikan rasa bahagia. Sehingga jika anda merasa depresi atau tertekan karena permasalahan tertentu, mengkonsumsi petai akan membant anda untuk berfikir lebih rileks dan lebih jernih.

7.Membantu untuk Berhenti Merokok

Source : realworkhard

Apakah anda sedang berusaha menghentikan kebiasaan merokok anda dan and bingung cara apa yang paling baik untuk dilakukan? Maka anda harus mencoba Petai! Petai mengandung vitamin B6 dan B12 serta potassium dan magnesium yang akan membuat tubuh anda merasa cukup dengan kafein sekaligus membersihkannya.

8.Membantu Mengatasi Hangover

Source : Jarmoluk

Bagi anda yang suka party dan minum alcohol hingga hangover, merupakan pilihan yang  baik bahwa anda dapat mengatasi hangover anda dengan cepat jika anda berani meminum segelas jus campuran antara petai, madu dan susu. Ramuan jus ini dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah dan juga menstabilkan level cairan di dalam tubuh anda. Sehingga ketika anda hangover dan meminum jus ramuan ini, anda akan ‘sadar’ secara lebih cepat dibandingkan tidak dengan meminum ramuan ini.

9.Baik untuk Jantung

Source : Jill111

Menurut penelitian Dr K.W. Ng di Kuala Lumpur, ia menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi petai, daripada mengkonsumsi ikan dan kacang karena petai mengandung kandungan omega 3 dan fatty acid yang baik untuk jantung anda. Sehingga mengkonsumsi petai baik untuk jantung anda. Konsumsi secara teratur dengan cara dimasak atau dilalap. Lezat dan sehat.

10.Kaya akan Vitamin C dan Calcium

https://www.instagram.com/p/BQC3vhYhSDX/

Tahukah anda bahwa di dalam setengah cup petai mengandung 20 mg vitamin C? sehingga dapat memenuhi setengah kebutuhan tubuh kita akan vitamin setiap hari. Vitamin C juga berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel rusak di dalam tubuh kita. Petai juga kaya akan kalsium, dimana setengah cupnya mengandung 75 kalsium yang baik untuk tulang.

Nah itulah ke sepuluh kegunaan petai yang sangat baik untuk tubuh kita. Jika anda meragukan apa iya petai memiliki manfaat sebanyak itu? Sebaiknya anda mulai mengkonsumsi petai dari sekarang agar anda mendapatkan segala kebaikan petai.

Semoga anda selalu sehat ya, readers!

Save

Save

Save

Save

Save

Loading...