Jangan Lewatkan 10 Pantai di Jogja Ini

By |2018-11-07T15:25:07+00:00February 19th, 2017|Trip and Travel|


Source: Vito Adriono

Untuk kamu yang suka berwisata ke pantai, berjalan santai sepanjang garis pantai adalah hal wajib untuk dilakukan. Tapi kalau pantainya tidak bersih dan terawat, kamu pasti malas untuk mengunjunginya. Inilah 10 pantai di Jogja yang akan membuat kamu betah menyusurinya selama berjam-jam sambil berswafoto atau berselancar atau sekadar bermain air.

1. Pantai Drini


Source: Agni Minardi

Loading...

Warga lokal sering menyebutnya dengan Pantai Perawan. Selain karena masih jarang didatangi pengunjung, pantai ini juga masih sangat alami dengan pasir putihnya yang bersih. Akses menuju pantai ini dari Jogja sudah sangat mulus. Tapi kamu tetap harus berhati-hati karena jalannya cukup terjal dan berkelok-kelok. Walaupun Pantai Drini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ombak di pantai ini termasuk cukup aman untuk bermain air.

2. Pantai Sepanjang

Ini dia Pantai Kuta tempo doeloenya Jogja. Pantai Kuta di Bali dikenal dengan garis pantainya yang panjang, demikian juga dengan Pantai Sepanjang. Ombak di Pantai Sepanjang tidak terlalu besar, jadi relative aman untuk permainan-permainan air. Di bibir pantai juga disediakan gubuk-gubuk beratap daun kering. Selain itu, karang pasang surut pantai ini juga masih terawat yang membuat suasana pantai terasa sangat alami.

3. Pantai Sadranan


Source: alfianto

Bagi para pecinta alam yang penyendiri, pantai di Jogja yang satu ini cocok untuk kamu. Pantai Sadranan masih belum seramai pantai-pantai yang lainnya. Selain karena letaknya yang cukup jauh, akses menuju pantai ini juga belum bagus. Kamu harus melewati jalan sempit dengan batu kapur, jadi kamu harus berhati-hati. Penjaja makanan dan minuman pun belum terlalu banyak, jadi sebaiknya kamu menyiapkan bekal yang cukup jika ingin berkunjung. Tapi sudah ada vila yang cukup besar di atas bukit karang bagi kamu yang ingin menginap.

4. Pantai Nguyahan

Pantai pasir putih ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Nama ‘Nguyahan’ sebenarnya dari kata uyah yang dalam bahasa Indonesia berarti garam. Dulunya pantai ini adalah pusat pembuatan garam bagi warga. Pasir putihnya membuat pantai ini terlihat cantik. Selain itu, pantai di Jogja yang satu ini masih bersih karena belum banyak didatangi pengunjung. Dari sini kamu bisa coba jalan kaki ke pantai terdekat yaitu Pantai Ngobaran.

5. Pantai Pok Tunggal


Source: Ario

Di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, terdapat beberapa pantai. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Pok Tunggal. Di kiri dan kanan pantai terdapat tebing dengan jalan setapak. Kamu bisa naik dan melihat luasnya hamparan pantai berpasir putih ini dari berbagai sisi. Selain itu, pantai di Jogja ini letaknya berdekatan dengan Pantai Watulawang dan Pantai Ngetun. Jadi kamu bisa sekaligus mengunjungi tiga pantai yang saling berdekatan. Asyik kan?

6. Pantai Sundak


Source: Wayan Saryada

Masih di daerah Tepus, tepatnya di Desa Sidoharjo, ada sebuah pantai yang memiliki cerita menarik. Konon nama Sundak berasal dari perkelahian antara anjing (asu dalam bahasa Jawa) dan landak. Lepas dari cerita itu, pantai di Jogja ini menyuguhkan pasir putih bersih dan air yang jernih. Kamu akan betah berlama-lama di sini.

7. Pantai Siung


Source: Agni Minardi

Di sebelah Kecamatan Tepus, ada juga sebuah pantai yang harus kamu kunjungi. Nama pantai ini diambil dari bentuk batu karangnya yang berukuran besar-besar. Menurut warga setempat, ada sebuah batu karang yang agak menjorok ke lautan dan bentuknya seperti gigi kera atau suing wanara. Lalu mereka menamai pantai di Jogja ini Pantai Siung. Para cliff climber (pemanjat tebing) suka menghabiskan waktu di sini untuk menaklukan karang-karang yang ada.

8. Pantai Jogan

Pernah lihat air terjun di pantai? Nah, di Pantai Jogan ini kamu akan melihatnya. Pantai di Jogja yang satu ini agak tersembunyi di balik perbukitan karst yang ada di Gunungkidul. Ada sebuah air terjun yang airnya langsung jatuh ke bibir laut. Pemandangan yang sangat sulit untuk diabaikan. Lokasinya tepat di sebelah Barat Pantai Siung. Untuk mencapai pantai ini tidaklah susah. Akses jalan yang cukup mulus bisa dilalui motor roda dua ataupun mobil. Kalau kamu suka menikmati guyuran air terjun, kamu bisa turun ke bawah melalui batu-batuan yang sudah diberi pengaman bambu oleh warga sekitar untuk berpegangan.

9. Pantai Wediombo


Source: yopi priyatna

Kalau pantai di Jogja ini letaknya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Masih di Kabupaten Gunungkidul, kamu bisa melakukan banyak aktifitas di sini. Kebanyakan wisatawan memilih untuk memancing ikan dan berselancar. Kalau mau mengunjungi pantai ini, ada baiknya waktu menjelang senja. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil berbaring di atas pasir putihnya yang bersih.

10. Pantai Greweng

https://www.instagram.com/p/BHhZMpKgvBE/?taken-by=agustinusbarway

Untuk mencapai pantai di Jogja yang satu ini, kamu memang perlu usaha ekstra. Pantai Greweng terletak di Kecamatan Girisubo, dekat Pantai Wediombo. Untuk bisa menikmati pantainya yang indah, kamu perlu berjalan kaki (trekking) melewati sawah-sawah dan bukit sejauh 2 kilometer. Tapi semua usahamu akan terbayarkan karena kamu bisa menikmati pantai yang masih alami dan seperti pantai pribadi. Kamu disarankan untuk membawa bekal yang cukup, terutama bekal air minum kalau mau mengunjungi pantai ini.

Ke mana pun kamu berwisata, ada baiknya untuk selalu menjaga keindahan dan kebersihan tempat yang kamu kunjungi. Ingat untuk tidak mengambil apapun selain foto dan tidak meninggalkan apapu selain jejak kaki. Jika keindahan alam terjaga, kita akan bisa menikmatinya untuk waktu yang lama. Selamat menyusuri pantai di Jogja!

Loading...