Jangan Lewatkan 10 Manfaat Okra untuk Kesehatan Ini, Perhatikan Juga Risikonya

By |2019-05-29T12:41:51+00:00February 17th, 2019|Health, Lifestyle|


Source: Jenny

Okra adalah sayuran yang juga dikenal sebagai bendi yang mampu hidup di daerah tropis, subtropis dan daerah beriklim hangat lainnya. Makanan ini terkenal baik karena rendah kalori, bebas lemak dan padat nutrisi. Kesegaran okra sangat pas digunakan sebagai sayuran yang dapat diolah dengan cara digoreng, direbus atau diacar. Okra mengandung banyak serat, kayak vitamin C dan K, folat, kalsium, kalsium, niasin, tiamin, vitamin B6, magnesium, mangan, beta-karoten dan lutein. Okra juga dapat diproduksi menjadi minyak esensial yang tinggi kandungan lemak tak jenuh seperti asam oleat dan linoleat. Kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah menjadikan okra benar-benar menjadi makan super. Apa sajakah manfaat di balik makanan super ini? Simak 10 manfaat okra yang tidak boleh kamu lewatkan di bawah ini:

1. Menjaga kesehatan pencernaan


Source: fancycrace1

Loading...

Okra mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan usus. Serat bersifat menyerap banyak air sehingga mampu membuang limbah dari dalam tubuh. Hal ini membantu gerak usus menjadi lebih teratur, mencegah sembelit, kembung, kram perut dan gas berlebih. Vitamin A yang ada di dalam okra juga membantu melancarkan fungsi saluran pencernaan. Satu atau dua cangkir okra yang diolah menjadi sup atau tumisan yang sedap sudah cukup memenuhi kebutuhan serat harianmu.

2. Memperkuat daya tahan tubuh


Source: PublicDomainPictures

Mengonsumsi okra secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Okra mengandung vitamin C tinggi yang membantu sel-sel darah putih berfungsi dengan baik dan mengembangkan kekebalan terhadap infeksi. Selain itu, okra juga membantu tubuh sembuh lebih cepat dari penyakit flu dan menangkal radikal bebas. Bahkan, dengan rutin mengonsumsi okra, tubuh bisa terhindar dari flu musiman yang menyerang.

3. Menyehatkan mata


Source: 1899441

Komponen vitamin C dan anti oksidan seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin di dalam okra membantu meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin A juga melindungi kornea dari kerusakan, lutein melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet, sementara zeaxanthin membantu meningkatkan kemampuan mata melihat gambaran visual. Okra dapat menetralisir radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel yang mendukung organ mata. Sering-sering memasukkan okra ke dalam menu makanan kamu dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula dan katarak.

4. Menjadikan kulit lebih bercahaya


Source: lenkafortelna

Keberadaan vitamin C di dalam okra dapat membantu pertumbuhan sel dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Vitamin C juga memengaruhi pembentukan kolagen dan pigmentasi kulit sehingga membantu pencegahan jerawat, psoriasis dan kerusakan kulit lainnya. Mampu menjaga kesehatan pencernaan juga adalah salah satu faktor yang menunjang kesehatan kulit kita. Okra dapat diaplikasikan pada kulit secara langsung sebagai masker. Caranya rebus dua cangkir okra yang sudah dicincang bersama dua gelas air selama 10-15 menit. Diamkan sebentar hingga tidak terlalu panas. Ambil biji okra dan campurkan dengan minyak jojoba atau minyak lain secukupnya. Oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Kamu bisa menggunakan masker ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

5. Membantu menjaga kesehatan janin


Source: Tawnynina

Okra sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin B di dalamnya membantu memastikan bayi di dalam kandungan tumbuh sehat dan mencegah cacat bawaan lahir, seperti spina bifida. Okra juga kaya akan asam folat, yakni senyawa yang dibutuhkan untuk memproduksi dan menjaga sel-sel baru yang berperan dalam pembentukan janin. Asam folat dapat mencegah terjadi keguguran. Vitamin C pada okra juga membantu perkembangan janin. Konsumsi okra dalam menu makanan selama kehamilan, terutama pada saat usia kehamilan empat minggu sampai 12 minggu. Sebab, saat itulah tabung saraf janin sedang berkembang.

6. Menurunkan kadar gula darah


Source: Myriamsphotos

Okra mengandung properti sejenis insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Indeks glikemik makanan ini juga tergolong rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences pada tahun 2011 mengonfirmasi sifat anti antidiabetes yang dimiliki oleh okra. Okra juga dapat membantu penyerapan glukosa yang pada akhirnya dapat menurunkan kadar gula darah. Potong-potong 4-5 buah okra, lalu tusuk-tusuk dengan menggunakan garpu. Rendam okra di dalam air minum selama semalam. Keesokan paginya, minumkan saat perut kosong. Meminum air rendaman okra secara teratur dapat menjaga kestabilan kadar gula darah.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat

OkraSource: Jenny Hones

Okra dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara menghambat aktivitas penyerapan kolesterol dan meningkatkan eskresi empedu. Hal ini menjadikan okra dapat membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat, seperti penyakit darah tinggi dan penyakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan di dalam jurnal Federasi Biologi AS mengungkapkan aktivitas hipolipidemik yang ditemukan di dalam ekstrak kulit okra bermanfaat menurunkan kolesterol.

8. Mengobati keputihan


Source: Pexels

Okra dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk mengobati keputihan. Selain itu, mengonsumsi okra juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Sediakan dua buah okra segar, lalu potong-potongan menjadi ukuran kecil. Rebus potongan di dalam dalam gelas air selama 15 menit atau hingga air berkurang setengahnya. Saring air rebusan, bagi menjadi tiga bagian. Campurkan air okra dengan air minum biasa jika kamu hendak meminumnya. Minum tiga kali sehari hingga kondisi keputihan berkurang.

9. Membuat rambut menjadi lebih berkilau


Source: laleyla5

Antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalam okra dapat membantu menyehatkan rambut. Hal itu berkat kandungan tembaga, seng, kalium, folat dan thiamin yang baik untuk rambut. Lendir okra juga dapat bertindak sebagai kondisioner alami untuk memperbaiki rambut yang kusam. Ambil 8 sampai 10 okra dan potong secara horizontal. Didihkan di atas api kecil bersama satu gelas air hingga tekstur berubah lengket. Angkat, lalu tambahkan beberapa tetes lavender. Saring dengan menggunakan kain kasa, dan simpan di dalam botol. Gunakan ramuan ini sebagai kondisioner, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

10. Detoksifikasi liver


Source: punnamjay

Okra membantu membersihkan hati dan mencegah penyakit hati karena dapat mengikat asam empedu dan kolesterol untuk mendetoksifikasi hati. Bahkan, okra dapat mencegah akumulasi lemak pada hati. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Saudi Pharmaceutical Journal, menyimpulkan antioksidan yang terdapat di dalam okra mampu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

Itulah 10 manfaat okra bagi kesehatan tubuh kita yang ternyata efek sampingnya nyaris tidak ada. Yang perlu diperhatikan jangan mengombinasikan okra dengan obat-obatan penurun kadar gula darah lainnya, karena dapat menurunkan kadar gula darah menjadi lebih rendah. Selebihnya, okra aman dikonsumsi bahkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Atur pola makan dan sehat selalu, ya.

Loading...