Inilah 15 Wisata Kuliner yang Wajib Anda Kunjungi di Malang

By |2018-11-08T19:13:14+09:00April 21st, 2017|Culinary|Comments Off on Inilah 15 Wisata Kuliner yang Wajib Anda Kunjungi di Malang


Source : neshom

Mendengar kata Malang, mungkin kebanyakan orang akan langsung teringat pada daerahnya yang sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Selain itu, di Malang juga terdapat banyak wisata kuliner yang akan memanjakan perut Anda, lho! Bukan hanya apel sebagai ikon dari kota ini yang menarik, namun juga berbagai pilihan kuliner lainnya. Yuk langsung saja kita simak tempat-tempat kuliner di Malang ini!

1. Warung Ronde Titoni

Bagi Anda yang baru berkunjung ke Malang mungkin perlu mengalami penyesuaian dengan udara disana yang memang cenderung dingin. Untuk menghangatkan tubuh, Anda dapat berkunjung ke warung ronde Titoni yang berlokasi di Jalan Jainal Arifin. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1948-an ini memiliki menu khas andalannya yaitu wedang ronde, yang sangat cocok menemani Anda di malam hari. Selain wedang ronde, warung ini juga menawarkan jajanan lainnya seperti roti goreng, cakwe, kacang kuah, dan lain sebagainya.

2. Rumah Makan Inggil

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Gajah Mada ini menawarkan berbagai makanan tradisional yang akan menggoyang lidah Anda. Menu andalan rumah makan Inggil adalah ikan gurame goreng, lele, penyet, dan pecel yang sangat sedap. Selain itu, rumah makan Inggil akan menjadi favorit Anda karena suasananya jadul dan penuh dengan nuansa kolonial Belanda. Sangat unik, bukan?

3. Pos Ketan Legenda 1967

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner yang satu ini menyajikan berbagai macam penganan berbahan dasar ketan dengan beragam toping, seperti ayam suwir, keju, cokelat, hingga durian. Wisata kuliner yang berlokasi di dekat kawasan alun-alun Batu ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati malam di Malang, terutama Batu. Anda juga bisa sekalian berjalan-jalan di alun-alun Batu, mengambil foto yang bagus untuk di-upload pada media sosial. Menyenangkan, bukan?

4. Sate Landak Bu Ria

Mendengar namanya, mungkin Anda langsung mengernyit dan seram sendiri karena nama hewan yang dagingnya dijadikan bahan utama rumah makan ini. Namun ternyata, dibalik duri keras yang dimiliki hewan itu terdapat daging yang lembut dan diolah menjadi sate yang lezat, lho! Selain landak, terdapat juga menu dari daging hewan yang cukup ekstrim lainnya, yaitu biawak dan bulus. Jika Anda penasaran ingin mencobanya, silakan berkunjung ke Sate Landak Bu Ria yang bertempat di Jalan Raya Bugis 47 Saptonegoro, daerah Pakis.

5. Soto Geprak Mbah Djo

Salah satu kuliner khas Malang yang wajib dicoba jika Anda berkunjung ke kota ini adalah Soto Geprak Mbah Djo. Soto geprak yang disajikan di rumah makan ini memiliki citarasa yang lezat dan khas karena dibuat dari resep turun-temurun serta bumbu tradisional. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman ini juga menyajikan berbagai menu selain soto geprak, seperti bebek goreng, ayam goreng, bakso, dan lain sebagainya.

 6. Taman Indie River View

Jika Anda mencari wisata kuliner yang sekaligus menyajikan pemandangan indah, Taman Indie River View adalah tempat yang tepat. Desain rumah makan ini dibuat sangat asri sehingga Anda akan merasakan suasana makan di kampung halaman sendiri. Anda bisa makan di pendopo atau saung sambil menikmati keindahan alam sekitar, sekaligus mendengar gemericik air sungai yang tak jauh dari situ. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Lawang Sewu Golf ini memiliki menu andalan yaitu nasi timbel bakar dan nasi buk madura.

7. Pecel Kawi Asli 1975

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk menjadi menu sarapan Anda ketika berkunjung ke Malang. Pecel Kawi sudah sangat dikenal oleh masyarakat sekitar karena bumbunya yang khas, lebih kental dan gurih. Anda dapat mengunjungi Pecel Kawi yang sudah berdiri sejak tahun 1975 ini di Jalan Kawi Atas untuk menikmati pecel yang khas itu. Selain pecel, tempat ini juga menyediakan menu lain seperti lodeh, nasi campur, rawon, soto, dan lain sebagainya. Pecel Kawi juga menyajikan jamu beras kencur yang cocok diminum pagi hari untuk kesehatan tubuh, lho!

8. Depot Hok Lay

https://twitter.com/starindotravel/status/853880721169158145

Jika Anda suka dengan tempat yang bernuansa vintage, Anda perlu datang ke Depot Hok Lay. Wisata kuliner yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan ini memiliki menu andalan yaitu minuman legendaris Fosco. Fosco adalah minuman yang sudah diracik dengan resep asli Belanda dan sudah menjadi minuman favorit sejak dulu, yang terbuat dari coklat dan susu murni. Selain Fosco, Depot Hok Lay ini juga menyajikan menu lain seperti lumpia khas Semarang.

9. Bakso Bakar Pak Man

Anda tentu tidak asing lagi dengan bakso Malang, yang kini sudah banyak ditemui di berbagai daerah manapun. Kuliner yang satu ini masih seputar bakso, namun dimodifikasi dengan lebih unik menjadi bakso bakar. Yang membuat bakso bakar ini terasa lezat dan nikmat adalah bumbu-bumbu yang diberikan setelah bakso dibakar, yang membuat pengunjung datang lagi untuk menyantapnya. Jika Anda penasaran ingin mencobanya, Anda dapat berkunjung ke Bakso Bakar Pak Man yang sudah ada sejak tahun 1997 ini di Jalan Diponegoro.

10. Rumah Makan Cairo

Di Malang tapi menyantap makanan ala Timur Tengah, mengapa tidak? Di rumah makan yang berlokasi di Jalan Kapten P. Tendean ini, Anda dapat menikmati berbagai sajian khas Timur Tengah seperti gulai kambing, nasi kebuli, sate kambing, dan lain sebagainya. Setelah makan besar, Anda juga dapat menikmati makanan pencuci mulut, yang bisa dibawa pulang ke penginapan untuk cemilan, seperti roti maryam dan martabak telor.

11. Putu Lanang Celaket

A post shared by SMAK Cor Jesu (@smakcorjesu) on

Makanan khas Malang yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Putu Lanang Celaket yang sudah berdiri sejak sekitar tahun 1935-an dan selalu ramai oleh pengunjung. Putu Lanang Celaket menyajikan beragam menu kue tradisional seperti putu, makanan tradisional yang dibuat dari tepung beras; cenil, lupis, dan lain sebagainya. Anda dapat menikmati berbagai penganan manis dan gurih itu di Putu Lanang Celaket yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto.

12. Warung Rujak Cingur Bude Ruk

Berbeda dengan rujak kebanyakan yang berisi buah, rujak cingur adalah penganan yang terdiri dari lontong atau ketupat, tempe, dan sayur yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang sedap. Anda dapat mencicipi rujak cingur yang terkenal di Malang ini yaitu di warung rujak cingur Bude Ruk, yang berlokasi di Jalan Seruji. Tak perlu khawatir tersasar, Anda tinggal bertanya dimana letak gang rujak karena tempat itu sudah sangat dikenal.

13. Cafe Jagung Jaya Abadi


Source : LaCamila

Daerah Malang yang dingin akan membuat Anda ingin mencari makanan yang dapat menghangatkan tubuh, seperti misalnya jagung bakar. Tidak sulit mencari jagung bakar di Malang, Anda tinggal berkunjung ke Cafe Jagung Jaya Abadi yang berlokasi di Jalan Pulosari daerah Blimbing. Cafe ini menyajikan berbagai menu jagung bakar seperti rasa original, keju, coklat, barberque, dan lain sebagainya. Tentu akan sangat nikmat disantap di udara dingin seperti Malang, apalagi di malam hari, bukan?

14. Depot Tahu Lontong Lonceng

Wisata kuliner selanjutnya yang wajib Anda datangi ketika liburan di Malang adalah Depot Tahu Lontong Lonceng yang berlokasi di Jalan Laksamana Martadinata, tepatnya di kawasan pertokoan kota lama Malang. Dari segi tempat, warung makan ini memang tampak sederhana namun membuat nyaman untuk makan disana. Sesuai namanya, warung makan ini menyajikan beragam sajian tahu lontong, seperti tahu telor lontong, tahu telor nasi, dan lain sebagainya.

15. Toko Oen

Berkunjung ke Malang tak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Toko Oen yang terletak di Jalan Basuki Ahmad. Toko ini sudah ada sejak jaman Belanda, dan menjadi tongkrongan favorit anak muda sejak jaman tersebut. Di toko ini, Anda dapat menikmati beragam es krim aneka rasa khas Toko Oen. Selain itu, Anda juga dapat menyantap menu makanan yang ditawarkan seperti nasi goreng, steak, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa wisata kuliner yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke Malang, kota sejuk dan menyenangkan. Masih ada banyak kuliner lain di kota ini yang dapat Anda coba selagi berkunjung, namun tidak dapat diulas semua disini. Selain beragam kuliner tersebut, Anda juga bisa membawa buah khas kota ini yaitu buah apel untuk buah tangan sanak saudara di tempat asal. Selamat berwisata kuliner di kota apel!

Loading...