Inilah 15 Tempat Tersembunyi yang Menarik Dikunjungi di Malang

By |2018-11-08T19:55:02+09:00April 21st, 2017|Trip and Travel|Comments Off on Inilah 15 Tempat Tersembunyi yang Menarik Dikunjungi di Malang


Source : Pok_Rie

Sudah bukan hal yang baru lagi jika Malang menjadi destinasi liburan banyak orang dari berbagai daerah. Namun tahukah Anda, di Malang ternyata masih banyak tempat tersembunyi yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi? Tempat-tempat ini masih jarang terjamah oleh manusia sehingga masih sangat alami dan asri. Penasaran, bukan? Yuk langsung saja kita intip tempat-tempat tersembunyi di Malang ini!

1. Pantai Mrutu

Tempat tersembunyi yang pertama adalah Pantai Mrutu yang terletak di desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo. Pantai indah ini dinamakan Pantai Mrutu karena banyak hewan mrutu yang berkeliaran di sekitar pantai. Pantai Mrutu hanya memiliki luas sekitar 200 meter, namun pada hamparan itu terdapat panorama alam yang sangat indah. Ombak di pantai ini pun cenderung tenang dan pelan, cocok jika Anda ingin bermain air atau berenang disana.

2. Pantai Bolu-Bolu

Tempat menarik dan eksotis namun letaknya cukup tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi orang selanjutnya yang wajib Anda kunjungi di Malang adalah Pantai Bolu-Bolu. Pantai ini terletak di pulau yang bernama sama yaitu Bolu-Bolu, merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang biasa didatangi warga sekitar hanya untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Anda juga dapat camping di dekat Teluk Bolu-Bolu, tempat strategis untuk mendirikan tenda sekaligus menikmati keindahan alam disana.

3. Pantai Tengger

A post shared by @erwinnugraze on

Pantai yang satu ini memang sangat cocok dikategorikan sebagai tempat tersembunyi karena lokasinya yang terletak di balik bukit. Pantai Tengger berada di desa Pujiharjo, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang Selatan. Untuk mencapai pantai ini, Anda perlu menempuh perjalanan yang menantang karena medan jalan yang rusak disana-sini. Namun tenang saja, semua kelelahan dan perjuangan Anda itu akan langsung terbayar begitu sampai di pantai yang masih perawan dan alami ini.

4. Pantai Modangan

Tempat tersembunyi selanjutnya yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Pantai Modangan yang terletak di desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menyenangi olahraga selancar air atau surfing, karena ombaknya yang cukup besar. Pantai yang berbatasan langsung dengan Pantai Jolosutro di kabupaten Blitar ini memiliki kekhasan struktur batuan kapur yang banyak ditemukan di kawasan pantai.

5. Pantai Savana

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang bersatu dengan pantai, Anda dapat berkunjung ke Pantai Savana. Sesuai dengan namanya, di tepian pantai ini terdapat padang savana yang indah dan akan memanjakan mata. Pantai yang terletak di desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan ini memang memiliki akses yang belum memadai seperti jalan yang masih banyak rusak. Namun tentu saja kelelahan Anda akan langsung sirna begitu sampai di pantai indah beserta hamparan padang savana yang menyejukkan hati ini.

6. Pantai Bantol

Untuk Anda yang menyukai tantangan dan petualangan alam, Pantai Bantol adalah destinasi liburan yang tepat. Anda perlu menempuh perjalanan yang cukup esktrim dengan melalui hutan jati dan jalan berliku. Pantai yang konon ditemukan oleh perantau bernama Bayan Diyat sekitar tahun 1950-an ini juga memiliki danau air tawar dan kawasan hutan mangrove yang asri. Jika penasaran ingin mengunjungi pantai ini, Anda dapat langsung berkunjung ke desa Banjarejo, kecamatan Donomulyo.

7. Pantai Tambak Asri

Tempat tersembunyi yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Tambak Asri yang terletak di desa Tambak Asri, kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini berbentuk leter U dengan keindahan pepohonan yang asri di bagian kanan dan kirinya. Selain itu, terdapat pula tebing-tebing yang menambah keindahan dan eksotisme Pantai Tambak Asri ini. Bagi Anda yang suka camping, Anda juga dapat mendirikan tenda sekaligus menikmati keindahan pantai ini.

8. Pantai Wediawu

https://twitter.com/Hendriiawann/status/583893356050124803

Pantai Wediawu terletak tak jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di desa Purwodadi, kecamatan Tirtoyudo. Pantai ini memang masih perawan atau belum banyak dikunjungi orang, bahkan Anda tidak akan dikenai tiket masuk disini. Air laut yang sangat jernih terlihat indah dipadukan dengan hamparan batu karang yang berada di sekitar pantai. Selain itu, di pantai Wediawu ini terdapat pula dua tebing kokoh yang menambah eksotisme dan keindahan panorama yang akan memanjakan mata Anda.

9. Pantai Licin

Pantai yang satu ini dijuluki dengan “Mutiara Hitam-nya Malang” karena hamparan pasir hitam bekas letusan gunung Semeru yang tersebar di seluruh bibir pantai. Pantai Licin ini berlokasi di daerah yang bernama sama dengan nama pantai, yaitu dusun Licin dan tepatnya di desa Lebakharjo, Ampel Gading serta akan melewati perjalanan yang cukup ekstrim dan terjal untuk mencapai tempat tersebut. Lagi-lagi sesuai dengan namanya, pantai ini memang cukup licin karena banyak ditumbuhi lumut, karena itu Anda perlu berhati-hati saat berkunjung kesini, ya!

10. Pantai Batu Anjlok

A post shared by @dianmaritza84 on

Tempat tersembunyi yang indah di Malang selanjutnya adalah Pantai Batu Anjlok yang berlokasi tak jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kletekan. Anjlok dalam bahasa Jawa adalah melompat dari ketinggian, mengacu pada air terjun yang mengalir di bibir pantai dan tentunya membuat pantai ini sangat indah. Air terjun itu sendiri berasal dari  bukit yang berada tak jauh dari pantai dan mengalir ke tebing yang memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter.

11. Coban Pelangi

Berbeda dengan tempat-tempat tersembunyi sebelumnya yang berupa pantai, tempat tersembunyi selanjutnya adalah coban atau air terjun. Coban Pelangi masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer jika berangkat dari Tumpang atau sekitar 32 kilometer jika memulai perjalanan dari pusat kota Malang. Dinamakan Coban Pelangi karena sering terlihat pelangi di puncak air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini. Hal tersebut tentunya menambah eksotisme dan keindahan air terjun yang masih jarang terjamah manusia ini.

12. Coban Jahe

Coban yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Begawan ini terletak di dusun Begawan, desa Pandansari Lor, kecamatan Jabung.  Panorama alam di coban atau air terjun yang berketinggian sekitar 45 meter ini akan memukau dan memanjakan mata Anda, terlebih lagi dengan adanya batu-batuan cadas besar yang eksotis serta kolam kecil yang cantik berada di ujung bawah air terjun. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan dikenakan tiket karena belum dikelola secara komersil. Anda juga perlu membawa perbekalan makanan yang cukup karena tidak ada warung makan di sekitar coban ini.

13. Coban Trisula

Destinasi tersembunyi yang menarik dikunjungi selanjutnya adalah Coban Trisula yang terletak di desa Ngadas, kecamatan Poncokusumo. Dinamakan Trisula karena coban ini memiliki tiga tingkatan air terjun yang bernama Coban Atas, Coban Tengah, dan Coban Bawah. Coban Atas memiliki curahan air terjun paling tinggi yaitu sekitar 35 meter, Coban Tengah berketinggian sekitar 2,5 meter, sedangkan Coban Bawah memiliki ketinggian sekitar 11 meter.

14. Coban Talun

Coban yang berada sekitar 15 kilometer dari pusat kota Malang ini terletak di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Untuk mencapai coban ini, Anda perlu berjalan kaki melewati hutan dan menyebrangi sungai dari loket masuk Coban Talun. Namun perjalanan Anda akan terbayar begitu melihat keindahan coban ini yang memiliki air jernih mengalir diantara bebatuan serta panorama alam yang akan memanjakan mata.

15. Coban Sewu

Masih seputar coban, destinasi tersembunyi yang terakhir adalah Coban Sewu yang terletak di perbatasan kecamatan Ampelgading, Malang dan kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Dalam bahasa Jawa, sewu berarti seribu yang mana digunakan menjadi nama coban ini karena aliran air terjun yang banyak sekali. Seperti tempat-tempat sebelumnya, akses ke tempat ini memang cukup sulit dan terjal. Namun jangan khawatir, di sekitar Coban Sewu sudah banyak warung makan sehingga Anda dapat menyantap makanan sambil menikmati keindahan coban yang eksotis ini.

Itulah beberapa tempat-tempat tersembunyi yang sangat menarik dan menantang untuk Anda kunjungi di Malang, Jawa Timur. Meng-explore keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya, dan akan membuat kita bersyukur diberikan kesempatan menyaksikan semua kecantikan yang tiada tara itu. Karena itu, jangan berhenti untuk terus melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru dan eksotis. Let’s create the beautiful memories in beautiful places as treasure of life!

Loading...