Inilah 15 Kuliner Makanan Terenak di Blitar Yang Wajib Kamu Cicipi

By |2018-11-08T22:07:29+09:00April 25th, 2017|Culinary|Comments Off on Inilah 15 Kuliner Makanan Terenak di Blitar Yang Wajib Kamu Cicipi


Source: mainur risyada

Blitar, Kota Proklamator ini menyimpan sejarah yang kuat pada masa lampaunya. Kota yang berada di Jawa Timur ini juga kaya akan kuliner khasnya yang memanjakan lidah. Bagi kamu yang berkunjung ke Blitar, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khasnya. Penasaran apa saja makanan terenak di Blitar? Yuk cek daftarnya berikut ini!

1. Rujak Cingur

A post shared by Grace (@grace_graciana) on

Salah satu makanan enak yang dapat kamu temukan di Blitar adalah Rujak Cingur. Makanan khas ini merupakan campuran dari lontong, tempe, tahu cingur, sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, mentimun, dan buah mangga muda, nanas yang disiram sambal rujak sendiri. Untuk rasanya pun sudah tidak dapat diragukan lagi. Tentunya, kamu pasti ketagihan mencicipi rujak cingur.

2. Nasi Pecel

A post shared by Leo Thenu (@thenuleo) on

Nasi Pecel atau Sego Pecel adalah makanan yang populer di daerah Blitar. Di Blitar, nasi pecel dikonsumsi dengan tekstur bumbu pecel yang lebih halus dan sedikit berminyak. Namun, untuk rasanya lebih manis dan gurih. Nasi pecel sendiri adalah nasi yang dihidangkan dengan tempe goreng dan rempeyek. Untuk sambal pecelnya memang khas terbuat dari campuran kacang tanah, cabe rawit, kencur, daun jeruk purut, bawang putih, gula merah, asam jawa, dan garam.

3. Nasi Ampok

Nah, makanan enak yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Blitar. Nasi Ampok memang menjadi primadona di kota Jawa Timur seperti Blitar. Nasi ini terbuat dari jagung yang menjadi makanan pokok sendiri dan dilengkapi dengan sayuran rebus, ikan asin, tomat, dan kerupuk. Kamu juga bisa menemukan warung-warung di pinggir jalan kota Blitar menjajakan makanan ini lho.

4. Wajik Kletik

A post shared by ina sugiarti (@ina_sugiarti) on

Salah satu makanan terenak di Blitar adalah Wajik Kletik. Wajik ini memang sudah populer sejak zaman dahulu karena rasanya yang memanjakan lidah. Kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh yang dibawa oleh para wisatawan. Kue ini terbuat dari beras ketan, gula kelapa, serta campuran santan murni dan bungkusnya terbuat dari klobot jagung kering.

5. Soto Daging Ireng

Soto Daging yang satu ini bukan soto daging biasa. Ya, Soto Daging ini merupakan khas nya kota Blitar. Kamu bisa menemukan wisata kuliner ini di tempat makan bernama Soto Daging Bok Ireng. Di warung ini, kamu bisa menyantap soto yang rasanya sangat spesial. Kemudian, kamu bisa datang ke Jalan Cokroaminoto untuk membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

6. Peyek Uceng

A post shared by Swasti Anindhita (@nienanien) on

Apa itu Peyek Uceng? Peyek khas Blitar ini memang terbuat dari Ikan Uceng yaitu ikan air tawar yang hidup di sungai dan berukuran sebesar jari kelingking. Peyek ini juga sering dijasikan oleh-oleh bagi para wisatawan. Cara membuatnya pun mudah yaitu dengan tepung beras, sagu, santan, daun jeruk, dan uceng. Untuk rasanya, makanan ini terasa sangat renyah dan gurih ketika dimakan.

7. Ayam Bakar Khas Blitar


Source: Alpha

Jika ingin menjajal ayam bakar khas Blitar, kamu bisa menemukan tempat makan yang menjual ayam bakar yang enak yaitu di Ayam Bakar Bu Mamik. Ayam bakar disini diberi bumbu bali sehingga rasanya sangat khas. Harganya pun juga tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam yaitu dengan harga mulai Rp. 10.000 saja. Nah, jangan lupa ajak keluargamu juga ya mencicipi ayam bakar di Jalan Veteran 103, Blitar ini.

8. Sayur Tewel

Kuliner khas Biltar terenak selanjutnya adalah Sayur Tewel. Sayur Tewel ini kamu bisa temukan di Warung Tewel Mbah Martumi yang terletak di Desa Ngoran, Kec. Nglegok, Blitar. Sayur Tewel disini juga disajikan dengan rasa yang pedas dan menggugah selera pastinya. Jadi, jika berkunjung ke Blitar jangan lupa mencicipi Sayur Tewel ya!

9. Ikan Uceng

A post shared by Elizabeth (@elizabeth_w_t) on

Seperti sebelumnya, Ikan Uceng adalah bahan makanan khas di Blitar. Ikan Uceng dapat disajikan dalam beberapa menu seperti Sayur Uceng, Bothok Uceng dan Uceng Goreng. Kamu juga bisa memakannya dengan nasi hangat ditemani dengan sambal. Rasanya yang gurih pastinya membuat kamu ketagihan dan ketagihan lagi. Bagaimana? Tertarik mencicipi Uceng?

10. Rujak Petis

A post shared by Heriza Karunia (@heriza_karunia) on

Rujak Petis adalah rujak yang sekilas nampak seperti rujak cingur, namun rujak ini sebetulnya sedikit berbeda dengan rujak cingur. Ya, Rujak Petis tidak menggunakan cingur di dalam campuran sayuran, tempe, dan tahunya. Rujak ini bisa kamu temukan di warung Rujak Petis Ngengong daerah Blitar. Rasanya yang enak dan harganya yang tidak mahal pasti membuat kamu senang menyantapnya.

11. Tahu Bumbu Lawu

Mencari makanan khas di daerah Blitar? Nah, kamu bisa mencoba makanan yang satu ini. Namanya Tahu Bumbu Lawu, makanan terenak di Blitar ini merupakan kombinasi dari lontong, tauge, tahu setengah matang, sambal dan disiram dengan bumbu lawu. Kamu bisa menemukan makanan ini di warung sepanjang Jalan Lawu, Blitar. Untuk rasanya, pasti bisa membuatmu ketagihan untuk mencicipinya lagi.

12. Es Drop

A post shared by Kurota Risa (@kurota.risa) on

Nah, sekarang beralih ke makanan terenak di Blitar yang bisa membuatmu melepas dahaga. Ya, Es Drop adalah kuliner populer di Blitar yang sering dijajakan oleh para pedagang di pinggir jalan. Es Drop sendiri merupakan es krim yang mempunyai banyak variasi rasa. Harganya pun cukup terjangkau dengan rasanya yang enak. Jangan sampai lupa mencicipi yang satu ini ya jika berkunjung ke Blitar!

13. Es Pleret

Selain Es Drop, ada juga Es Pleret yang menjadi kuliner khas kota Blitar. Kamu bisa membelinya di alun-alun kota Blitar dimana banyak warung yang menjual es ini. Es Pleret sendiri terbuat dari tepung beras dan biasanya dicampur dengan sirup dan santan. Yang satu ini memang sangat cocok untuk disantap di siang hari yang panas untuk melepas kepenatan dan dahaga.

14. Soto Babat

A post shared by wilis (@y_wilis) on

Jika kamu pencinta soto babat, maka kamu bisa mencicipi makanan yang satu ini karena salah satu makanan terenak di Blitar adalah Soto Babat. Di Blitar, kamu bisa menemukan soto babat yang rasanya khas dan enak. Kamu bisa menemukan warung soto babat yang enak yaitu di warung Soto Babat Mardi Waluyo. Warung ini terletak di dekat Rumah Sakit Mardi Waluyo. Yuk, cicipi makanan yang satu ini!

15. Geti

Jika kamu mencari kuliner khas Blitar, maka Geti bisa menjadi pilihanmu yang tepat. Ya, Geti adalah kuliner tradisional khas Blitar yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan wijen. Jajanan ini sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung. Rasanya yang khas dan enak membuat makanan ini banyak disukai oleh banyak orang.

Berlibur ke suatu daerah memang rasanya harus mencicipi kuliner khasnya. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Blitar, jangan lupa mencicipi makanan terenak di Blitar seperti diatas. Cintai makanan Indonesia ya!

Loading...