Inilah 15 Bukti Penyakit Kolesterol Adalah Ancaman Buat Kamu

By |2018-11-08T05:51:10+00:00April 8th, 2017|Health|


Source: pheee

Apakah benar kolesterol tinggi hanya sebuah resiko untuk orang yang sudah lanjut usia? Banyak sekali orang yang berpikir bahwa penyakit ini hanya akan menghampiri orang berumur. Jika kamu salah satunya, pikirkan kembali matang-matang akan stereotype ini. Menurut laporan statistik badan kesehatan dunia tahun 2002 telah tercatat bahwa 4,4 juta orang meninggal karena penyakit kolesterol tinggi dan diketahui bahwa 7,9 % diantaranya adalah kaum muda. Jadi di kala usia muda pun tidak dipungkiri kolesterol tinggi bisa datang menghampirimu. Untuk menambah tingkat kewaspadaanmu terhadap penyakit ini, berikut adalah 15 bukti bahwa tingginya kolesterol adalah ancaman yang serius buat kamu:

1. Bisa Menyebabkan Aterosklerosis


Source: jarmoluk

Aterosklerosis adalah penyempitan atau pengerasan pembuluh arteri, kolesterol adalah penyebab timbulnya penyakit ini. Mengapa ini bisa terjadi? Ketika kolesterol yang berlebihan dan zat-zat lemak lainnya sudah mengendap di dalam pembuluh darah, semakin lama kolesterol akan mengeras dan bisa membuat penyempitan atau pengerasan pembuluh arteri. Aterosklerosis bisa menimbulkan suatu komplikasi yang bisa menyebabkan seseorang terkena banyak penyakit dalam waktu yang bersamaan, salah satu penyakit yang sering menyerang adalah gagal ginjal dan penyakit jantung.

2. Beresiko Terkena Penyakit Jantung Koroner


Source: Buecherwurm_65

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang sedang marak diderita oleh banyak orang di zaman sekarang. Terlebih ada beberapa artis Indonesia yang juga meninggal akibat penyakit mengerikan ini, umumnya mereka tidak menyadari penyakit ini karena gejala umumnya terasa ketika penyempitan pada arteri jantung sudah bertambah parah. Penyakit disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya koleterol tinggi, hipertensi, kebiasaan merokok, dan diabetes. Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah sehingga jantung sulit menerima oksigen dan darah yang seharusnya dipompa oleh jantung. Tentu saja penyakit ini bisa menimbulkan kematian jika penyampitan pada pembuluh darah sudah sangat parah sehingga tidak boleh terlambat untuk melakukan pertolongan pertama pada penderita jantung koroner yang merasakan keluhan sesak ataupun sakit pada dada.

3. Menyebabkan Serangan Jantung


Source: WerbeFabrik

Selain penyebab utama dari jantung koroner, kolesterol juga bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung secara mendadak. Jika pertolongan pertama terlambat dilakukan biasanya pasien yang terkena serangan jantung akan mengalami gagal jantung dan bisa berakhir dengan kematian. Serangan jantung akan terjadi jika terjadinya hambatan saat jantung tidak mendapatkan pasokan darah. Sama halnya dengan jantung koroner, penyumbatan pasokan darah diakibatkan oleh penggumpalan darah ataupun juga penumpukan lemak yang diakibatkan oleh kolesterol.

4. Menyebabkan Penyakit Angina


Source: geralt

Penyakit angina mungkin masih asing di telinga anda, tetapi penyakit ini sangat banyak diderita oleh masyarakat di zaman modern ini. Gejala penyakit angina berupa sakit dada dan sesak yang dalam dunia medis diakibatkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak yang berlebihan. Tentu saja penyakit ini juga diakibatkan oleh kolesterol yang apabila berlebihan akan mengakibatkan terbentuknya penggumpalan yang dapat menghambat kinerja jantung kita. Sehingga jantung akan kekurang oksigen dan akan berbahaya bagi penderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapat penanganan dengan segera.

5. Beresiko Terkena Stroke


Source: geralt

Stroke adalah penyakit yang diakibatkan oleh hambatan yang menyebabkan terhambatnya kinerja otak dan juga sistem saraf. Hambatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kolsterol tinggi, kebiasaan merokok, polusi, endapan lemak, hipertensi, dan masih banyak lagi. Penghambatan pada kinerja otak bisa menyebabkan terganggunya sistem saraf dalam tubuh kita dan berakibat buruk pada beberapa respon saraf motorik tubuh. Untuk itu penyakit ini sangat ditakuti oleh banyak orang, biasanya penyakit ini bisa mengakibatkan cacat akibat disfungsi dan kerusakan saraf.

6. Terkena Hipertensi


Source: stevepb

Penyakit hipertensi atau dikenal dengan penyakit darah tinggi adalah sebuah gejala dimana tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah bersih meningkat. Penyakit ini sudah banyak merenggut nyawa banyak orang yang memang gejalanya sulit untuk dideteksi sehingga sering disebut dengan ‘pembunuh diam-diam’. Biasanya hipertensi diderita oleh orang yang berumur diatas 50 tahun. Bagi kamu yang memiliki penyakit ini diharapkan untuk selalu mengontrol tekanan darah anda setidaknya 1-2 minggu sekali agar mengantisipasi tekanan darah kamu berada dalam batas normal. Kamu juga harus mengetahui bebrapa faktor penyabab hipertensi diantaranya pola hidup tidak sehat, jarang berolahraga, obesitas, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi. Kolesterol tinggi di klaim sebagai salah satu penyabab hipertensi yang paling umum terjadi di masyarakat.

7. Mengalami Diabetes Melitus


Source: Myriams-Fotos

Diabetes adalah sebuah penyakita yang banyak diderita oleh orang Indonesia baik yang sudah berusia lanjut ataupun berusia muda. Pola makan dan gaya hidup tidak sehat di zaman sekarang turut bertanggungjawab terhadap meningkatnya penderita diabetes di Indonesia. Kolesterol adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes tipe dua. Penyakit diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsi insulin dalam tubuh tidak maksimal atau bahkan tubuh bisa kehilangan kepekaan terhadap insulin.  Seseorang yang terkena diabetes biasanya tidak hanya akan menujukkan bahwa tubuh tidak bisa memproduksi insulin tetapi juga bisa mengakibatkan gejala-gejala penyakit lainnya seperti luka yang sulit kering, TBC, penyakit paru-paru, dan masih banyak lagi.

8. Beresiko Obesitas


Source: taniadimas

Ini adalah dampak yang wajar ketika seseorang mengalami kolsterol tinggi, dimana obesitas tidak bisa dipungkiri lagi. Obesitas biasanya diderita oleh orang yang tidak bisa mengontrol pola makannya dan lebih gawat lagi mereka senang memakan makanan yang tinggi kolsterol. Kolasterol adalah salah satu penyebab utama obesitas terjadi pada seseorang, penumpukkan lemak yang tidak dikeluarkan tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya atau bahkan bisa menyebabkan kematian. Beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat obesitas adalah penyakit jantung, gangguan otak, gangguan saluran pernapasan, hingga kanker.

9. Mengidap Kardiovaskuler


Source: InspireImages

Penyakit kardiovalkuler atau biasanya disebut dengan penyakit jantung, penyakit ini merupakan suatun kesatuan dari beberapa penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung, dan juga penyakit yang berhubungan dengan jantung lainnya. Diklaim bahwa kolesterol adalah faktor utama yang bisa mempengaruhi kinerja jantung sehingga cepat atau lambat seseorang bisa terkena penyakit kardiovaskular ini. Gaya hidup yang sehat dan menghindari makanan tinggi kolesterol merupakan salah satu cara untuk mencegahmu menderita penyakit mengerikan ini. Penyakit ini juga bisa berakibat fatal pada penderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian.

10. Terkena Hipertrigliseridemia


Source: Counselling

Nama penyakit ini memang sulit sehingga banyak sekali orang yang tidak mengetahuinya. Hipertrigliseridemia adalah gejala dimana tingginya kadar trigliserida, tingginya kada tigliserida inilah yang menyebabkan penderitanya merasakan keluhan-keluhan tertentu. Trigliserida juga disebut dengan lamak darah yang dihasilkan dari makanan berlemak yang kita makan dan kemudian diserap oleh usus halus dalam bentuk trigliserida. Kadar trigliserida dalam tubuh sangat ditentukan oleh konsumsi makanan berlemak yang kita makan sehari-hari dan kelebihan jenis lemak ini dalam tubuh tidaklah baik untuk kesehatan kita. Gejala trigliserida diantaranya adalah rasa pusing, sakit kepala, vertigo, migrain, lemas, dan masih banyak gejala permasalahan kesehatan lainnya. Untuk itu salah satu cara mensiasatinya adalah dengan mengatur pola makan dan jauhi memakan makanan berlemak secara berlebih.

11. Mengalami Dislipidemia


Source: stevepb

Dislipidemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang juga diakibatkan oleh lemak darah dalam tubuh. Gejala penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya kadar lemak-lemak dalam tubuh diantaranya kadar lemak jahat yang berupa kolsterol (LDL) dan juga kadar trigliserida. Gejala yang dirasakan saat seseorang menderita penyakit ini adalah nyeri dada, nyeri perut, pusing, sesak napas, sakit kepala, nafsu makan berkurang, dan masih banyak gejala yang tidak nyaman lainnya. Karena kolsterol adalah penyabab utama maka kamu harus berusaha untuk mengurangi konsumsi lemak dalam menu makanan sehari-hari.

12. Mengidap Xanthomas


Source: Unsplash

Penyakit ini juga jarang diketahui oleh orang Indonesia, padahal banyak sekali orang Indonesia yang banyak mengidap penyakit ini. Nama penyakit xanthomas sebenarnya adalah nama lain untuk penyakit tumor yang diakibatkan oleh penimbunan lemak berlebihan dalam tubuh. Lagi-lagi kolsterol adalah penyebab utama penyakit ini. Tumor yang terbentuk di bawah jaringa kulit disebabkan oleh metabolisme kolsterol yang berlebihan. Munculnya tumor di tubuh bisa menghalangi sistem kerja tubuh lainnya sehingga terkadang penderita harus melakukan operasi untuk mengangkatnya. Tumor yang diakibatkan oleh kolsterol ini bisa bersifat jinak ataupun ganas, untuk itu kamu perlu hati-hati dengan mpenyakit ini.

13. Beresiko Terkena Vertigo


Source: heliofil

Penyakit vertigo atau disebut dengan penyakit pusing dengan gajala kepala terasa pusing dan berputar-putar. Penyakit vertigo ini ada yang ringan namun ada juga yang berat sehingga dapat mengganggu aktivitas normal seseorang. Penderita vertigo biasanya akan merasakan sakit kepala yang teramat sangat ditambah dengan sensasi kepala berputar sehingga bisa menyebabkan seseorang merakan mual bahkan sulit untuk berdiri seimbang. Salah satu penyebab gejala vertigo ini adalah kolesterol tinggi, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kolsterol tinggi bisa mengakibatkan tumor ataupun penghambatan saraf dalam otak. Penyumbatan saraf di otk ataupun tumor di otak bisa menjadi alasan mengapa seseorang terkena vertigo. Kamu tidak ingin kan mengidap penyakit ini, untuk itulah kamu harus mulai menjaga pola hidup sehatmu.

14. Menyebabkan Familial Hypercholesterolemia


Source: Berzin

Nama penyakit ini diawali dengan kata ‘familial’ yang berarti keluarga yang bermakna bahwa penyakit ini merupakan penyakit keturunan. Sedangkan Hypercholesterolemia adalah nama untuk penyakit kolesterol tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit kolsterol tinggi akan sangat berbahaya bagi kamu jika tidak memulai hidup sehat sejak dini. Selain itu penyakit kolsterol tinggi juga bisa diturunkan oleh kamu pada anakmu karena kolsterol tinggi yang berlebihan dalam tubuh bisa diturunkan secara genetika. Bisa saja anak kamu sejak muda sudah mendapatkan berbagai jenis penyakit kolesterol yang berbahaya baginya. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi, kan?

15. Terlalu Rendahnya Kolesterol


Source: trinhkien91

Ternyata bukan hanya kolsterol tinggi saja yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatanmu. Rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa mengakibatkan gejala permasalahan kesehatan untuk kamu. Memang tubuh juga membuatuhkan kolesterol yang seimbang agar beberapa sistem dalam tubuh bisa berjalan dengan sempurna. Bagi kamu yang mengidap kolsterol rendah akan mengekibatkan penurunan dalam beberapa sistem tubuhnya. Beberapa dampak yang bisa disebabkan jika seseorang menderita kolsterol rendah diantaranya adalah kerusakan sistem saraf, perilaku tidak stabil (cepat marah), gangguan psikis, terganggunya proses penyerapan vitamin, bahkan depresi.

Itulah beberapa pembahasan tentang fakta kolsterol adalah ancaman buat kesehatan kamu yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang pentingnya menyeimbangkan kadar kolsterol dalam tubuh. Mulailah dengen pola hidup yang sehat dan juga mengontrol makananmu sehari-hari. Kamu juga harus melakukan olahraga untuk mengurangi kadar lemak yang bisa mengakibatkan kadar kolsterol tinggi di dalam tubuhmu. Hindarilah rokok dan minuman beralkohol karena bisa berpengaruh besar dalam meningkatkan kadar kolestelormu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan kamu pengatahuan tentang berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kolsterol.