Inilah 15 Budaya Indonesia yang Unik Bagi Negara Lain

By |2018-11-08T20:22:11+07:00April 16th, 2017|Knowledge|Comments Off on Inilah 15 Budaya Indonesia yang Unik Bagi Negara Lain


Source: sasint

Indonesia selain dikenal dengan beragam suku dan bahasa juga dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan yang unik dan berbeda dengan negara lain. Bahkan para wisatawan mancanegara merasa sangat tertarik untuk memperdalam dan belajar beberapa budaya Indonesia yang tidak bisa mereka temukan di negaranya. Sebagai warga Indonesia kita patut bangga dan memiliki kewajiban untuk dapat melestarikan budaya dari nenek moyang kita agar tetap lestari. Berikut adalah beberapa budaya Indonesia yang harus kamu ketahui:

1. Bhinekka Tunggal Ika


Source: sasint

Ini adalah sebuah prinsip yang dijalankan oleh bangsa Indonesia. Dimana keragaman etnis, suku, budaya, dan juga agama bukanlah penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dan juga saling menghormati satu sama lain. Rasa toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah warna kesatuan bangsa Indonesia. Bhinekka tunggal ika adalah semboyan yang sudah dipegang oleh masyarakat guna merekatkan seluruh masyarakat Indonesia ditengah keberagaman. Bahkan negara Indonesia sering mendapatkan sanjungan dari negara lain karena bisa tetap berjalan beriringan ditengah banyak perbedaan budaya di antara masyarakatnya.

2. Batik

Batik adalah salah satu dari bagian budaya Indonesia dalam bidang seni melukis di atas kain. Kain batik saat ini telah berinovasi menjadi berbagai model pakaian yang menyesuaikan dengan fashion modern. Tapi kesan klasik dari batik tetap bisa menunjukkan ciri khas Indonesia saat digunakan oleh siapapun. Batik sendiri pernah di klaim oleh negara lain, dari sanalah masyarakat Indonesia belajar untuk mau melestarikan warisan nenek moyang Indonesia ini. Namun syukurlah kini batik resmi telah menjadi budaya Indonesia yang diakui oleh dunia.

Loading...

3. Berkumpul Bersama Keluarga di Hari Raya

Budaya Indonesia yang selanjutnya adalah berkumpul bersama keluarga di hari raya baik itu hari raya Idul fitri ataupun hari raya lainnya. Biasanya di hari raya idul fitri semua keluarga akan berkumpul dan menghabiskan waktu mereka untuk mengobrol dan bertukar pikiran. Hal yang paling ditunggu-tunggu disaat berkumpul bersama keluarga di hari raya adalah acara makan yang dilakukan oleh semua keluarga besar. Ini bertujuan untuk membangun silaturahmi diantara seluruh anggota keluaga maupun tetangga di hari raya yang mungkin tidak bisa dilakukan di hari biasa. Biasanya momen hari raya di Indonesia adalah hari yang menyenangkan karena bisa berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

4. Wayang

Orang Indonesia mana yang tidak mengenal wayang? Ya semua orang Indonesia tentu tahu dengan wayang yang merupakan salah satu budaya yang terkenal bahkan sampai ke seluruh dunia. Pertunjukan seni yang melibatkan beberapa boneka berbentuk pahlawan atau tokoh tertentu yang biasanya terbuat dari kayu ataupun kulit hewan ini disebut dengan sebutan wayang. Ada juga beberapa pertunjukkan yang menggunakan wayang orang dimana karakter dalam pertunjukkan dimainkan oleh manusia. Pertunjukkan ini dahulunya dimanfaatkan untuk menyebarkan agama juga untuk memberikan nasihat-nasihat baik pada masyarakat melalui cerita yang disajikan. Apakah kamu pernah menonton wayang?

5. Mudik

Wah salah satu budaya Indonesia ini pasti semua orang tahu ya! Mudik atau sering juga dikenal dengan istilah pulang kampung biasanya terjadi menjelang hari raya tiba, terutama hari raya lebaran atau idul fitri. Istilah mudik ini sering digunakan oleh para perantau ketika mereka akan pulang ke kampung halaman. Jika musim, mudik tiba biasanya akan terjadi kemacetan di beberapa kawasan di Indonesia karena semua orang bertujuan untuk merayakan hari raya ke kampung mereka masing-masing. Momen kemacetan saat mudik bukanlah hal yang aneh di Indonesia, tetapi tetap saja budaya ini masih tetap dilakukan hingga sekarang.

6. Makan Menggunakan Tangan

Beberapa budaya Indonesia juga sering dianggap unik oleh banyak orang terutama para turis asing yang sedang tinggal di Indonesia. Salah satu budaya unik yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari adalah makan dengan tangan. Mungkin menurut budaya di negara lain hal ini mengkin menjijikan, namun bagi orang Indonesia makan menggunakan tangan adalah cara mereka untuk menikmati makanan. Walaupun kini banyak orang yang beralih menggunakan sendok karena perkembangan zaman namun dijamin disetiap rumah masih ada sebagian orang di Indonesia yang menggunakan tangan saat mereka makan bahkan di restauran tertentu.

7. Tidak Pernah Lupa Makan Nasi

Ini adalah budaya Indonesia yang selanjutnya yang juga pasti dibenarkan oleh orang Indonesia. Orang Indonesia tidak akan merasa kenyang jika belum makan nasi. Bahkan ada orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan sakit hanya karena tidak menemukan nasi untuk makan seharian. Nasi memang bahan pokok utama di Indonesia, jadi disaat dunia sedang dilanda krisis beras masyarakat Indonesia akan terkena imbasnya karena menu harian mereka yang tidak mereka lupakan adalah nasi. Sementara di negara lain mungkin karbohidrat bukanlah menu utama yang harus disajikan, mereka tidak menggunakan nasi sebagai makanan pokoknya melainkan menggunakan karbohirat lain seperti jagung, kentang, ataupun ubi.

8. Alat Kesenian yang Unik

Memiliki keragaman budaya, adat, dan suku membuat Indonesia dikaruniai beraneka ragam budaya yang berbeda salah satu adalah alat musik. Alat musik tradisional budaya Indonesia biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam sebut saja seperti angklung, gendang, calung, kecapi, dan masih banyak lagi. Bahkan diantaranya telah dikenal sebagai alat musik dari Indonesia yang sudah diakui oleh seluruh dunia. Menakjubkan bukan budaya kita?

9. Orang Indonesia itu Ramah


Source: sasint

Para turis asing sangat senang berkunjung ke Indonesia karena mereka merasa bahwa orang Indonesia itu ramah dan baik hati bahkan pada orang yang tidak mereka kenal sekalipun. Orang Indonesia sering bersikap ramah apalagi pada orang yang baru di daerahya, bahkan jika beruntung orang Indonesia bisa mengajak dan memberikan banyak suguhan pada orang asing yang mereka anggap tamu. Untuk itu banyak sekali turis asing yang senang sekali tinggal disini karena masyarakatnya yang murah senyum dan juga murah hati.

10. Tarian Daerah yang Mendunia


Source: katurahdesigns

Anda patut berbangga menjadi orang Indonesia karena beberapa tarian budaya Indonesia sudah banyak dikenal oleh dunia karena keunikannya. Sebut saja seperti Tari Kecak dari Bali ataupun Tari Saman dari Aceh, para wisatawan selalu ingin melihat tarian ini secara langsung ketika mereka ke Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa kita wajib untuk menjaga dan melestarikan budaya tari-tarian di Indonesia agar tidak musnah tergulung zaman. Kita patut bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman khususnya dalam bidang budaya seni tari daerah.

11. Tidak Lengkap Makan Tanpa Sambal

Sambal adalah saus yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti cabe rawit, cabe merah, bawang, dan bahan lainnya. Orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas bahkan mereka menganggap sambal adalah menu utama mereka. Tidak akan lengkap rasanya makan tanpa ada sambal yang menemani. Untuk itu disetiap rumah di dalam sebuah keluarga pasti akan selalu saja ada hidangan sederhana penggugah selera ini karena orang Indonesia sangat menyukainya, walaupun mereka sering merasa kepedasan.

12. Jalan-jalan ya Makan Lagi


Source: alexis_isabel

Budaya Indonesia yang unik selanjutnya adalah budaya jalan-jalan orang Indonesia yang sering membuat banyak wisatawan asing bingung. Disaat para turis asing sibuk memotret hal-hal unik di tempat wisata, orang Indonesia akan menggelar tikar dan menghidangkan makanan dan makan bersama keluarga besar mereka. Mereka sangat senang membawa bekal makan jika ingin mengunjungi tempat wisata, mungkin orang Indonesia menyukai setiap hal-hal baru tentang sensasi makan di tempat yang berbeda. Mereka akan merasa tidak lengkap rasanya jika tidak makan di tempat wisata yang mereka kunjungi. Bagaimana apakah kamu juga demikian?

13. Ambisi Ingin Memiliki Kulit Putih


Source: jill111

Budaya unik yang dimiliki oleh orang Indonesia selanjutnya adalah orang Indonesia rata-rata ingin memiliki kulit putih bersih seperti artis Eropa di televisi. Mereka bahkan rela membeli berbagai produk kosmetik guna mewujudkan impian mereka tersebut, bagi mereka khususnya wanita memiliki wajah putih identik dengan cantik, dan juga bersih. Padahal kulit asli orang Indonesia adalah sawo matang. Sebaiknya kita menerima apa yang diberikan Tuhan dan tidak perlu berlebihan dalam mengejar ambisi untuk memiliki kulit putih.

14. Menyukai Sesuatu yang Berbau Kebarat-baratan


Source: voltamax

Disaat banyak orang Eropa yang datang ke Indonesia untuk berlibur dan mengaku sangat menyukai budaya Indonesia, orang Indonesia malah menyukai sesuatu yang bersifat kebarat-baratan. Kini jarang sekali generasi muda yang ingin meneruskan apa yang telah nenek moyang mereka wariskan. Dalam hal berpakaian sekalipun mereka sering sekali menggunakan sesuatu yang menyerupa orang barat. Padahal jika kita percaya diri memakai sesuatu yang sangat khas dari budaya kita mungkin malah para turis yang akan tertarik menggunakan budaya Indonesia.

15. Kecanduan Media Sosial


Source: Pexels

Walaupun Indonesia bukanlah negera maju namun Indonesia sudah menunjukkan eksistensinya dalam dunia sosial media. Negara Indonesia juga dikenal memiliki penggunakan akun sosial media terbanyak terutama akun facebook dan juga twitter. Banyak orang Indonesia yang merasa kecanduan akan media sosial sehingga membuatnya sering terpaku di depan layar handphone mereka dibanding mengobrol dengan lingkungan sekitar. Walau dalam beberapa aspek sosial media bisa memberikan dampak positif namun ada baiknya anda mengurangi jam untuk beraktivitas di dunia maya.

Itulah beberapa budaya Indonesia yang dianggap unik oleh wisatawan asing di Indonesia. Beberapa budaya yang dipandang aneh oleh negara lain dan selama tidak bertentang dengan norma, bisa kita lestarikan sebagai keunikan bangsa kita. Tentu saja beberapa budaya positif yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia harus tetap lestari sampai pada generasi cucu kita nanti. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan informasi tentang budaya Indonesia yang unik.

 

Loading...