Inilah 10 Sifat Terbaik yang Harus Dimiliki Wanita Muslimah

By |2018-11-08T04:12:30+09:00March 8th, 2017|Lifestyle|Comments Off on Inilah 10 Sifat Terbaik yang Harus Dimiliki Wanita Muslimah

MuslimSource: wahyucurug

Dalam kehidupannya wanita muslimah hanya mencari ridho Allah SWT yang mana selalu berpegang pada Al Qur’an dan hadist. Wanita menurut Islam yaitu wanita yang menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran Islam bukan hanya Islam di KTP saja tapi harus mencerminkan sebagai wanita muslim atau yang sering kita kenal dengan wanita muslimah. Salah satunya yang harus dimiliki wanita muslimah selain taat menjalankan kewajiban sebagai umat Islam tapi dia juga merupakan wanita yang berakhlaq baik, selalu menjaga kehormatan dengan berhijab, dan bertutur kata baik. Di bawah ini adalah 10 sifat terbaik yang dimiliki wanita muslimah.

1. Taat Pada Perintah Allah SWT


Source: Afshad

Menjalankan kewajiban sebagai Umat Islam salah satunya adalah dengan mengerjakan shlalat wajib 5 waktu dan berpuasa pada bulan Ramadhan. Disamping mengerjakan kewajiban wanita muslimah juga mengerjakan sunah yang mana telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SWA dalam hadist. Wanita muslimah dalam kehidupannya harus dapat menjauhi larangan-larangan yang bertentangan dengan ajaran Islam dan selalu berpegang teguh pada kitab Al Qur’an sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan di dunia ini.

2. Selalu Menutupi Auratnya


Source: herman yahaya

Sebagai wanita muslimah dalam berpakaian harus mencerminkan wanita muslim yaitu menggunakan pakaian yang dapat menutupi auratnya dengan menggunakan hijab sebagaimana yang diperintahkan Allah SWT dalam Al Qur’an. Dengan menggunakan hijab wanita muslim akan terhindar dari hal-hal yang negatif dari kaum pria dan dapat menjaga kehormatan sebagai wanita muslimah. Pakaian yang seksi dapat mengundang bahaya bagi wanita. Sebagai muslimah yang taat berhijab harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hijab yang baik yaitu hijab yang  dapat menutupi semua auratnya atau yang kita kenal dengan hijab Syar’i yaitu kerudung yang menjulur menutupi dada.

3. Sabar Dan Bertawakal


Source: Pexels

Wanita muslimah dalam menghadapi cobaan hidup yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya harus sabar dan ber tawakal. Sabar adalah cermin muslim yang taat karena sabar merupakan ujian yang akan menjadikan kita selalu ingat pada Allah SWT sebagai Sang Pencipta alam semesta ini. Semua manusia mengalami cobaan hidup yang harus dihadapinya. Semakin kita sabar dan bertawakhal maka keimanan kita pada Sang Pencipta semakin meningkat.

4. Menghormati Orang Tua


Source: geralt

Sebagai wanita muslim menghormati orang tua harus dilakukan terutama pada ibu yang telah mengandung selama 9 bulan. Surga terletak pada kaki ibu adalah istilah yang pas karena memang nabi menganjurkan untuk selalu berbakti pada ibu dan bapak. Rasa sayang kamu pada orang tua merupakan cermin dari wanita muslim yang taat karena keberhasilan kita semata-mata karena do’a dari kedua orang tua.

5. Selalu Menjaga Kesucian Diri


Source: ajuprasetyo

Muslimah sejati selalu menjaga kesucian diri tidak hanya menghindari zinah atau bersentuhan dengan laki-laki yang bukan muhrimnya tapi juga menjaga wudhu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kaarena dengan berwudhu kita akan selalu terlindung dari maksiat. Berwudhu tidak hanya dilakukan saat sholat saja tapi bisa dilakukan setiap saat bahkan sebelum tidur kita dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Allah akan selalu menyenangi orang yang selalu menjaga kebersihan diri dengan berwudhu dan menjadikan wudhu sebagai kebiasaan untuk mulai beraktivitas.

6. Menjaga Lisan Dengan Baik


Source: Giuliamar

Dalam bertutur kata seorang wanita muslimah harus berhati-hati dalam setiap ucapan yang keluar dari mulutnya yang mungkin bisa menyakiti hati yang mendengarnya. Tidak hanya dalam keluarga saja wanita muslimah harus bertutur kata sopan tapi juga pada semua orang harus bisa menjaga tutur katanya dengan lemah lembut dan sopan. Wanita muslimah senantiasa menjaga lisan dengan sering membaca Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Bertutur kata yang lebut sebagai wanita muslimah juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

7. Taat Pada Suami


Source: Al Shah Mohamed

Sebagai wanita muslimah taat pada suami merupakan hal yang harus dilakukan sesuai dengan ajaran islam, wanita harus menuruti apa yang dikatakan suami asal tidak keluar dari syari’at islam. Suami adalah kepala keluarga yang harus dihormati dan dituruti perintahnya karena suami adalah imam keluarga. Seorang istri muslimah yang baik adalah istri yang patuh pada suaminya dan siap melayani suami dengan senang hati.

8. Menjaga Harta Suami


Source: herman yahaya

Wanita muslimah yang sudah berkeluarga adalah istri yang senantiasa menjaga kehormatan suami dengan menjaga harta suami dengan baik. Harta suami bukan hanya material saja tapi menjaga diri apabila suami tidak ada di rumah juga termasuk dari menjaga harta suami karena istri adalah harta suami yang paling berharga. Mengatur penghasilan suami dengan membelanjakan sesuai dengan kebutuhan. Rajin menabung dengan menyisihkan uang dari pengahsilan suami dan juga senantiasa senang bersedekah agar rezeki yang kita dapatkan bisa semakin bertambah keberkahannya.

9. Berhias Hanya Untuk Suami


Source: Stevebidmead

Sifat wanita muslimah yang lain adalah senentiasa berhias hanya untuk suami semata bukan untuk orang lain. Berhiaslah secantik mungkin tapi hanya untuk suami dan selalu menjaga penampilan di depan suami agar suami tidak merasa bosan. Menyenangkan suami dengan cara berhias diri secantik mungkin itu merupakan ibadah. Islam mengajarkan agar istri bisa menjaga menampilan di depan suami dan menyenangkan hati suami dengan berdandan secantik mungkin sesuai dengan ajaran Islam.

10. Mendidik Anak Dengan Menjadi Ibu yang Baik


Source: amrufm

Menjadi ibu yang mampu membimbing dan mendidik anak-anaknya untuk taat pada Allah SWT dengan mengajarkannya untuk sholat sedini mungkin dan mempelajari Al Qur’an di waktu kecil. Menanamkan pada anak-anak rasa cinta pada Allah SWT dan Rasul-Rasu-Nya. Mengajarkan anak-anak menjauhkan diri dari maksiat atau hal-hal lain yang bertentangan dengan ajaran Islam. Membimbing mereka sampai mereka dewasa dan dapat berdiri sendiri dengan senantiasa berdo’a untuk keselamatanya.

Itulah sifat yang harus dimiliki oleh setiap wanita muslimah. Wanita muslimah adalah ciri dari sebuah keindahan dan kesucian dimana Allah SWT selalu memerintahkan untuk menjaga kehormatan diri sebagai wanita muslimah yang taat. Hal tersebut tidak lain untuk keselamatan wanita muslimah itu sendiri di dunia dan akhirat. Wanita muslimah harus mampu manjaga lisannya, menjaga kehormatannya, dan menjaga keluarganya.

Loading...