Inilah 10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuhmu

By |2018-11-07T20:21:33+09:00February 2nd, 2017|Beauty, Culinary, Health|Comments Off on Inilah 10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuhmu

PapayaSource: jar [o]

Buah pepaya adalah buah yang sangat mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa tanaman ini sebenarnya berasal dari Meksiko? Ya tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan ini disebut juga sebagai tanaman obat karena semua bagian yang ada pada buah ini bisa dijadikan sebagai obat yang baik untuk kesehatan. Buah pepaya umumnya dikenal sebagai pelancar BAB yang sangat ampuh saat sembelit menyerang. Tetapi sebenarnya banyak sekali manfaat buah pepaya yang belum diketahui oleh banyak orang untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Berikut adalah 10 manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Source: cuncon

Sistem imun tubuh adalah pertahanan tubuh dalam menghadapi berbagai infeksi penyakit yang diakibat oleh virus, bakteri, dan kuman. Vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita terjaga dari segala jenis penyakit seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya. Selain itu manfaat buah pepaya lainnya adalah dapat meredakan demam yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya saat demam menyerang agar demam segara reda.

2. Menyehatkan Tulang


Source: tanjashaw

Vitamin K yang terkandung dalam buah pepaya berkhasiat untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan mencegah tulang cepat rapuh ataupun terjadi patah tulang. Asupan buah pepaya setiap hari dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan juga mengurangi ekskresi kalsium yang biasanya terjadi dalam tubuh. Untuk itu biasakan mengkonsumsi buah pepaya dan menjadikan buah berwarna kuning ini sebagai menu harianmu setiap hari.

3. Bagus untuk Penderita Diabetes


Source: sandid

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan manis yang berasal dari gula. Untuk menggantinya biasanya dokter lebih menganjurkan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan gula lebih rendah salah satunya adalah buah pepaya. Buah pepaya sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk memperoleh asupan glokosa alami dan juga serat yang sehat untuk kesehatannya. Untuk itu jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah ini walaupun kamu memiliki penyakit diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Selain sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, manfaat buah pepaya lainnya adalah dapat mencegah penyakit jantung yang kini banyak menyerang tidak hanya orang tua namun juga generasi muda. Kandungan serat, kalium, dan vitamin di dalam buah pepaya membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung. Peningkatan kalium dalam tubuh akan menyebabkan penurunan asupan natrium saat kamu rajin mengkonsumsi buah pepaya. Sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kardiovaskular ini. Selain itu buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Memperlancar Pencernaan


Source: rogeriomda

Inilah khasiat buah pepaya yang tidak usah diragukan lagi. Buah pepaya memang sejak dulu dikenal ampuh untuk memperlancar BAB ketika sembelit menyerang. Apakah yang menyebabkan pepaya bisa memperlancar pencernaan? Jawabannya adalah dalam buah pepaya terdapat enzim yang bernama papain, enzim ini berkhasiat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu buah pepaya mengandung banyak serat dan kadar air yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit.

6. Penyembuh Luka

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah ampuh digunakan sebagai salep penyembuh luka basah seperti luka bakar ataupun luka terbuka lainnya. Berdasarkan penelitian buah pepaya mengandung  enzim proteolitik chymopapain dan papain yang mempercepat penyembuhan pada luka terbuka. Salep yang mengandung papain telah terbukti ampuh menyembuhkan ulkus dekubitus atau luka baring. Buah pepaya bisa digunakan sebagai penyembuh luka alami yang ampuh dan juga berfungsi mencegah luka terkena infeksi akibat serangan bakteri atau kuman.

7. Mengurangi Berat Badan

Manfaat buah pepaya muda berkhasiat untuk menurunkan berat badan yang sudah terbukti. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa buah pepaya muda dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh dan membuangnya dengan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu buah pepaya muda dapat memaksimalkan metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak menjadi energi berlangsung lebih sempurna. Buah pepaya muda bisa menjadi rekomendasimu bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tanpa efek samping dan bahan kimia berbahaya.

8. Pencegah Gejala Asma

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma tentunya akan sangat waspada jika gejala asma menyerang dengan tiba-tiba. Sebenarnya gejala asma bisa diminimalisir dengan asupan nutrisi tertentu dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi nutrisi beta karoten yang terkandung dalam pepaya. Buah pepaya bisa membantu kamu untuk mencegah terjadinya gejala asma bahkan jika dikonsumsi secara rutin gejala asma akan jarang muncul kembali.

9. Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

https://www.instagram.com/p/-vGgOMPoiM/?tagged=caramembersihkanwajah

Daging buah pepaya yang difermentasi ternyata berkhasiat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Selain itu buah pepaya bisa memberikan kesegaran dan mencerahkan kulit yang kusam. Untuk itu buah pepaya sering dijadikan produk kecantikan baik itu dalam bentuk lotion ataupun sabun muka. Kandungan vitamin dan berbagai mineral didalamnya juga bisa dijadikan buah sehat yang dikonsumsi dan akan berdampak pada kesehatan kulitmu.

10. Menghaluskan Tumit


Source: foto-augenblick

Area tumit memang selalu identik dengan masalah kulit pecah-pecah yang bisa membuatmu minder. Tahukah kamu bahwa manfaat buah pepaya muda khususnya getahnya berkhasiat untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Caranya cukup mudah cukup oleskan getah buah pepaya muda pada area tumit yang pecah-pecah, diamkan selama 15 menit dan bilaslah dengan air hangat hingga bersih. Untuk mendapatkan hasilnya kamu harus melakukannya secara rutin.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya yang dapat berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit kita. Ternyata manfaat buah pepaya tidak hanya berkhasiat untuk memperlancar BAB dan mencegah sembelit namun juga ada banyak manfaat buah pepaya lainnya yang sangat menakjubkan. Untuk itu buah berwarna orange ini harus selalu hadir dalam menu harianmu agar kamu mendapatkan khasiat dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memberikan informasi tentang manfaat buah pepaya. Selalu ingat untuk mencintai hidup sehat, selamat mencoba!

Loading...