Ini Dia 15 Tempat Wisata di Makassar yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

By |2018-11-08T19:12:04+09:00April 21st, 2017|Trip and Travel|Comments Off on Ini Dia 15 Tempat Wisata di Makassar yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga


Source : Pexels

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga, Makassar adalah salah satu tujuan yang tepat. Kota Daeng ini memiliki beragam wisata dari wisata alam sampai wisata modern yang sangat cocok untuk dihabiskan bersama keluarga tersayang. Apa saja sih tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang cocok dikunjungi bersama keluarga? Yuk langsung saja intip dibawah ini!

1. Pantai Losari

Berkunjung ke Makassar tak lengkap rasanya kalau tak mampir ke Pantai Losari yang merupakan ikon wisata kota Daeng ini. Pantai Losari dapat dikunjungi sepanjang waktu, namun akan lebih menarik jika Anda mengunjunginya sekitar sore sampai malam hari. Selain menikmati panorama keindahan pantai, Anda juga bisa duduk-duduk santai sambil bercengkrama bersama keluarga dan menikmati beragam kuliner yang dijajakan di sekitar pantai.

2. Trans Studio Makassar

Beranjak dari wisata alam, Anda sekeluarga dapat mengunjungi wisata modern yang juga menjadi ikon wisata kota Makassar yaitu Trans Studio Makassar. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan H. M. Dg. Patompo ini memiliki berbagai wahana bermain yang pasti akan disenangi anak-anak Anda. Wahana bermain dalam Trans Studio Makassar dibagi menjadi empat zona, diantaranya Studio Central, Lost City, Cartoon City, dan Magic Corner. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 200.000 sebagai tiket masuk.

3. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa merupakan museum yang menyimpan berbagai peninggalan kerajaan Gowa, salah satu kerajaan yang paling berkuasa di Gowa sekitar abad ke-13. Balla Lompoa sendiri merupakan bahasa Makassar yang berarti “rumah besar”, yang mana desain museum ini yang seperti rumah besar berbentuk panggung khas Bugis. Untuk memasuki museum yang merupakan rumah panggung terbesar di dunia ini, ternyata Anda tidak perlu membayar tiket masuk, lho!

4. Benteng Rotterdam

Benteng yang memiliki nama lain Fort Rotterdam dan Benteng Ujung Pandang ini sudah dibangun sejak tahun 1545 dan merupakan salah satu peninggalan sejarah yang paling terawat di Indonesia. Di dalam kawasan Benteng Rotterdam ini, Anda sekeluarga dapat mengunjungi Museum Negeri La Galigo yang memiliki beragam peninggalan nenek moyang kita, seperti alat musik, perahu, artefak khas Tana Toraja, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda juga bisa berkunjung ke galeri seni untuk menyaksikan langsung seniman Daeng Zaenal Beta yang melukis dengan menggunakan tanah liat.

5. Benteng Somba Opu

Masih seputar wisata peninggalan sejarah nenek moyang, Benteng Somba Opu adalah destinasi yang wajib dikunjungi Anda sekeluarga. Benteng ini didirikan oleh Sultan Kerajaan Gowa ke-IX yang awalnya dijadikan sebagai pusat perdagangan dan pusat rempah-rempah. Benteng yang berlokasi di Jalan Daeng Tata ini memiliki kontruksi bangunan yang memiliki sistem pertahanan kuat dan bernilai arsitektur tinggi. Benteng Somba Opu berbentuk segi empat dengan ketinggian sekitar 8 meter dan panjang sekitar 8 kilometer.

6. Jalan Somba Opu

Setelah mengunjungi Benteng Somba Opu, Anda sekeluarga dapat mampir ke Jalan Somba Opu untuk berbelanja atau menikmati wisata kuliner yang banyak dijajakan di kawasan tersebut. Jalan Somba Opu memang terkenal sebagai tempat yang dituju untuk memburu oleh-oleh dan cinderamata khas kota Makassar. Jenisnya pun beragam, Anda dapat membeli makanan sampai kerajinan tangan yang cantik dan unik.

7. Kawasan Adat Ammatoa

Jika Anda sekeluarga menyenangi wisata budaya dan tradisi khas Indonesia, cobalah untuk berkunjung ke kawasan adat Ammatoa yang berlokasi di kecamatan Kajang, Bulukumba. Ammatoa sendiri sebenarnya adalah pemimpin suku yang diangkat seumur hidup oleh suku Kajang. Yang khas dari kawasan ini adalah rumah-rumah yang dibangun menghadap ke utara dan orang-orangnya yang hampir selalu berpakaian serba hitam dalam kegiatan sehari-hari.

8. Ke’te Kesu

Wisata budaya dan tradisi selanjutnya yang bisa dikunjungi oleh Anda sekeluarga adalah Ke’te Kesu, salah satu desa adat di Tana Toraja dan memiliki rumah adat yang disebut Tongkonan. Uniknya, masing-masing Tongkongan ternyata memiliki nama yang diberikan oleh para tetua adat dan nenek moyang sebelum rumah adat tersebut dibangun. Ciri khas dari Tongkongan adalah bentuk atapnya yang melengkung menyerupai bentuk perahu dan adanya alang atau lumbung yang dibangun di depannya.

9. Amatoa Resort

Tak jauh dari Pantai Tanjung Bira, terdapat tempat yang akan sangat cocok untuk liburan Anda sekeluarga yaitu Amatoa Resort. Resort ini cenderung tenang dan nyaman, karena hanya memiliki sekitar 9 bungalow dengan fasilitas lengkapnya. Dari resort ini, Anda sekeluarga sudah bisa menikmati keindahan Tanjung Bira tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lain. Terlebih lagi, disediakan tangga yang menjadi akses langsung ke laut sehingga Anda sekeluarga bisa puas bermain disana.

10. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Berwisata sekaligus memiliki nilai budaya sekaligus edukasi merupakan pilihan liburan yang sangat cocok untuk keluarga, salah satunya adalah pusat kerajinan perahu Phinisi yang berlokasi di Tana Beru. Sesuai dengan namanya, disini Anda sekeluarga dapat menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan perahu yang ternyata dibuat dengan peralatan yang masih sederhana dan tradisional. Selain itu, proses pembuatan perahu masih mengikuti ritual yang berlaku sejak jaman nenek moyang seperti menentukan hari baik untuk mencari bahan baku dan upacara adat tertentu.

11. Kampoeng Popsa

Kampoeng Popsa adalah tempat nongkrong dan wisata kuliner yang sangat cocok dikunjungi oleh Anda sekeluarga untuk bersantai serta menikmati ragam makanan khas Makassar. Kampoeng Popsa berlokasi di Jalan Penghibur, tepat di depan Benteng Rotterdam dan digemari oleh banyak pengunjung berbagai usia serta kalangan. Saat makan di Kampoeng Popsa, Anda sekeluarga bisa bercengkrama santai sambil menikmati pemandangan Pantai Losari yang terlihat jelas dari tempat tersebut.

12. Desa Wisata Lakkang

A post shared by rezky amalia (@rezkyamalia929) on

Salah satu desa wisata yang kaya budaya dan tradisi lainnya adalah Desa Wisata Lakkang yang terletak diantara Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Untuk mengunjungi desa ini, Anda bisa menyebrang menggunakan perahu dari dermaga Universitas Hasanuddin dengan tarif sekitar Rp 3.000. Dalam waktu kurang lebih 30 menit, Anda sekeluarga sudah mulai dapat melihat deretan pohon nipah dan mangrove dari Desa Lakkang. Selain keindahan alamnya, di desa ini juga banyak terdapat peninggalan masa penjajahan Jepang, lho!

13. Bugis Waterpark

Wisata keluarga tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi waterpark yang sangat disenangi anak-anak, salah satunya adalah Bugis Waterpark yang berlokasi di Jalan Sektor Mahamero, Antang. Waterpark yang memiliki logo semacam kapal layar phinisi ini memiliki berbagai wahana permainan air yang akan digemari anak-anak Anda. Untuk memasuki Bugis Waterpark, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 200.000 sebagai tiket masuk.

14. Taman Maccini Sombala

Destinasi selanjutnya adalah taman kota Makassar yang dibangun pada tahun 2014 yaitu Taman Maccini Sombala. Taman ini berlokasi di Jalan Nuri Baru, yang dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Pantai Losari dan lain-lain sehingga memudahkan Anda sekeluarga untuk mengunjunginya. Di taman ini selain dapat duduk santai menikmati pemandangan, Anda sekeluarga juga bisa melakukan kegiatan berkebun yang menyenangkan, lho!

15. Pemandian Air Panas Lejja

Setelah lelah mengelilingi berbagai tempat wisata, ada baiknya menutup perjalanan Anda di Makassar dengan berkunjung ke pemandian air panas Lejja. Pemandian air panas yang berlokasi di Marioriawa, Soppeng ini selain memiliki kolam pemandian juga dikelilingi pemandangan alam yang indah. Anda sekeluarga dapat mengistirahatkan tubuh dan melakukan relaksasi dengan berendam di pemandian air hangat yang juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit ini.

Itulah 15 tempat wisata di Makassar yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga Anda. Karena lokasi wisata di Makassar yang cukup berjauhan satu sama lain, ada baiknya kalau Anda menyewa mobil untuk kenyamanan keluarga Anda. Jangan lupa juga untuk membawa perbekalan yang cukup supaya perjalanan semakin menyenangkan. Selamat berwisata bersama keluarga di Makassar!

Loading...