Ini Dia 10 Hewan Kecil yang Imut dan Menggemaskan

By |2018-11-08T17:02:06+00:00March 25th, 2017|Lifestyle, Trip and Travel|


Source: Alexas_Fotos

Semut? Semut memang berukuran kecil dan kerap kita jumpai di mana saja. Atau mungkin protozoa yang harus dilihat menggunakan mikroskop? Berbeda dengan kemahsyuran kedua hewan kecil tersebut, 10 hewan terkecil yang satu ini justru tidak mudah dijumpai layaknya semut dan protozoa. Wah, apa saja ya kesepuluh hewan terkecil di dunia ini? Siap-siap untuk terpukau ya!

1. Hippocampus Denise


Source: Wikimedia

Masuk dalam keluarga kuda laut, Hippocampus Denise adalah jenis kuda laut terkecil di dunia dengan ukuran hanya 16mm saja. Dikenal pula dengan nama Denise’s Pygmy Seahorse, ia bisa ditemui di perairan Pasifik sebelah barat dan menyelamlah hingga kedalaman 90 meter di antara karang-karang atau bebatuan. Ternyata, Hippocampus Denise termasuk dalam salah satu hewan langka yang saat ini dilindungi.

2. Pygmy Marmoset


Source: John Morton

Pygmy Marmoset termasuk dalam golongan New World Monkey yang hidup di hutan hujan. Ukurannya memang sangat berbeda dengan monyet lainnya, yaitu hanya 15-16 cm per ekor. Berhabitat di hutan Ekuador,  mereka melindungi dirinya dengan cara berlindung di balik pohon. Siapa sangka ternyata mereka bisa hidup di alam liar hingga berumur 12 tahun dan mengkonsumsi getah dari pohon dan buah-buahan yang ada di hutan.

3. Kelelawar Kitti Hog-Nosed


Source: Wikimedia

Kelelawar yang satu ini memang dikenal hampir punah keberadaanya. Layaknya pecahan uang logam, ukuran kelelawar Kitti Hog-Nosed ini hanyalah 5-6 cm saja. Mereka hidup di dalam gua-gua sebelah barat Thailand dan selatan Burma. Memiliki bulu berwarna coklat kemerahan atau abu-abu dengan hidung layaknya babi, mereka hidup secara berkelompok hingga mencapai 500 ekor.

4. Leptotyphlops Carlae


Source: Wikimedia

Ditemukan di Barbados, Leptotyphlops Carlae ini juga dikenal dengan nama Barbados Threadsnake. Mirip seperti cacing karena ukurannya yang sangat kecil, ia merupakan ular paling mungil di dunia. Ukurannya hanya mencapai 10 cm dan mampu bertelur satu butir untuk sekali periode reproduksinya. Ternyata, hewan ini juga termasuk dalam salah satu hewan yang hampir punah karena sulit sekali untuk dijumpai.

5. Kuda Thumbelina


Source: Wikimedia

Kuda Thumbelina yang termasuk dalam ras miniature horse ini mencatat rekor dalam Guiness World Book of Record. Dengan bobotnya mencapai 26 kilogram dan tinggi 44 cm, ternyata ia adalah kuda yang menderita sindrom dwarfisme sehingga pertumbuhan tubuhnya tidak normal. Walaupun begitu, popularitas kuda Thumbelina ini sudah tidak dipungkiri lagi. Banyak orang berbondong-bondong datang ke Missouri, Amerika Serikat, hanya untuk menyaksikan si imut Thumbelina.

6. Laba-Laba Patu Digua


Source: Wikimedia

Hanya bisa ditemukan di Kolombia, laba-laba Patu Digua adalah jenis laba-laba terkecil di dunia yang berukuran 0,037 cm hingga 0,059 cm. Wajar saja jika ia sangat sulit ditemukan karena ukurannya yang sangat kecil, tidak sampai 1 cm! Laba-laba Patu Digua ini kerap menjadi santapan reptil lainnya sehingga wajar saja jika keberadaannya saat ini semakin langka.

7. Bee Hummingbird


Source: Wikimedia

Bee Hummingbird atau dikenal sebagai Burung Kolibri memiliki bentuk tubuh yang terbilang kecil dibandingkan dengan burung-burung lainnya. Ukurannya tidak lebih dari 6,5 cm dengan berat 1,6 gram saja. Burung Kolibri memiliki ciri-ciri paruh yang panjang dan kecil, dada hingga ekor yang berwarna biru dengan sedikit corak hitam di area punggung. Dapat ditemukan di Kuba, burung ini bisa terbang dengan sangat cepat dan memiliki kepakan sayap yang kuat, layaknya lebah.

8. Vaquita


Source: Wikimedia

Terdapat lumba-lumba terkecil di dunia yang di kenal dengan nama Vaquita. Termasuk dalam spesies Cetacea, kamu bisa menemukan lumba imut nan menggemaskan ini di perairan Teluk California dan Laut Cortez. Ciri-ciri dari Vaquita adalah berwarna abu-abu gelap, memiliki lingkaran hitam di area mata, bibir kehitaman serta berukuran 1,5 meter dengan berat mencapai 55 kilogram. Vaquita juga masuk dalam daftar hewan yang hampir punah karena habitatnya yang rusak karena manusia.

9. Tarsius Tarsier


Source: Wikimedia

Primata berwarna coklat kemerahan dan sedikit kelabu, mata yang besar dan telinga yang terbuka lebar ke arah depan adalah ciri-ciri dari hewan imut ini, Tarsius Tarsier. Walaupun ia bertubuh kecil, hewan ini ternyata bisa melompat hingga 3 meter. Yang menarik dari Tarsius Tarsier adalah ukuran otaknya yang lebih kecil daripada ukuran matanya. Kamu bisa menemukan hewan ini di sekitar Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan serta di Filipina.

10. Kura-Kura Padloper Berbintik


Source: Wikimedia

Terdapat 2 jenis kura-kura Padloper berbintik di dunia yaitu North Speckled Padloper dan Southern Speckled Padloper. Kedua jenis kura-kura ini memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan kura-kura sejenisnya yaitu 4 inci dengan berat 5 ons. Hewan herbivora yang gemar menyantap dedaunan dan bunga ini ternyata hampir punah dikarenakan meningkatnya aktifitas jual beli kura-kura. Banyak orang memperjualbelikan daging, telur, paruh hingga cangkang kura kura Padloper Berbintik ini.

Sangat imut dan menggemaskan ya!