Ini Dia 10 Bisnis Menguntungkan yang Cocok Untuk Pemula

By |2018-11-08T17:01:23+00:00March 26th, 2017|Knowledge|


Source : jakeandlindsay

Dunia entrepreneurship di Indonesia semakin hari semakin berkembang dan menjadi mata pencaharian yang menguntungkan. Banyak orang yang kemudian terpikir untuk melakukan bisnis guna mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dibanding kerja kantoran. Namun tidak sedikit juga yang masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis karena belum ada pengalaman. Jika Anda salah satu orang yang berniat untuk berbisnis namun masih ragu bisnis apa yang cocok, berikut ada beberapa bisnis yang dapat Anda geluti sebagai pemula. Langsung saja kita bahas satu persatu, yuk!

1. Berjualan Pulsa


Source : kaboompics

Loading...

Untuk seorang pemula, bisnis berjualan pulsa termasuk bisnis yang aman dengan modal minim. Hanya dengan modal sekitar seratus atau dua ratus ribu dan handphone sudah dapat menjalankan bisnis ini. Selain itu, pulsa dapat dikatakan kebutuhan primer jaman sekarang sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Namun ada yang perlu Anda perhatikan sebelum berbisnis pulsa, yaitu memilih agen pulsa yang terpercaya sehingga terhindar dari kasus penipuan yang marak terjadi.

2. Membuka Warung Depan Rumah


Source : wake99

Jika tempat tinggal Anda terletak di dekat jalan raya, mungkin Anda dapat membuka warung yang menjual kebutuhan sehari-hari. Tidak harus kebutuhan sehari-hari, jualan Anda dapat disesuaikan dengan keadaan lingkungan misalnya warung jus dan jajanan anak-anak. Usaha warung ini mungkin terbilang kecil, namun tidak menutup kemungkinan warung Anda dapat berkembang menjadi besar. Selain itu Anda mendapatkan pelajaran langsung mengenai berbagai tipe konsumen dan bagaimana melayani mereka, yang dapat menjadi bekal untuk berjualan di bidang lainnya.

3. Menjual Camilan dan Makanan Ringan


Source : stevepb

Camilan merupakan makanan yang tak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. Meskipun bukan makanan berat, namun sebagian besar orang mengkonsumsi camilan tiap harinya. Anda dapat menjadikan ini sebagai peluang usaha dengan menjual camilan dan makanan ringan. Jika Anda merasa terhambat karena tidak memiliki produknya, tidak usah khawatir. Anda bisa membeli camilan dalam skala besar atau grosir, kemudian dibungkus ulang dengan ukuran yang lebih kecil. Camilan ini bisa Anda titipkan di warung-warung dengan sistem bagi hasil.

4. Menjual Aksesoris HP


Source : 3dman_eu

Ponsel atau HP kini bukan lagi menjadi benda mewah dan hampir semua orang memilikinya. Seiring dengan meningkatnya pengguna HP, semakin meningkat pula kebutuhan akan aksesoris HP. Beragam aksesoris HP bisa Anda jual, seperti anti gores, casing HP, headset, dan lain sebagianya. Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan casing HP dengan konsep custom, yang artinya konsumen bebas memilih desain atau gambar apa yang akan diletakkan pada casing HP mereka.

5. Jasa Make Up Artist


Source : sarah2708

Jika Anda memiliki keahlian dalam merias dan paham seluk beluk make up, Anda dapat menawarkan jasa make up artist. Modal yang Anda perlukan hanyalah seperangkat alat make up. Anda dapat memulai dari skala kecil seperti make up pesta atau wisuda, yang memang memiliki banyak permintaan pada kedua event itu. Siapa tahu, nantinya bisnis Anda ini akan berkembang menjadi make up artis pengantin dan punya salon kecantikan sendiri.

6. Bisnis Kuliner Produksi Sendiri


Source : RitaE

Bagi Anda yang hobi memasak, bisnis kuliner dapat menjadi pilihan untuk langkah awal. Yang perlu Anda lakukan adalah tentukan makanan apa yang akan Anda jual. Usahakan makanan yang unik dan belum pernah ada sebelumnya sehingga orang merasa penasaran dan tertarik untuk membeli. Atau, Anda juga bisa menjual makanan yang memiliki resep khas seperti ayam goreng dengan bumbu khas dari nenek moyang.

7. Bisnis Penggilingan Botol Bekas


Source : Reclclado Creativo

Bisnis penggilingan botol bekas ternyata memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Banyak perusahaan yang membutuhkan botol bekas untuk kemudian dijadikan bahan membuat plastik daur ulang. Anda dapat bekerjasama dengan para pengepul yang biasa mengumpulkan dan menampung sampah botol plastik. Kemudian botol plastik diolah menggunakan mesin giling dan menjualnya ke perusahaan-perusaahan besar, terutama perusahaan retail yang membutuhkan plastik untuk produknya.

8. Jasa Les Privat


Source : jerrykimbrell10

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu seperti bahasa asing atau mata pelajaran sekolah, Anda dapat menawarkan jasa les privat. Biasanya anak-anak yang duduk di bangku sekolah banyak mengikuti les tambahan yang dianjurkan oleh orangtuanya. Selain bahasa atau pelajaran sekolah, Anda juga bisa menawarkan jasa les musik seperti piano, gitar, biola, dan lain sebagainya.

9. Bisnis Online


Source : FirmBee

Bisnis online semakin marak dengan perkembangan internet yang melesat jauh. Terdapat berbagai peluang bisnis melalui internet yang cocok untuk pemula. Anda dapat berjualan online dengan menjadi dropshipper, yaitu menjualkan barang orang lain tanpa perlu stok barang. Anda juga bisa menawarkan jasa berdasarkan keahlian Anda seperti jasa desain, pembuatan website, bisnis affiliate dan lain sebagainya.

10. Bekerjasama Menjadi Agen JNE


Source : GraphicMama-team

Maraknya bisnis online membuat jasa pengiriman barang mengalami permintaan yang tinggi. Anda dapat memanfaatkan keadaan ini dengan menjadi agen JNE, salah satu jasa pengiriman barang terkemuka di Indonesia. Caranya pun tidak sulit. Anda hanya perlu mengajukan penawaran kepada JNE pusat untuk menjadi agen dan menjelaskan bahwa Anda memiliki tempat yang potensial. Nantinya pihak JNE akan melakukan survey ke tempat Anda dan jika sudah disetujui maka usaha Anda pun dapat berjalan.

Itulah beberapa bisnis yang dapat Anda lakukan sebagai pemula. Apapun bisnis yang Anda pilih, jangan lupa kalau semua pekerjaan membutuhkan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gagal dalam bisnis dan kehidupan adalah hal yang biasa. Yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit lagi dari kegagalan dan memulai kembali. Selamat memulai berbisnis dan teruslah bekerja keras!

Loading...