Ingin Punya Kulit yang Cantik? Cek 15 Tips Ampuh Berikut untuk Mencegah dan Mengatasi Muka Berminyak

By |2018-11-08T21:01:07+00:00April 11th, 2017|Beauty|


Source: tommerton2010

Memiliki kulit yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Terlebih lagi bagi seorang wanita yang sangat mementingkan penampilan. Bagi para wanita, penampilan menjadi prioritas penting untuk diperhatikan. Biasanya para wanita merogoh kocek lebih dalam agar mendapatkan perawatan kecantikan demi mendukung penampilan terbaik mereka.

Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi sejumlah masalah pada kulit muka yang timbul akibat dari polusi, stress, beban pekerjaan, hormon, dan faktor lainnya. Salah satu masalah kulit muka yang sering dialami oleh para wanita adalah kondisi muka berminyak. Kelebihan kadar minyak di muka biasanya berefek pada timbulnya komedo, jerawat, dan iritasi lainnnya. Tentunya, inipun menjadi masalah yang besar bagi para wanita.

Selanjutnya, kondisi muka berminyak juga disebabkan oleh beberapa faktor genetik serta makanan yang kita makan sehari-hari. Bahkan, ketika masa menstruasi, kehamilan, atau ketika masa menopause juga bisa meningkatkan kadar minyak di muka. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kulit muka berminyak, ada beberapa tips ampuh dan alami yang akan kami paparkan berikut ini.

1. Mencuci Muka Secara Rutin


Source: kizzzbeth

Dianjurkan bagi kamu yang ingin memiliki muka yang bersih dari kotoran dan minyak untuk mencuci muka secara rutin. Kamu bisa mencuci muka di pagi hari dan di saat malam hari dengan menggunakan facial cleanser berbahan alami. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka ya, guys! Karena malah bisa menyebabkan produksi minyak berlebih, lho.

2. Pilih Bahan Alami yang Tepat


Source: Guy Montag

Saat mencuci muka, ada baiknya kamu memilih bahan facial cleanser yang alami. Alami disini maksudnya adalah mengandung ekstrak buah atau sayur yang dapat menjaga kecantikan wajah. Contohnya, kamu bisa memilih facial cleanser berbahan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, untuk kulit muka berminyak, kamu bisa memilih facial cleanser khusus muka berminyak dengan bahan mentimun misalnya.

3. Mencuci Muka dengan Air Hangat


Source: julian

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan air hangat ketika sedang mencuci muka. Air hangat disini berfungsi untuk membuka pori-pori dan mencegah adanya sebum dari efek kulit berminyak. Kamu bisa mencuci muka dengan air hangat secara rutin, sehingga, penggunaan air hangat akan menenangkan kondisi kulit dan mengeringkan kulit serta mencegah dari muka berminyak.

4. Pilih Masker Alami


Source: Karolina Mis

Selain dengan tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa memilih alternatif alami lain untuk mencegah dan mengatasi muka berminyak, lho! Ya, menggunakan bahan alami sebagai masker muka memang menjadi pilihan terbaik. Misalnya, unutuk mengencangkan pori di wajah, kamu bisa menggunakan campuran putih telur dan madu sebagai masker. Tentunya, menggunakan masker tersebut secara rutin sangatlah dianjurkan agar mendapat hasil yang terbaik.

5. Air Jeruk Sebagai Masker Muka


Source: Sam Fox Photography

Air Jeruk mengandung antibakteri yang dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C nya yang tinggi dikenal dapat menyamarkan noda pada muka. Cara menggunakan masker air jeruk ini terbilang mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok air jeruk ke dalam air putih lalu aplikasikan ke muka dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Hasilnya, jika kamu menggunakannya secara rutin, kulit wajah akan terbebas deh dari yang namanya muka berminyak.

6. Masker Muka Berbahan Yogurt


Source: Veganbaking.net

Yogurt diketahui mengandung asam laktat yang berfungsi untuk meregenerasi sel mati pada kulit serta menyingkirkan minyak berlebih pada wajah. Penggunaan yogurt sebagai masker muka sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Khasiatnya yang ampuh dalam membuat kulit menjadi lebih lembut sudah tidak diragukan lagi. Cara pemakaian masker yogurt pun cukup mudah. Yaitu dengan hanya mencampurkan satu sendok yogurt dengan oatmeal dan madu. Lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih dengan air hangat untuk hasil yang optimal.

7. Masker Buah Apel


Source: vivek raj

Ternyata buah apel bisa digunakan sebagai perawatan untuk kulit berminyak, lho! Apel sendiri mengandung asam malat yang dapat menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit. Ternyata bukan hanya itu saja, mencampurkan apel dengan yogurt dan air jeruk sebagai masker muka adalah ide yang sangat bagus demi mendapatkan kulit wajah yang cantik dan cerah.

8. Masker Buah Tomat


Source: Robert Judge

Untuk mencegah dan mengatasi wajah berminyak, kamu bisa menggunakan masker muka dengan bahan buah tomat sebagai pilihan. Kemampuannya untuk mengatasi kulit berminyak ini didukung oleh kehadiran vitamin C yang melimpah pada buah tomat. Vitamin C nya juga membantu dalam mengecilkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak pada muka. Jika kamu ingin menggunakan tomat sebagai bahan utama maskermu, tambahkan madu sebagai pelengkap, ya!

9. Mentimun Sebagai Bahan Masker


Source: Max Mallett

Jika kamu ingin bebas dari kulit berminyak, menggunakan masker mentimun adalah pilihan yang sangat baik. Mentimun sendiri dikenal sebagai bahan masker yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Kaya akan kandungan nutrisi yang baik seperti vitamin A, vitamin E, dan magnesium sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakan masker mentimun secara rutin juga dapat mencerahkan noda pada wajah sehingga berguna untuk mencerahkan kulit.

10. Masker Alami Putih Telur


Source: John Morgan

Tips kesepuluh yang dapat kami rekomendasikan adalah penggunaan putih telur untuk kulit berminyak. Kandungan vitamin A pada putih telur dipercaya dapat menyamarkan noda pada muka dan berperan dalam mengatasi kulit berminyak. Sehingga, penggunaan masker alami putih telur secara rutin dapat merapatkan struktur kulit sehingga juga dapat mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah.

11. Menggunakan Cuka Sebagai Alternatif


Source: Mike Mozart

Cuka apel maupun cuka putih mempunyai keistimewaan dalam hal perawatan kulit. Aplikasikan cuka menggunakan cotton ball ke wajah sebelum tidur Diamkan selama 10 menit dan basuh dengan air. Ulangi cara tersebut selama 4 minggu. Sebagai hasilnya, kamu akan terbebas dari kulit berminyak karena cuka memang dikenal bisa menjaga kecantikan kulit. Bahkan, cuka tidak hanya efektif dalam mengontrol kulit muka berminyak, lho! Ia juga dapat menyeimbangkan hormon penyebab kulit berminyak dan berperan dalam menggantikan sel kulit yang rusak.

12. Cuci Muka dengan Air Garam


Source: theilr

Bahan alami selanjutnya yang khasiatnya baik terhadap kecantikan kulit yaitu garam. Garam memang digunakan sebagai bahan dapur, namun khasiatnya terhadap kesehatan sudah tidak dapat diragukan. Garam sendiri dipercaya dapat menyingkirkan kelebihan minyak pada muka. Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Hasilnya, mencuci muka dengan air garam secara rutin yaitu 2-3 kali dalam sebulan dapat membantu mencegah dan mengatasi kulit berminyak.

13. Menjaga Pola Hidup yang Sehat


Source: Emily Burnett

Kiat untuk mendapatkan kulit yang cantik bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan menyehatkan, Namun pola hidup juga memegang peranan penting. Salah satu penerapan pola hidup yang sehat yaitu dengan tidur yang cukup selama 8 jam. Kulaitas tidur yang baik sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Faktanya, ketika tidur mu cukup baik, maka tubuhmu pun akan meregenerasi sel-sel tubuh secara baik juga.

14. Hindari Stress


Source: Sodanie Chea

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, stress merupakan faktor penyebab kulit berminyak. Stress bisa disebabkan oleh banyak faktor contohnya masalah dalam kehidupan. Stress juga bisa memicu hormon untuk memproduksi minyak berlebih pada muka. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menghindari stress berlebih. Masalah memang selalu ada, namun menanggapinya dengan hati dan pikiran yang tenang adalah cara terbaik, bukan?

15. Minum Banyak Air Putih


Source: eGuide Travel

Nah, tips terakhir untuk mengatasi dan mencegah muka berminyak adalah dengan banyak meminum air putih. Air putih dikenal sebagai bahan alami yang berperan dalam mencegah dehidrasi tubuh. Meminum air putih juga memiliki banyak khasiat, salah satunya mencegah kulit kering dan mengatasi kelebihan minyak pada muka. Jadi, yuk mulai minum banyak air putih dari sekarang!

Kesimpulannya, banyak cara alami dan ampuh yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi kulit berminyak. Kamu bisa memilih bahan masker yang efektif dalam menyingkirkan kelebihan minyak pada wajah. Tentunya dengan penggunaan rutin, kamu akan terkejut ketika melihat wajahmu menjadi lebih cerah dan lembut. Yuk, maskeran!