Ingin Berat Badan Ideal? Ini Dia 10 Alternatif Diet Tanpa Nasi

By |2018-11-07T03:42:25+00:00January 14th, 2017|Health|


Source: Moyan Brenn

Apakah Anda mulai khawatir dengan berat badan Anda? Takut berat badan tambah naik tapi Anda tidak bisa lepas dari nasi? Nasi memang makanan pokok masyarakat. Bagi masyarakat Indonesia, terasa belum makan kalau belum makan nasi. Tapi untuk menjaga berat badan ideal, Anda dapat menerapkan diet nasi. Diet nasi berarti makan tanpa nasi. Nasi bukanlah nutrisi utama yang diperlukan tubuh, karena tubuh memerlukan karbohidrat. Sedangkan masih terdapat bahan makanan lain yang mengadung karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Berikut adalah 10 alternatif diet tanpa nasi.

1. Beras Merah


Source: Arria Belli

Ingin tetap ada nasi dalam menu makanan? Beras merah jawabannya. Walau masih tergolong nasi, nasi beras merah merupakan pilihan paling efektif dalam menu diet. Beras merah mengandung banyak nutrisi dan mempunyai karakteristik dalam menurunkan berat badan. Kandungan glikemiks yang rendah dapat mengendalikan penyerapan kalori. Beras merah mengandung energi dan serat yang cukup sesuai kebutuhan tubuh. Cukup mengkonsumsi satu porsi beras merah setiap hari untuk program diet.

2. Roti Gandum


Source: jpduretz

Roti gandum dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat selanjutnya. Roti gandum terbuat dari biji gandum murni yang kaya gizi. Mengkonsumsi roti gandum akan membuat Anda cepat merasa kenyang dan tidak mudah lapar. Pemilihan roti gandum sebagai pengganti nasi dapat dengan cepat menurunkan berat badan Anda. Selain berfungsi mengontrol berat badan Anda, roti gandum juga dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga Anda daapt terhindar dari penyakit jantung dan jantung.

3. Sereal


Source: shixugang

Sereal sebagai pengganti sumber karbohidrat juga merupakan pilihan yang baik. Sereal merupakan makanan rendah lemak dan kalori. Akan tetapi, jangan salah memilih sereal. Pilihlah sereal yang khusus untuk program diet, biasanya bertanda whole wheat. Sereal dapat Anda konsumsi setiap pagi saat sarapan dan makan siang. Yang terpenting adalah lakukan kombinasi sereal dengan berbagai sumber gizi lain agar asupan nutrisi untuk tubuh tetap terjaga.

4. Jagung


Source: keem1201

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang cukup terkenal di Indonesia. Jagung dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dengan berbagai macam cara. Kandungan dalam jagung juga sangat kaya, meliputi antioksidan, serat, vitamin B, fruktosa, dan mineral. Jagung rebus adalah pilihan terbaik untuk program diet, karena kandungan kalorinya rendah. Jangan khawatir dengan pencernaan Anda ketika memilih jagung untuk program diet. Jagung merupakan makanan kaya serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan.

5. Kentang


Source: Connie Ma

Kentang juga merupakan pilihan sumber karbohidrat untuk pilihan program diet tanpa nasi. Kandungan karbohidrat yang cukup dalam kentang dapat membantu tubuh kita untuk menahan lapar datang dengan cepat.  Cara terbaik mengkonsumsi kentang adalah dengan memanggangnya. Cara ini dapat membuat kandungan dalam kentang menyerap lemak dan mengeluarkannya lewat kotoran.

6. Pasta


Source: Couleur

Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok yang memilih pasta sebagai pengganti nasi? Jika iya, berbahagialah Anda karena pasta cocok menjadi pilihan untuk diet tanpa nasi. Dalam satu porsi pasta dengan kandungan 100 kalori, hanya mengandung sedikit natrium dan kolesterol. Untuk membuat diet dengan pasta menjadi lebih efektif, Anda dapat mengkombinasikannya dengan makanan rendah kalori, tinggi serat dan tinggi protein. Pilihan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena proses pencernaan akan lebih lambat. Anda dapat memasangkan pasta dengan sayuran, kacang-kacangan, ikan, atau daging.

7. Sayuran


Source: Ciara Karagianni

Mengkonsumsi sayuran menjadi pilihan cerdas dalam melakukan diet tanpa nasi. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayuran juga sangat rendah kalori sehingga sangat cocok untuk diet. Sayuran bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh, dan sebagai sarana detoksifikasi yang sangat bagus. Beberapa pilihan sayuran yang disarankan antara lain brokoli, bayam, bunga kol, wortel, kacang-kacangan.

8. Tahu Tempe


Source: kakuko

Makanan berbahan dasar kacang kedelai ini sangat kaya akan protein dan vitamin. Tempe dan tahu mengandung vitamin B kompleks, zat besi, dan serat. Pemilihan tahu dan tempe menjadi makanan dalam diet tanpa nasi bukanlah menjadi makanan utama, akan tetapi makanan pendamping. Tahu dan tempe menjadi sumber protein yang dapat dikombinasikan dengan makanan lain. Pengolahan tahu dan tempe juga sangat berpengaruh dalam proses diet. Usahakan mengolah kedua bahan makanan ini tidak dengan cara menggorengnya.

9. Buah Buahan


Source: Couleur

Buah-buahan merupakan menu wajib dalam program diet. Untuk program diet, akan lebih baik untuk memilih buah-buahan yang memiliki kandungan serat dan pectin yang berfungsi membakar lemak dalam tubuh secara alami. Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi dalam program diet tanpa nasi adalah buah apel, buah pear, buah pisang, buah blueberry, buah strawberry, buah kiwi, jeruk bali, pepaya, tomat.

10. Konsumsi Air Putih


Source: Priyanka98742

Konsumsi air putih akan sangat berperan dalam melakukan diet tanpa nasi. Mengkonsumsi air putih minimal 3 liter setiap harinya akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Air putih juga dapat bermanfaat saat Anda merasa lapar. Untuk mencegah Anda mengkonsumsi nasi dalam menangani rasa lapar, air putih merupakan pilihan yang efektif. Rutinitas penting yang sebaiknya Anda lakukan adalah menum segelas air putih setelah Anda membuka mata di pagi hari. Terbukti hal ini dapat mempercepat program diet Anda.

Demikianlah alternatif cara diet tanpa nasi. Mengganti sumber karbohidrat selain nasi, memperhatikan sumber protein dan nutrisi lainnya akan membuat program diet tanpa nasi Anda akan menjadi lebih efektif.

Healthy Diet for Healthy Body!