Hidung berdarah? Jangan Panik, Kenali 10 Langkah Mengatasi Hidung Berdarah

By |2018-11-07T13:43:50+00:00March 3rd, 2017|Health|


Source:sonar

Hidung berdarah atau mimisan dapat terjadi pada siapa saja. Mimisan terjadi karena pecahnya pembuluh darah yang ada di mukosa hidung. Terdapat berbagai macam penyebab pecahnya pembuluh darah hidung. Penyebabnya bisa karena kelainan dinding pembuluh darah, pembekuan darah, tekanan darah tinggi, dan trauma. Ketika anda mengalami hidung berdarah anda tidak perlu panik dan kenali 10 langkah mengatasi hidung berdarah di bawah ini.

1.Menghentikan perdarahan hidung awal


Source:Barney Moss

Loading...

Ketika terjadi perdarahan, hentikan perdarahan anda dengan cara duduk tegak dan condongkan badan anda agak ke depan. Hindari mencondongkan badan anda ke belakang atau menengadahkan kepala anda agar darah anda tidak jatuh ke belakang kerongkongan anda. Darah ini dapat mengiritasi lambung. Tekan kedua cuping hidung anda dengan jari selama 10-15 menit. Jika perdarahan berulang ulangi langkah tadi.

2.Mencegah perdarahan hidung


Source:bom1945

Setelah perdarahan hidung berhenti, pastikan anda tidak menyebabkan perdarahan hidung kembali terulang. Perdarahan hidung dapat dicegah dengan tidak memasukan jari ke dalam lubang hidung atau tidak mengupil serta jangan meniup dari hidung anda. Posisikan selalu kepala anda lebih tinggi dari jantung anda. Jangan menundukan kepala anda beberapa jam setelah hidung berdarah. Jika perdarahan hidung berulang, ulangi langkah tadi dengan bernafas lewat mulut saat hidung anda dipencet.

3.Kompres hidung anda dengan es batu


Source:ColiN00B

Pembuluh darah yang terkena suhu yang dingin memiliki mekanisme konstriksi atau menyempitkan diameter pembuluh darah. Mekanisme ini dimaksudkan untuk mempertahankan suhu tubuh. Udara dari luar akan dihangatkan dengan adanya pembuluh darah dan selapur lendir yang ada di hidung. Udara dari luar yang lebih dingin dari tubuh akan tetap hangat dan lembab ketika memasuki paru. Jadi, kompreslah pangkl hidung anda atau tengkuk anda dengan es batu atau dengan handuk dingin selama 10- 15 menit. Suhu yang dingin dapat membantu menghentikan perdarahan hidung anda karena diameter pembuluh darah hidung akan mengecil.Dengan mengecilnya diameter pembuluh darah alirah darah pada pembuluh hidung akan tersumbat dan berhenti.

4.Setelah perdarahan hidung berhenti


Source:geralt

Setelah perdarahan hidung atau mimisan berhenti hal yang perlu anda waspadai adalah kemungkinan terjadinya perdarahan hidung kembali. Jika perdarahan hidung terjadi kembali, jangan panik dan lakukan cara menghentikan perdarahan hidung di poin sebelumnya atau sumbat hidung anda dengan kapas atau tissue kemudian bernafaslah lewat hidung. Jangan lupa tegakan badan anda karena akan membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung anda.

5.Kenali penyebab perdarahan hidung


Source:geraldoswald26

Anda juga harus mengenali pemicu perdarahan hidung. Perdarahan hidung atau mimisan dapat disebabkan banyak hal yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal perdarahan hidung adalah infeksi lokal dan tumor. Infeksi lokal dapat berupa rinitis dan sinusitis. Sedangkan, penyebab tumor disebabkan oleh penyakit angiofibroma, yaitu keganasan yang terjadi pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan perdarahan hebat. Penyebab sistemik terdiri dari penyakit kardiovaskular, kelainan darah, kelainan kongenital, infeksi sistemik, perubahan udara atau tekanan atmosfer. Hati- hati jika anda sedang berada atau berlibur di daerah dengan cuaca yang dingin dan kering karena dapat menyebabkan keringnya mukosa hidung dan memicu pecahnya pembuluh darah hidung.

6.Mencari pertolongan medis


Source:voltamax

Perdarahan hidung atau mimisan bukanlah naman penyakit namun merupakan sebuah gejala. Jika perdarahan ini terjadi secara terus- menerus, anda perlu mencari pertolongan medis. Hal ini dimaksudkan agar mimisan segera teratasi dan penyakit yang mendasari mimisan dapat diketahui dan segera diobati secara dini. Penyakit hipertensi dan kelainan pembuluh darah seperti arteriosklerosis, sirosis hepatis atau diabetes melitus dapat menyebabkan mimisan. Mimisan pada orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi seringkali sangat banyak dan dapat berakibat fatal.

7.Kenali terapi perdarahan hidung dengan tampon anterior


Source:TonyTheTiger

Tampon anterior adalah tatalaksana untuk perdarahan hidung yang berasal dari pembuluh darah bagian depan pada selaput lendir hidung. Perdarahan ini sering terjadi pada pleksus kieselbach, yaitu pembuluh darah yang berada di sekat hidung bagian depan. Perdarahan ini sering terjadi pada anak- anak, seringkali perdarahan ini dapat berhenti dengan memencet hidung selama 10- 15 menit. Bila perdarahan ini masih berlanjut, tenaga kesehatan di rumah sakit akan melakukan tindakan dengan memasukan kasa berbentuk pita sebanyak 2-4 buah ke dalam lubang hidung. Kasa ini berfungsi sebagai tampon yang menekan pembuluh darah. Tampon ini di buat khusus agar tidak melukai selaput lendir hidung karena ditambahkan vaselin atau salep antibiotik.

8.Kenali terapi perdarahan hidung dengan tampon posterior


Source:Internet Archive Book Images

Perdarahan dapat juga terjadi pada pembuluh darah yang terletak di bagian belakang. Biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa. Penyebab tersering adalah karena tekanan darah yang tinggi. Perdarahan pada daerah ini lebih sulit diatasi. Untuk menanggulanginya di gunakan tampon posterior yang disebut tampon bellocq.  Tampon ini berbentuk kasa padat yang dibentuk kubus atau bulat dengan diameter 3 cm dan diikat 3 utas benang. Tampon ini hanya bisa di pasang oleh dokter atau perawat karena memerlukan keahlian khusus.

9.Obat-obatan perdarahan hidung


Source:detrick

Pemasangan tampon juga memiliki efek samping, yaitu perdarahan jika pemasangannya kurang hati-hati atau selaput lendir yang terlalu rapuh. Efek samping yang kedua adalah infeksi, oleh karena itu diberikan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi pada pemasangan tampon. Selain itu juga diberikan obat yang dapat mengecilkan diameter pembuluh darah hidung yang brnaman oxymetazoline 0,5%. Obat ini berbentuk spray, yang disemprotkan 2-3 semprotan setiap 12 jam.

10.Kenali komplikasi atau penyulit perdarahan hidung


Source:Afrodriguezg

Komplikasi atau perdarahan hidung dapat terjadi sebagai akibat dari perdarahan hidung sendiri atau sebagai akibat dari penanggulangan perdarahan hidung. Perdarahan hidung yang hebat dapat memungkinkan darah masuk ke dalam saluran pernafasan dan mengganggu pernafasan. Selan itu, juga dapat terjadi turunnya tekanan darah secara mendadak yang menyebabkan kekurangan oksigen di jaringan dan terutama ke otak dan jantung yang dapat menyebabkan pingsan.

Perdarahan hidung atau mimisan dapat terjadi pada siapa saja. Bila bisa dicegah tentu akan lebih baik. Segera atasi perdarahan hidung anda agar tidak menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Selamat membaca!

Loading...