Hal yang Wajib Dilakukan di Indonesia Sebelum Kamu Meninggal

By |2019-05-29T12:41:49+00:00May 24th, 2019|Knowledge|

Photo by Pablo Heimplatz

Banyak hal yang tidak pasti dalam kehidupan ini salah satunya yaitu kematian atau meninggal dunia. Setiap manusia memiliki umur yang berbeda-beda, tak sedikit yang dianugerahi umur panjang dan tak sedikit pula yang meninggal dalam usia muda. Bagaimanapun juga sebagai manusia kita tidak bisa menebak atau memastikan kapan dan bagaimana kita akan mati. Oleh sebab itu, bersyukurlah dengan apa yang kita miliki sekarang dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya selagi masih hidup. Sebelum kamu meninggalkan dunia ini, mungkin ada beberapa hal yang harus dilakukan walau hanya satu kali seumur hidup. Yuk simak artikel berikut ini hal apa saja yang wajib dilakukan di Indonesia sebelum kamu meninggal.

 

Loading...

Meninggalkan Jejak

Tidak perlu membayangkan hal-hal besar seperti para ilmuan yang telah meninggalkan jejak untuk dunia ini. Kamu bisa memulai dari hal kecil dan sederhana seperti buku jurnal, foto dan video kenangan dan kata-kata motivasi yang kamu berikan untuk orang-orang terdekat. Walaupun itu tidak berarti untuk negara tapi hal itu sangat berarti untuk keluarga yang ditinggalkan. Tentu mau dong kebaikan hidup kamu diceritakan kepada generasi selanjutnya dalam keluarga.

 

Belajar Menembak

Photo by Thomas Tucker

Belajar menembak tentu membuat pengalaman tersendiri bagi yang melakukannya. Karena menembak adalah aktivitas yang tidak bisa dilakukan sembarangan, tentu kamu butuh pelatih yang handal dan bersertifikat. Kamu bisa mencoba belajar menembak ke tempat latihan menembak yang berada di Senayan. Banyak hal yang dapat kamu pelajari ketika menembak seperti akurasi, kecepatan, konsentrasi dan pengendalian emosi.

 

Melakukan Paralayang

Mencoba aktivitas seru seperti paralayang dapat membuat hidupmu berkesan. Sensasi yang dirasakan ketika terbang di udara memicu adrenalin membuat jantung berpacu lebih cepat. Melakukan paralayang tentu menjadi memori tersendiri yang tersimpan dalam otak. Bayangkan kamu melayang di udara sambil merentang kedua tangan dan melihat keindahan alam sekitar. Pasti menjadi pengalaman yang luar biasa!

 

Melakukan Scuba Diving

Kalau bosan di daratan kamu bisa mencoba aktivitas air satu ini. Selain scuba diving kalau kamu pemula dan ingin belajar menyelam, kamu juga bisa melakukan snorkeling atau free diving. Namun pengalaman paling luar biasa yang bisa kamu lakukan sekali seumur hidup sebelum meninggal adalah scuba diving dimana kamu menyelam menggunakan tabung. Dengan menyelam kamu dapat menikmati keindahan alam di bawah laut dan kamu juga bisa menemukan kehidupan dibawah laut secara nyata.

 

Mendaki Gunung

Photo by Free-Photos

Mendaki gunung bisa menjadi pengalaman berharga tersendiri bagi yang melakukannya. Filosofi saat mendaki gunung yaitu merunduk saat naik dan tetap tegak saat turun. Kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri dengan menjelajah alam, salah satunya mendaki gunung.

Banyak hal menakjubkan yang akan kamu temui ketika kamu mendaki. Kamu bisa merasakan udara dingin, melihat hutan, hamparan padang savana, hingga bertemu hewan-hewan yang hanya ada di kawasan tersebut. Kalau gunung dirasa terlalu ekstrem, kamu bisa memulai dari yaitu bukit. 

 

Memaafkan Seseorang

Photo by Ben White

Pasalnya ketika hati merasa tersakiti atau terluka saat meninggal kamu tidak akan merasa damai. Bahkan sebelum meninggal pun hidupmu tidak akan merasa tenang karena kamu masih menyimpan dendam dan amarah terhadap orang yang telah menyakitimu. Nah, selagi masih hidup kamu bisa mencoba untuk memaafkan orang-orang yang telah menyakitimu. Memaafkan bisa kamu lakukan dengan berbicara langsung kepada sang pelaku atau mendoakan orang-orang tersebut dalam doamu dan melepaskan pengampunan untuk mereka.

 

Menyatakan Cinta

Photo by Tyler Nix

Menyatakan cinta tidak selalu kepada kekasih atau pasangan. Perasaan ini harus diungkapkan kepada teman, kerabat, atau pun keluargamu baik secara tersirat, maupun tersurat. Mungkin ada sebagian orang yang terlalu gengsi hingga tidak pernah mengatakannya, dan ada pula yang hanya sesekali mengungkapkannya. Akan tetapi, selama masih ada waktu untuk bernafas, ada baiknya rasa cinta dan kasih sayang diungkapkan sebelum waktunya terlambat.

 

Menikmati Makanan Lezat Nusantara

Photo by Detikcom

Sebagai warga Indonesia, kita haruslah merasa beruntung karena memiliki suku serta adat istiadat yang beragam. Hampir semua suku di Indonesia memiliki makanan khas dan tentunya rasa yang beragam dan patut dicoba. Bahkan makanan khas Indonesia ini beberapanya masuk kedalam makanan terenak di dunia, diantaranya seperti rendang dan nasi goreng. Untuk itu, menikmati cita rasa makanan dari berbagai suku di Nusantara ini harus kamu lakukan sebelum meninggal.

 

Menjadi Sukarelawan di Kegiatan Amal

Photo by Larm Rmah

Belajar untuk menjadi orang yang senantiasa bersyukur bisa dilakukan salah satunya dengan menjadi sukarelawan. Kita dapat memberi manfaat pada sekitar dengan menyalurkan tenaga, waktu, serta materi untuk orang-orang yang membutuhkan. Dari hal itu kita dapat menyadari nikmat apa saja yang telah Tuhan berikan.

 

Menyiapkan Wasiat

Sebelum meninggalkan dunia ini tentu kamu perlu menyiapkan wasiat untuk generasi selanjutnya. Pada umumnya wasiat berisi pesan terakhir yang disampaikan oleh orang yang akan meninggal yang berkenaan dengan harta kekayaan. Selain harta kekayaan, wasiat bisa juga berupa pesan untuk menyampaikan nilai-nilai penting dalam masa lalu dan melanjutkan misi untuk masa depan.

Tentunya sebelum meninggal kita ingin memiliki berbagai kenangan indah yang nantinya dapat diceritakan kepada keluarga bukan? Oleh karena itu, yuk kita kembangkan potensi diri semaksimal mungkin dan bikin kenangan positif sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri dan orang disekitar dengan cara manfaatkan waktu sebaik mungkin selagi masih hidup.

 

Loading...