Fakta-Fakta Menarik Mengenai SISTAR, Salah Satu Girlband Korea Papan Atas Yang Cukup Lama

By |2018-11-08T19:10:55+09:00April 21st, 2017|Entertainment|Comments Off on Fakta-Fakta Menarik Mengenai SISTAR, Salah Satu Girlband Korea Papan Atas Yang Cukup Lama


Source: Michael Duangdara

Sebelumnya, kita telah melihat pembahasan mengenai girlband Miss A dan T-ARA. Girlband dalam pembahasan artikel kali ini juga tidak kalah tenarnya. Girlband satu ini termasuk salah satu girlband yang berusia tua mengingat tahun-tahun aktifnya juga terbilang lama. Girlband SISTAR ini memiliki beberapa fakta, di mana 15 di antaranya saya ungkapkan pada artikel berikut ini:

1. Profil Dasar


Source: KIYOUNG KIM

Girlband SISTAR dibentuk pada 2010 oleh Starship Entertainment. Kalau dibandingkan dengan perusahaan hiburan lain yang sejenis di Korea Selatan, Starship Entertainment termasuk perusahaan hiburan berskala kecil, karenanya SISTAR tidak terlalu menonjol jika dibandingkan dengan girlband-girlband Korea Selatan lainnya seperti SNSD atau T-ARA. Meskipun demikian, nama SISTAR sendiri sangat sesuai dengan Starship Entertainment yang juga mengandungi kata “Star”.

2. Terdiri Dari 4 Personel


Source: Monkey Man =))

Bisa jadi, SISTAR merupakan salah satu grup girlband Korea Selatan yang paling loyal dari awal hingga akhir. Hal ini ditunjukkan dengan anggota yang senantiasa tetap menjadi 4 sejak awal masa pembentukan hingga saat ini. Demikian pula dengan nama-nama anggota yang terkait di dalamnya masih tetap itu-itu saja, yakni Soyou, Hyorin, Dasom, dan Bora. Keempat personel SISTAR ini akan memiliki bahasan tersendiri secara garis besar pada artikel ini dan bahasan lebih spesifiknya pada artikel yang berbeda lagi.

3. Proses Audisi Yang Mudah Dan Menyenangkan


Source: Jinho Jung

Keempat anggota SISTAR yang masih bertahan hingga sekarang adalah orang-orang yang beruntung, karena audisi masuk SISTAR bukan hanya lebih mudah dibandingkan dengan standar yang dipatok perusahaan-perusahaan media Korea Selatan lain yang namanya sudah terlanjur menjadi besar, namun juga menyenangkan. Bahkan begitu mudah dan menyenangkannya, Starship Entertainment sebagai manajemen SISTAR mudah memberi kesempatan kedua untuk yang gagal sehingga menjadi berhasil dan kemudian diterima sebagai anggota SISTAR. Fisik adalah nomor dua bagi mereka, sehingga ini juga merupakan poin plus bagi siapapun yang ingin bergabung di SISTAR.

4. Soyou

Soyou atau yang biasa dikenal dengan sebutan Soyu di SISTAR memiliki nama asli Kang Ji-Hyun. Soyou lahir di tempat yang cukup berbahaya, yakni pulau Jeju yang menjadi saksi kematian 300 anak saat mengendarai perahu, pada 12 Februari 1982. Meskipun keahlian utama Soyou adalah bernyanyi, kenyataannya Soyou juga aktif muncul di berbagai program televisi asal Korea Selatan.

Profil

  • Nama Lengkap: Kang Ji-Hyun
  • Nama Panggung: Soyou (atau Soyu)
  • Tempat, Tanggal Lahir: Pulau Jeju, 12 Februari 1982
  • Instagram: @sysysy1102
  • Nama Fanbase: SOYOUniques

5. Hyorin

https://www.facebook.com/SistarHyorinFans/photos/a.223116684385097.71156.223111407718958/872344712795621/?type=3&theater

Hyorin ini merupakan salah satu anggota SISTAR yang memiliki banyak versi nama. Beberapa majalah atau media yang membahas soal Korea Selatan menulis namanya sebagai Hyorin, ada juga yang menulisnya sebagai Hyolyn. Apapun sebutannya, member yang memiliki kulit paling gelap ini bernama asli Kim Hyo-Jung dan lahir pada 11 Januari 1991 di Incheon, Korea Selatan. Berbeda dengan Soyou yang murni aliran K-pop, aliran musik vokal Hyorin atau Hyolyn adalah campuran antara K-Pop dan R&B.

Profil

  • Nama Lengkap: Kim Hyo-Jung
  • Nama Panggung: Hyorin (atau Hyolyn)
  • Tempat, Tanggal Lahir: Incheon, 11 Januari 1991
  • Instagram: @xhyolynx
  • Nama Fanbase: Hyotties

6. Dasom

https://www.facebook.com/sistarmaknae.dasom/photos/a.292263707611943.1073741830.164087020429613/309773119194335/?type=3&theater

Meskipun jarang disinggung, Dasom tetaplah salah seorang anggota SISTAR yang paling fenomenal dan layak untuk dibahas. Pasalnya, ia merupakan satu dari sedikit aktris Korea Selatan yang nama panggungnya langsung diambil dari nama aslinya, yakni Kim Da-Som. Selain itu, Dasom juga merupakan satu dari banyak aktris Korea Selatan yang lahir di Gwangju. Dasom lahir pada tanggal 6 Mei 1993.

Profil

  • Nama Lengkap: Kim Da-Som
  • Nama Panggilan: Dasom
  • Tempat, Tanggal Lahir: Gwangju, 6 Mei 1993
  • Instagram: @som0506
  • Nama Fanbase: DASOMnias

7. Bora

Bora merupakan anggota SISTAR yang paling terkenal, ini dibuktikan dengan banyaknya bahasan SISTAR yang mengarah ke Bora. Di luar panggung, Bora memiliki nama lengkap asli Yoon Bo-Ra dan lahir di Incheon pada 30 Januari 1991. Bora merupakan anggota SISTAR yang unik karena ia memiliki bakat menari yang paling baik di antara semua anggota SISTAR lainnya. Di antara semua anggota SISTAR yang lainnya, Bora merupakan salah satu yang kemunculannya paling banyak di luar panggung bernyanyi SISTAR.

Profil

  • Nama Lengkap: Yoon Bo-Ra
  • Nama Panggung: Bora
  • Tempat, Tanggal Lahir: Incheon, 30 Januari 1991
  • Instagram: @borabora_sugar
  • Nama Fanbase: aBORAbles

8. Tonggak Utama Kesuksesan SISTAR


Source: KIYOUNG KIM

SISTAR, sama seperti idola individual maupun grup band idola Korea Selatan lainnya, tidak langsung begitu saja menjadi terkenal. Sebelum menjadi seterkenal sekarang, wajah-wajah member SISTAR banyak menghiasi majalah. Majalah pertama yang dihiasi wajah SISTAR adalah Ceci, sebuah majalah fashion, untuk produk pakaian kasual bernama FUBU. Adapun lagu pertama yang mereka nyanyikan adalah “Push Push” pada 3 Juni 2010 dan mulai tampil di depan publik 1 hari setelahnya.

9. Sub-Unit SISTAR

Jangan salah, meskipun nama SISTAR sebagai grup girlband tidak sebesar girlband-girlband lainnya seperti SNSD atau T-ARA, SISTAR juga memiliki sub-unit atau kelompok kecilnya sendiri. Sub-unit atau kelompok kecil SISTAR ini namanya adalah SISTAR19, di mana SISTAR19 dibentuk pada tahun 2011 dan merupakan duet antara Hyolyn dan Bora, dua anggota SISTAR yang paling populer. Tidak kalah dengan grup utama SISTAR, pada 2013, SISTAR19 meluncurkan mini-album pertamanya yang berjudul “Gone Not Around Any Longer“.

10. Lagu Yang Menjadi Puncak Kesuksesan SISTAR


Source: Jinho Jung

Dibandingkan dengan girlband-girlband pada umumnya, dapat dikatakan SISTAR adalah salah satu girlband yang kinerjanya merata. Dari awal didirikan, SISTAR sudah merengkuh kesuksesan dengan touring ke berbagai macam negara seperti Jepang dan Thailand untuk konser selama September hingga Oktober 2010, yang menghantarkan mereka menang sebagai Pendatang Baru Terbaik untuk penghargaan Golden Disk Awards pada 9 Desember 2010. Tahun 2014, dengan comeback album-nya, SISTAR merilis mini albumnya yang ketiga yang berjudul “Touch N Move“, di mana lagu-lagu dalam album ini berhasil meraup kadar sukses yang cukup besar bagi SISTAR hingga beberapa tahun kemudian.

11. Masa-Masa Nama SISTAR Memudar


Source: KIYOUNG KIM

Dengan hadirnya berbagai anggota girlband dan boyband baru serta comeback-comeback yang dilakukan oleh girlband dan boyband yang sudah terlebih dahulu sukses di dunia hiburan Korea Selatan, perlahan tapi pasti nama SISTAR yang kecil dan cukup jarang terdengar di dunia media hiburan Korea Selatan mulai memudar pada tahun 2016. Namun jangan salah, pada masa memudar ini, SISTAR justru melakukan kolaborasi semakin banyak dengan idola-idola lain seperti DJ Soda dari Thailand dan bekerja sama dengan produsen anti-mainstream semacam Black Eyed Pilseung.

12. Lebih Akrab Dengan Dunia Televisi

SISTAR merupakan grup girlband yang unik. Kendati mereka memiliki diskografi, lagu-lagu dan album, serta pengalaman touring ke berbagai negara untuk konser, nyatanya kemunculan SISTAR paling banyak di dunia pertelevisian. Hal ini dibuktikan dengan sejarahnya yang panjang dalam menjadi bintang tamu untuk berbagai acara televisi sejak 2011 hingga 2016. SISTAR juga telah menggandeng sejumlah anggota girlband lainnya sebagai bintang tamu televisi, seperti Miss A.

13. Penghargaan Yang Diterima Oleh SISTAR

Ungkapan lama “Kecil-kecil cabe rawit” sangat cocok diterapkan pada SISTAR. Meskipun ukurannya kecil dan namanya tidak seberapa terkenal, SISTAR telah memenangi banyak penghargaan bergengsi dari hampir semua acara award yang didatanginya. Pencapaian penghargaan ini melebihi anggota boyband dan girlband lain yang cenderung banyak multitasking antara menyanyi, menari, menjadi bintang tamu, bintang iklan, dan lain-lain pada satu waktu. Adapun penghargaan paling banyak diterima dari Melon Music Awards sebanyak 9 penghargaan dengan jumlah terbanyak pada tahun 2012 sebanyak 5 penghargaan.

14. Hobi Berjalan Telanjang

Ini adalah hobi masal seluruh anggota SISTAR. Entah apa tujuannya (mungkin untuk mengabadikan momen mereka dalam sebuah selca), setiap anggota SISTAR sangat menikmati hobi berjalan-jalan dalam keadaan telanjang di sekitar apartemen mereka. Namun demikian, lebih baik untuk kita tidak berpikiran porno terlebih dahulu, lagipula mereka melakukannya karena semua orang dalam apartemen mereka adalah perempuan. Tidak ada laki yang boleh masuk, sehingga hobi mereka dapat dikatakan aman untuk dilakukan.

15. Kehidupan Penggemar SISTAR

Penggemar resmi SISTAR yang bernama seperti salah satu provider alat komunikasi di Singapura (yakni STAR1) merupakan salah satu kelompok penggemar yang paling tenang dibandingkan dengan kelompok penggemar boyband maupun girlband lainnya. Ini dapat dibuktikan dari berbagai macam cara, misalnya dengan melihat histori tengkar mereka yang sangat bersih dibandingkan dengan penggemar-penggemar lainnya. Bahkan ketika Hyorin tiba di Bali, mereka menyambutnya dengan hangat. Beberapa anggota SISTAR seperti Soyou dan Hyorin juga telah memberikan beberapa hal kecil yang sangat berharga di mata fans mereka.

Itulah 15 fakta mengenai SISTAR sebagai grup girlband secara keseluruhan. Secara umum, kehidupan SISTAR dapat dikatakan hangat dan tenang dibandingkan dengan girlband-girlband dan boyband lain yang terlebih dahulu tenar. Tidak terlalu banyak konflik yang berurusan dengan hukum, karena itu sangatlah menyenangkan bagi keempat anggota SISTAR untuk berada dalam SISTAR.

Pada pembahasan berikutnya, kita akan bergerak lebih dalam kepada pembahasan tiap anggota SISTAR secara individu. Para pembaca, apakah Anda siap menelusurinya bersama-sama dengan saya?

Loading...