Dipanggil Untuk Wawancara? Berikut 10 Tips untuk Wawancara yang Berhasil

By |2018-11-07T16:20:12+09:00February 13th, 2017|Lifestyle|Comments Off on Dipanggil Untuk Wawancara? Berikut 10 Tips untuk Wawancara yang Berhasil

InterviewSource: Ethan

Jadi ini waktunya anda dipanggil untuk tes wawancara atau interview. Apakah anda sudah mempersiapkan diri dengan baik? Meskipun ada keraguan di dalam hati apakah proses wawancara akan memberi hasil yang baik ataukah tidak, anda juga harus tahu tips-tips praktis agara berhasil melaluinya, readers. Caranya adalah dengan membaca artikel ini. Yup, anda sudah berada di artikel yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal dalam proses wawancara. Disimak ya!

1.Latihan Sebelum Hari H

Source: Unsplash

Kunci dari wawancara yang berhasil adalah latihan. Caranya adalah dengan meminta orang terdekat memberikan pertanyaan yang dirasa paling sulit untuk anda jawab. Apabila anda tidak dapat menjawabnya saat itu juga, tidak apa-apa. Anda dapat ‘menabung’ pertanyaan tersebut untuk anda pikirkan jawabannya kemudian. Setelahnya anda dapat melatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk anda jawab dengan bahasa yang lugas dan tutur bahasa yang teratur. Semakin sering anda berlatih maka semakin percaya diri anda ketika hari H. Dan ini dapat membuat wawancara anda berhasil dengan baik.

2.Tampil Rapi dan Wangi

Donations_are_appreciatedSource: Donations_are_appreciated

Orang berkata, first impression is everything. Karenanya berusahalah membuat first impression yang baik dan elegan. Anda harus memperhatikan penampilan anda secara keseluruhan sebelum wawancara dimulai. Pastikan anda terlihat rapi, wangi dan enak dipandang. Jangan sampai ketika wawancara berlangsung, interviewer menemukan selipan cabai merah di gigi anda. Ups!

3.Atur Kecepatan Berbicara

Source: jamesoladujoye

Ketika selama ini orang terdekat anda mengeluh bahwa anda terlalu cepat atau terlalu lambat ketika berbicara, maka ketika wawancara anda harus mengatur cara bicara anda. Terlalu cepat berbicara akan memberikan kesan bahwa anda gugup dan tak mampu menghadapi tekanan yang besar. Sebaliknya, terlalu lambat bicara akan memberikan kesan anda ogah-ogahan, malas dan tidak terlihat antusias. Tenang, anda hanya perlu mengaturnya selama proses wawancara berlangsung. Bila setelahnya anda ingin kembali ke cara bicara anda yang sebenarnya, sudah tak masalah lagi ya.

4. Senyum

Source: Unsplash

Senyum tidak adalah salah satu bentuk ibadah yang paling mudah untuk dilakukan ya readers. Meskipun sedang tegang dan gugup namun syarat pertama untuk wawancara yang berhasil adalah tersenyum. Senyum dapat memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang ramah, dan rendah hati. Senyum juga dapat mencairkan suasana yang tegang. Sehingga jika ingin interviewer lebih lunak kepada anda, berikan kepadanya senyum anda yang paling meluluhkan hati.

5.Jawab Pertanyaan Langsung ke Intinya

Source: 089photoshootings

Ibarat film, dalam sesi interview anda sebaiknya hanya memberikan alur maju. Jangan alur mundur apalagi campuran, karena sang Interviewer tidak punya waktu untuk itu. Pastikan anda menjawab pertanyaan langsung pada intinya dan jangan bertele-tele. Selain itu, jawab pertanyaan interviewer dengan antusias. Ini akan menunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik untuk bergabung di perusahaan sang interviewer.

6.Jaga Postur Tubuh

Source: StartupStockPhotos

Sama seperti first impression, cara anda menjaga postur tubuh selama proses wawancara juga termasuk dalam penilaian lho, readers. Jika anda membiarkan postur anda terlalu tegang, interviewer akan menganggap anda tak dapat mengatasi rasa takut dan tegang anda. Sebaliknya jika anda membiarkan postur tubuh anda membungkuk, anda akan memberi kesan malas dan tidak antusias terhadap pekerjaan yang sedang anda tuju.

7.Adaptasi dengan Pewawancara

Source: Unsplash

Terkadang anda sebagai interviewee juga dapat membaca bagaimana sifat interviewer anda. Apakah serius atau santai. Tapi jangan sampai terkena jebakan yang berbahaya ya, readers. Ada interviewer yang terkesan sangat santai sehingga mengajak anda bercanda berlebihan. Namun anda jangan sampai terjebak. Tetaplah behave, tersenyum menanggapinya namun jangan membuat anda lepas kendali. Ada beberapa orang yang mengaku gagal dalam wawancara ditenggarai mereka terlalu berlebihan dalam menanggapi interviewer sehingga mengatakan lelucon yang tak perlu dikatakan.

8.Tata Cara Kesopanan, Penting!

Source: viganhajdari

Anda sebaiknya tidak masuk ke ruangan interviewer lalu langsung duduk begitu saja. Ingatlah ketika anda sudah memasuki ruang untuk interview, mereka sudah mulai menilai anda. Gunakan pakem tata cara kesopanan yang berlaku. Ucapkan salam ketika masuk ruangan, menyalami interviewer satu persatu, duduk ketika sudah disilahkan dan ucapkan terima kasih ketika anda diminta berbicara untuk pertama kali. Setelah selesai ucapkan kembali terima kasih, bersalaman dan ucapkan salam kembali. Jangan salahkan kami jika interview lalu terkesan dengan anda.

9.Jangan Membantah

Source: Unsplash

Salah satu cara yang interviewer gunakan untuk menjebak anda adalah membantah pernyataan yang anda berikan. Ketahuilah, interviewer sedang melihat bagaimana anda menghadapi konflik. Jika anda lalu ngotot mempertahankan pendapat anda, maka interviewer akan menilai anda seseorang yang sulit untuk bekerjasama. Karena di dalam satu organisasi akan banyak orang dengan berbagai sifat. Jika anda tidak bijak menghadapi bantahan satu orang karena berbeda pendapat dengan anda, lalu bagaimana jika anda meghadapi lebih banyak orang yang berbeda? Jika interviewer membantah pernyataan anda, berikan senyuman tanpa harus berdebat ya, readers.

10.Team Player

Source: tpsdave

Selebihnya, dari berbagai pertanyaan, jebakan dan sikap yang ditunjukkan oleh interviewer, sebenarnya mereka sangat ingin melihat apakah anda dapat bekerja sebagai bagian dari satu tim ataukah tidak. Seperti yang anda ketahui, di dalam satu organisasi, anda tak dapat bekerja sendiri. Satu organisasi adalah satu kesatuan tim yang sangat besar. Sehingga mereka sangat memerlukan seseorang dengan tingkat adaptasi yang tinggi dan tingkat toleransi yang besar. Karenanya tunjukkan selama wawancara berlangsung bahwa anda adalah seseorang yang sangat bisa diajak bekerja sama dalam tim.

Nah itulah ke 10 tips yang dapat anda lakukan agar dapat melalui wawancara dengan hasil yang diharapkan. Yang paling utama adalah jangan lupa berdoa. Karena rejeki juga merupakan hak prerogatif tuhan yang maha esa, mintalah kepadaNya bahwa anda memerlukan pekerjaan tersebut dan memudahkan prosesnya.

Loading...