Coba Cara Menjadi Lebih Sehat Dengan 7 Gerakan Simpel Ini!

By |2019-01-15T20:38:18+07:00January 14th, 2019|Health|0 Comments

Sumber : voltamax

Hidup sehat tentu jadi impian setiap orang. Meski begitu, saat ini banyak orang mengabaikan gaya hidup sehat dan cenderung kurang aktif dalam bergerak. Kalau kamu malas bergerak atau berolahraga, kamu harus mulai aktif dari sekarang. Tak perlu pergi ke gym atau berolahraga berat jika kamu tak banyak waktu atau baru ingin memulai hidup aktif, kamu bisa coba lakukan 7 gerakan simpel berikut ini di rumah!

1. Stretching

Sumber : energepic

Loading...

Gerakan simpel pertama yang mesti bisa kamu lakukan adalah stretching atau peregangan. Dengan melakukan stretching, kamu bisa menguatkan otot lengan dan kaki. Selain menguatkan otot, stretching juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan sirkulasi darah. Lakukan stretching  dengan meregangkan tangan atau kaki sejauh mungkin dari setiap sisi, tahan posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik. Setelah melakukan stretching, kamu baru bisa melakukan gerakan lainnya.

2. Plank

Sumber : tacofleur

Plank, gerakan yang satu ini juga cukup simpel dan bisa digunakan setiap hari. Gerakan plank juga bisa lho membantu menurunkan berat badan, menguatkan tulang belakang, menghilangkan sakit punggung dan memperbaiki mood. Gerakan plank juga mudah dilakukan, kamu hanya perlu meletakkan telapak tangan dan ujung kaki di lantai dan mengangkat tubuh seperti melakukan posisi push up. Tahan gerakan tersebut selama beberapa waktu misalnya 30 detik atau selama kamu bisa menahannya.

3. Squats

Sumber : Keifit

Gerakan squats biasanya dilakukan untuk memperkuat otot kaki dan juga membentuk bagian belakang tubuh. Dengan melakukan squats, kamu juga bisa membakar lebih banyak kalori sehingga gerakan ini cocok dilakukan untuk kamu yang ingin mengecilkan paha, dan menurunkan berat badan. Untuk melakukan squats, kamu bisa memposisikan diri dengan berdiri di atas lantai. Jaga bahu tetap di posisinya dan posisikan lutut ke arah tengah. Perlahan tekuk lutut, pinggang dan tumitmu hingga membentuk sudut 90 derajat kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan hingga beberapa kali dan lakukan secara rutin setiap hari.

4. Push Up

Sumber : keifit

Siapa yang tak kenal dengan gerakan yang satu ini? Push up juga merupakan gerakan simpel yang sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Push up juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan angka metabolisme dan memperbaiki postur tubuh. Gerakan push up juga bisa dilakukan dengan cukup mudah dengan meletakkan telapak tangan dan ujung kaki di lantai kemudian menarik tubuh ke atas dan ke bawah. Kamu bisa melakukan 10 atau 20 kali push up dalam sekali sesi dan mengulanginya sesuai kemampuanmu.

5. Shadow Boxing

Sumber : vesnajachenko

Shadow boxing, atau gerakan meninju bayangan adalah gerakan simpel yang bisa dilakukan untuk melatih otot lengan dan tubuh bagian atas. Shadow boxing juga bisa membantu meningkatkan vitalitas dan metabolisme tubuh sehingga kalori bisa terbakar dengan lebih baik. Untuk melakukan shadow boxing kamu hanya perlu melakukan tinjuan ke depan seperti meninju udara kosong. Gunakan tenagamu dan tekan lengan sampai tekanannya terasa. Lakukan gerakan ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Climbing Stair

Sumber : StockSnap

Tak perlu melakukan gerakan yang rumit karena kamu juga bisa tetap sehat dengan rutin melakukan gerakan ini setiap hari. Selain menjadi lebih sehat, dengan latihan menaiki tangga, kamu juga bisa mendapatkan otot kaki dan tubuh yang lebih bugar. Gerakan ini juga efektif membakar lemak khususnya di bagian paha dalam, jadi kalau kamu ingin memiliki paha serta betis yang ramping, kamu bisa rutin lakukan gerakan yang satu ini. jika tak ada tangga di rumah, kamu bisa menggunakan kursi sebagai gantinya.

7. High Step

Sumber : Pexels

Satu lagi, gerakan kardio klasik yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa alat atau perlengkapan olahraga yang mahal. High step atau melangkah kaki ke atas punya banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan vitalitas tubuh, mengencangkan otot kaki dan perut serta memperbaiki sirkulasi darah. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu melangkahkan kaki seperti berjalan di tempat hanya saja lutut ke atas hingga ke perut.

Gerakan simpel di atas bisa kamu lakukan secara rutin saat sedang luang baik di pagi hari atau di siang hari. Intinya, kalau ingin tetap sehat kamu harus harus tetap aktif bergerak dan makan makanan sehat.

Loading...

Leave A Comment