Cara Mudah Menurunkan Berat Badan: 10 Tugas Sehari-hari yang Membakar Kalori

By |2018-12-22T10:54:05+00:00December 22nd, 2018|Health|

Berolahraga tidak harus berarti berkeringat di gym setiap hari. Tahukah Anda bahwa bermain dengan anak-anak selama satu jam dan memotong rumput selama 30 menit dapat membakar hingga 500 kalori? Dan ada banyak cara mudah lainnya untuk menurunkan berat badan tanpa berusaha. Simaklah panduan hebat dari kami mengenai cara membakar kalori dengan kegiatan sehari-hari yang sederhana ini.

10 Cara Mudah Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa ke Gym:

1. Membersihkan Jendela – 250kkal / jamMembersihkan jendela

Menurut infografis baru dari AXA.com, membersihkan jendela Anda dapat membakar antara 170-250 kalori per jam – itu setara dengan dua kantong keripik!

Bakar lebih banyak kalori: Tegaskan gerakan Anda untuk memaksimalkan peregangan, dan cobalah jongkok setiap kali Anda membungkuk untuk mencelupkan spons ke dalam ember air Anda.

Loading...

2. Mandi Air Panas – 126kkal / jammandi air panas

Para ahli dari Universitas Loughborough mengatakan bahwa hanya berbaring di bak mandi dengan suhu air 40 derajat bisa lebih efektif daripada bersepeda untuk pembakaran kalori dan menurunkan gula darah!

Ilmu di baliknya adalah bahwa dengan menaikkan suhu tubuh Anda, protein kejutan panas dilepaskan, yang pada gilirannya menurunkan kadar gula darah. Demi menurunkan berat badan, berendam lebih dari 30 menit atau bahkan hingga 1 jam dapat menjadi alasan terbaik yang dapat kita gunakan berendam dalam bak lebih lama. Yang menjadi kendala kala itu adalah, apakah ada orang yang pernah menghabiskan waktunya selama 1 jam lebih di dalam bak mandi dengan suhu 40 derajat? Anda dapat bayangkan sendiri bagaimana jadinya.

Selain itu, berendam dengan air panas memiliki manfaat lain seperti mengontrol gula darah kita. Misalnya saja ketika Anda ingin mengonsumsi makanan setelah mandi air panas dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah yang kerap terjadi ketika kita selesai makan.

Ini seharusnya menjadi cara yang paling santai untuk menurunkan berat badan tanpa perlu bersusah payah.

3. Tertawa – 78kkal / jam

Tertawa

Percaya atau tidak, tertawa akan membakar lebih dari satu kalori per menit. Kedengarannya seperti jumlah kecil, tetapi pikirkanlah seperti ini: Film komedi lucu yang berlangsung setengah jam, dan Anda dijamin akan tertawa untuk sebagian besar! 30 kalori per episode tidak buruk sama sekali, dan itu memberi Anda alasan lain untuk menonton film komedi lainnya. Tapi ingat jangan sampai Anda membawa tertawa Anda dalam kebiasaan sehari-hari meski tanpa ada keadaan lucu, takutnya Anda akan dikatakan dalam golongan kurang waras.

Bakarlah lemak Anda lebih banyak dengan menonton suatu komedi stand-up yang mana dapat membuat Anda tertawa dengan pikiran yang tenang dan semua kalori dalam tubuh Anda akan terbakar dengan sempurna dan hasilnya adalah berat badan Anda akan menurun tanpa perlu bersusah payah.

4. Berkebun – 416kkal / jam

berkebun

Seperti yang sudah di jelaskan di awal tadi, kegiatan berkebun tidak hanya memberikan efek secara finansial saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan membakar kalori yang berlebih dalam tubuh Anda. Jangan pernah Anda menyia-menyiakan kegiatan berkebun Anda dengan bersantai atau bermalas-malasan saja lho.

Contoh kegiatan yang dapat membakar lemak yang perlu Anda coba seperti memotong rumput. Memotong rumput selama 1 jam dapat membakar 325 kalori, yang mana ini sama dengan kelas HIIT 20 menit.

5. Berjalan – 185 kkal / jam

berjalan santai

Kita semua mengetahui bahwa berjalan sangatlah baik bagi tubuh kita daripada kita memanfaatkan besi canggih seperti bus atau mobil pribadi. Tetapi, ketika kita berpikir berapa banyak kalori yang dapat kita bakar dengan berjalan dalam waktu 1 jam setiap harinya? Sudah pasti itu sepadan dengan usaha ekstra yang dilakukan dalam program diet yang intens.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari berjalan kaki untuk membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak, Anda dapat menambahkan bobot kecil seperti makanan kaleng ke dalam tas atau benda-benda kesukaan Anda yang ingin Anda bawa lainnya (ini opsional ya).

6. Bersepeda – 300 kkal / jam

bersepeda

Naik sepeda dapat menjadi salah satu cara yang lebih menyenangkan untuk membakar kalori. Ajak anak-anak bersepeda santai pada hari Minggu untuk mendapatkan udara segar dari lingkungan hijau, waktu keluarga akan menjadi lebih berkualitas – dan olahraga yang benar-benar Anda nikmati.

Pilih rute yang memiliki sedikit kemiringan untuk meningkatkan daya tahan. Jalan terus sampai ke dataran yang lebih tinggi seperti bukit atau sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu menikmati bersepeda santai Anda agar pikiran Anda juga tidak terbebani.

7. Menyetrika – 171 kkal / jam

menyetrika

Salah satu pekerjaan rumah tangga yang terkadang membuat semua orang bosan akan kegiataannya, ternyata dapat memberikan efek positif dalam tubuh untuk membakar kalori yang berlebih lho.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membakar lemak dengan kegiatan menyetrika ini, Anda dapat mengkombinasikan gerakan jongkol sambil berdiri. Tapi sangat kami sarankan untuk tidak melakukannya ketika terdapat banyak orang, karena ini akan membuat Anda terlihat aneh.

8. Mencuci Piring – 171 kkal / jam

mencuci piring

Kegiatan mencuci piring dalam rumah tangga dapat menjadi hal positif yang perlu Anda coba dalam membakar kalori tubuh. Dalam 1 jam kegiatan mencuci piring, Anda dapat membakar sekitar 171 kalori dalam tubuh. Tapi kami tidak berharap bahwa Anda akan melakukan kegiatan mencuci piring selama 1 jam setiap harinya karena itu adalah hal yang membosankan dan melelahkan.

9. Mencuci Mobil – 343 kkal / jam

mencuci mobil

Terkadang kegiatan yang remeh temeh ini sering terabaikan dan memanfaatkan jasa orang lain. Mulailah untuk merubah hal tersebut karena dengan Anda melakukan kegiatan mencuci mobil tidak hanya Anda mendapatkan kalori yang terbakar, tetapi juga Anda dapat menghemat uang Anda lho hehe. Bukan niat hati pelit, tetapi kegiatan mencuci mobil dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak masyarakat Indonesia tahu tentang hal ini.

10. Bermain dengan Anak-anak – 231 kkal / jamBermain dengan anak-anak

 

Kegiatan bermain dengan anak-anak tidak hanya memberikan efek tentang kedekatan emosional saja lho, ternyata dengan kita bermain kejar-kejaran atau hal apapun bersama sang buah hati dapat membantu membakar lemak lebih dari 200 kalori perjamnya. Jadi, bisa Anda bayangkan apabila Anda melakukan kegiatan menyenangkan ini lebih dari 1 jam setiap harinya.

Lakukanlah aktivitas atau permainan yang membutuhkan energi lebih banyak untuk dapat meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Sekian informasi mengenai cara menurunkan berat badan tanpa perlu pergi ke Gym dikutip dari SehatBugar.me yang dapat Anda lakukan di rumah atau lingkungan rumah Anda secara menyenangkan dan mudah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan berat ideal Anda.

Loading...